Tas Bahan Suede, Berikan Perawatan Agar Teksturnya Tidak Rusak

Tas Bahan Suede, Berikan Perawatan agar Teksturnya tidak Rusak
Tas bahan suede. Foto ist/net

Tas bahan suede memang cukup sulit dalam merawat dan membersihkannya dari debu. Bagi anda yang suka dengan gaya penampilan klasik dan vintage, jenis bahan suede adalah pilihan yang tepat.

Apalagi tas hadir untuk membantu memberikan tampilan gaya semakin menarik. Trend fashion yang semakin berkembang membuat semua yang berhubungan dengan hal ini mengalami kemajuan.

Tas hadir dengan berbagai model dan desain yang berbeda. Varian bahannya pun juga mengalami perbedaan yang cukup banyak. Salah satu bahan tas yang cukup terkenal yaitu bahan suede.

Tas suede terinspirasi dari gaya hippe bohemian sejak tahun 70an. Namun, kini tas bahan yang satu ini hadir dengan berbagai model, desain, hingga ukuran.

Apalagi saat ini modelnya terlihat lebih menarik dan modern kekinian. Kelebihan bahan suede juga terlihat jelas dari teksturnya yang lembut. 

Cara Membersihkan dan Merawat Tas Bahan Suede

Tas memiliki bahan dan tekstur yang berbeda-beda. Bahan pembuatan tas menjadi kualitas dari jenis aksesoris yang satu ini.

Baca juga: 4 Jenis Buah Ini Ampuh Hilangkan Noda Hitam di Wajah

Kualitas bahan bervariasi sehingga harga yang ditawarkan pun tidak sama. Kini ada salah satu jenis bahan yang bisa ditemui dari zaman dulu hingga saat ini.

Perkembangan jenis tas yang satu ini pun cukup pesat. Pasalnya, kebutuhannya pun kini semakin meningkat. Banyak alasan mengapa sebagian besar orang memilih tas suede untuk aksesoris pelengkap.

Suede pada dasarnya terbuat dari bahan kulit sapi, ular, buaya, domba, maupun kulit binatang lainnya. Biasanya bahan ini biasa untuk pembuatan jaket, celana, sepatu hingga tas.

Namun, bedanya suede merupakan kulit bagian dalam yang disemai atau biasa juga disebut sebagai kulit muda. Sehingga cara perawatannya tidak mudah.

Teksturnya yang lembut membuat perawatannya harus hati-hati. Bagi anda yang gemar dengan tas bahan suede, sebaiknya cari tahu bagaimana tips merawat yang tepat.

Berikut ini ada beberapa cara membersihkan dan merawat tas suede dari debu dan kotoran. Langkah yang bisa anda lakukan meliputi:

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama saat anda ingin membersihkan tas bahan suede, sebaiknya persiapkan peralatannya terlebih dulu. Alat yang perlu anda siapkan berupa handuk, sikat halus, cuka putih, kertas khusus, penghapus pensil, pembersih, dan protector suede.

Baca juga: Mencuci Tas Kulit Dilakukan dengan Tepat untuk Menjaga Kualitasnya

Jika tas berbahan suede terkena air, anda bisa membersihkannya dengan handuk. Cukup tekankan handuk beberapa saat tepat pada tempat yang basah.

Hindari penggosokan karena justru dapat membuat nodanya tersebar. Jika tidak, anda bisa gunakan hair dryer dengan jarak yang tidak terlalu dekat.

2. Membersihkan Noda

Cara membersihkan noda tas suede bisa menggunakan penghapus pensil. Jika tas terkena noda, baik itu sambal, pulpen, maupun noda sejenisnya, jangan panik.

Membersihkan sude berwarna gelap bisa gunakan penghapus pensil warna senada. Sedangkan untuk suede warna cerah sebaiknya gunakan penghapus warna putih. Bersihkan noda dengan lembut agar tidak merusak teksturnya.

3. Gunakan Cuka atau White Vinegar

Pada bagian noda yang membandel, cara untuk membersihkannya yaitu menggunakan cuka atau white vinegar. Usap noda dengan handuk lembut dan bersih. Lakukan secara hati-hati, noda akan berpindah pada handuk tersebut.

4. Menghilangkan Minyak

Tas bahan suede memang kerap kali menemani berbagai aktivitas, termasuk acara makan luar. Alasan inilah mungkin tas anda bisa saja terkena noda seperti minyak.

Mungkin memang terasa sulit untuk menghilangkannya. Anda bisa mengatasi dengan menaburkan tepung maizena pada area tersebut dan biarkan semalaman.

Baca juga: Desain Tas Professional dari Oscas, Bisa Desain Sesuai Selera

Jangan anggap remeh cara ini, nyatanya keesokan harinya minyak akan terserap oleh tepung maizena tersebut. Jangan panik karena semua masalah bisa teratasi dengan tepat.

5. Berikan Cairan Khusus

Selain membersihkan berbagai noda dan kotoran yang menempel, ternyata ada cara untuk mengatasinya. Ada cairan semprotan pelindung suede yang bisa membantu melindungi tas tersebut. Menggunakan cairan tersebut, tas akan memiliki lapisan pelindung anti noda dan debu. Sehingga keduanya tidak akan mudah menempel.

Banyaknya rekomendasi jenis tas menurut bahannya membuat anda semakin bingung untuk memilih. Jika sudah anda miliki, sebaiknya rawat tas yang tepat agar lebih awet dan tetap bisa terpakai.

Tas memang aksesoris pelengkap gaya fashion dulu hingga sekarang. Tas bahan suede juga menjadi pilihan sebagian besar wanita saat ini. (R10/HR-Online)

Loading...