Tangani Covid-19, Gubernur Jabar: Perkuat Koordinasi di Jabodetabek

Tangani Covid-19, Gubernur Jabar: Perkuat Koordinasi di Jabodetabek
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar mengikuti "Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 di 8 Provinsi Utama" melalui video conference di Kantor Wali Kota Bogor, Selasa (15/9/20). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengikuti rapat penanganan Covid-19 via video conference dari Kantor Wali Kota Bogor, Selasa (19/9/2020). Rapat koordinasi ini dipimpin Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil meminta perkuat koordinasi di Bodebek dalam memaksimalkan penanganan Covid-19.

Dalam rapat, Ridwan Kamil juga menjelaskan banyak wilayah Jawa Barat yang berbatasan dengan DKI Jakarta. Seperti Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek). Yang mana 70 persen kasus Covid-19 Jabar berasal dari Bodebek. Namun secara administratif, daerah itu berada dalam wilayah Polda Metro Jaya. Hanya Kabupaten dan Kota Bogor yang masuk wilayah Polda Jabar.

Melalui rapat ini Ridwan Kamil pun meminta adanya manajemen untuk perkuat koordinasi, juga termasuk dengan Provinsi Banten. Supaya penanganan Covid-19 wilayah Jabodetabek berlangsung optimal.

“Koordinasinya bukan hanya pada berdasarkan isu yang ada, tapi melakukan perundingan supaya satu frekuensi bersama DKI Jakarta dan Banten. Jadi harus berlaku dalam satu manajemen koordinas. Jangan jalan sendiri-sendiri,” kata Ridwan Kamil.

Untuk itu, Ridwan Kamil juga mengajak DKI Jakarta dan Banten membentuk dan perkuat koordinasi secara rutin. Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya berkoordinasi termasuk mendukung pemberlakukan PSBB Jakarta.

Ridwan Kamil pun mengemukakan angka kematian akibat Covid-19 Jabar tergolong rendah pada angka 2,4 persen. Hanya saja, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 Jabar masih rendah sekitar 51-53 persen. Idealnya tingkat kesembuhan harus pada angka 70 persen.

“Kami, Jawa Barat meminta bantuan Menteri Kesehatan untuk melakukan upaya dalam meningkatkan angka kesembuhan,” jelasnya.

Luhut Panjaitan Ajak Semua Pihak Perkuat Koordinasi

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta semua pihak untuk melakukan koordinasi dan mendukung para gubernur dalam penanganan Covid-19. Temasuk TNI dan Polri.

Luhut juga ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai koordinator 8 Provinsi yang memerlukan pengawalan dalam pencegahan Covid-19. Yakni Jabar, Jateng, Jatim, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Papua dan Kalimantan Selatan. Untuk memantau penanganan Covid-19.

Lulut pun meminta semua pihak menjaga angka kematian dan tingkat kesembuhan akibat pandemi ini. Ia meminta semua pihak perkuat koordinasi. Luhut berpesan kepada Gubernur agar bisa menjadi panutan. Seperti Gubernur Jabar yang secara langsung menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19.  (R9/HR Online)

Loading...