Suzuki Swish 125 2020, Memasang Mesin Berkapasitas 124 cc

Suzuki Swish 125 2020
Ilustrasi Suzuki Swish 125 2020. Foto: Istimewa

Baru-baru ini, Suzuki berikrar bahwa mereka akan membawa seri skutik Suzuki Swish 125 2020 ke pasar Tanah Air. Suzuki memang tergolong pabrikan motor yang jarang bergulat dengan kompetitor lainnya soal motor automatic.

Dahulu pada periode tahun 2000-an, mereka memang sempat meramaikan khasanah motor skutik melalui seri Spin mereka. Namun, lambat laun pabrikan asal negeri Sakura ini menjadi loyo dalam mengeluarkan seri motor maticnya.

Spesifikasi Suzuki Swish 125 2020

Tentu kehadiran skutik santai Suzuki ini menjadi hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Berikut ini ulasan lengkap tentang spesifikasi Swish 125 2020 khusus untuk anda.

Tampilan Desain

Dari segi body motornya, seri Swish 125 ini sangat menonjolkan kesan santai. Bentuk body yang agak membulat membuat motor ini terbilang  motor unisex atau bisa kita gunakan sebagai kendaraan pria maupun wanita.

Untuk bagian depannya, nampak desain klise ala skutik pada umumnya terpampang melalui bentuk lampu depannya yang melankolis. Bergeser ke bawah, lampu sein Suzuki Swish 125 2020 ini terletak di bawah yang juga banyak diadopsi oleh motor-motor skutik lainnya.

Baca Juga : Vespa Primavera Sean Wotherspoon Terbaru Hadir dengan Tampilan Unik

Jika kita lihat dari belakang, seri Swish 125 ini memang mempunyai desain yang sedikit melebar. Tatanan body yang melebar berbalut rapi dengan sentuhan lampu dan sein belakang yang juga terlihat melebar. Selebor belakang yang tidak terlalu runcing juga menambah kesan manis pada motor yang satu ini.

Sasis, Suspensi dan Dimensi

Rangka sasis Suzuki Swish 125 memuat tipe underbone. Sedangkan suspensinya menggunakan tipe telescopic pada bagian depannya dan tipe swing arm pada bagian belakangnya.

Meski tersusun dari bahan-bahan yang terbilang berat, uniknya motor ini terbilang sangat nyaman kita kendarai dalam segi berat. Pasalnya, berat total seri Swish 125 ini hanya sekitar 110 kg saja.

Belum lagi dari segi ketinggian, motor ini juga tergolong cukup rendah yakni hanya memiliki tinggi 1,1 m dan panjang 1,7 m. Lebar dari motor ini berada pada angka 65 cm, yang membuatnya nyaman untuk para pembonceng.

Jantung Mekanik

Lanjut pada bagian jantung mesinnya, Suzuki Swish 125 2020 juga memuat permesinan yang sangat bandel. Hal tersebut terbukti dari jantung motor ini mampu menggerakkan motor dengan daya sebesar 8,59 bhp dalam 7000 rpm dan torsi maksimal 9,8 Nm dalam 5000 rpm.

Angka tersebut terbilang sangat mumpuni mengingat Suzuki hanya memasang mesin berkapasitas 124 cc dengan satu silinder. Sedangkan untuk menjalankan jantung mekaniknya, motor ini dapat kita nyalakan dengan self start dan kick start, sama halnya dengan motor pada umumnya.

Mesin seri Swish 125 ini sepertinya juga tidak akan mudah panas mengingat mereka memasang Air Cooler yang menjadi fitur mesin andalan Suzuki pada seri skutiknya ini.

Emisi Bahan Bakar

Tidak hanya kencang ketika berada di jalanan, Suzuki Swish 125 2020 juga mempunyai keunggulan dalam segi bahan bakar. Bayangkan saja, dari kekuatannya yang dahsyat, motor ini akan menghabiskan satu liter bensin dalam 45 km perjalanan saja.

Baca Juga : All New Honda Super Cub 110, Konsumsi Bahan Bakar 60,6 Km Per Liter

Belum lagi motor ini juga mempunyai tangki yang sangat  besar. Tangki motor ini dapat memuat total bensin 6 L dan tangki bensin kebalikannya bisa memuat 1 L.

Fitur Lainnya

Sedari awal pembeliannya, Suzuki Swish 125 2020 bakal memuat ban motor tubeless yang mempunyai kekuatan menawan untuk melibas berbagai medan. Ukuran ban yang terpasang yakni 10 inci dengan tipe roda sheet matel.

Kesan canggih dari motor ini sangat terasa ketika melihat speedometernya yang bertipe analog. Dalam speedometer tersebut juga terprogram menu jam yang bisa memudahkan penggunanya untuk melihat waktu.

Build seat atau kursinya yang merupakan pilloin seat. Sehingga membuat duduk berlama-lama pada sepeda motor ini dan tidak akan membuat penggunanya merasa kelelahan.

Tanggal Rilis dan Harga

Perihal kapan motor ini bakal bisa kita koleksi terutama oleh pengguna Tanah Air, belum ada informasi yang jelas dari pihak Suzuki. Namun, setidaknya Suzuki sudah mengucapkan janjinya untuk membawa motor ini ke Indonesia.

Sedangkan soal harganya, motor ini terbilang dalam kisaran harga yang sangat terjangkau. Untuk pasar India sendiri, Suzuki Swish 125 2020 memiliki harga sebesar 52.642 Rupee atau jika kita rupiahkan, maka akan setara dengan kisaran 11 jutaan saja. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Yamax Z400 Naked Bike, Hadir Sebagai Kembaran Kawasaki Z1000