Tas Tali Rantai Mudah Karatan, Bersihkan dengan Cara yang Ampuh

Tas Tali Rantai Mudah Karatan, Bersihkan dengan Cara yang Ampuh
Ilustrasi tas tali rantai. Foto ist/net

Tas tali rantai memang memiliki penampilan yang menarik dan berbeda dari jenis lainnya. Namun, anda perlu merawat rantai tas dengan baik dan tepat

Tas dengan tali atau yang biasa memiliki sebutan sling bag. Sling bag itu sendiri memiliki banyak macam, baik dari segi model, desain, ukuran, hingga tali selempangnya.

Sling bag menjadi tas yang memiliki banyak fungsi karena model dan ukurannya. Keunikan dari jenis yang satu ini yaitu cukup simpel, namun bisa untuk tampil formal.

Ketika wanita mengenakan jenis yang satu ini, penampilan akan terlihat feminin. Desain tas yang beragam baik dari berbagai segi, membuat wanita bisa memilih sesuai kebutuhan.

Karena alasan ini juga wanita terkadang sulit untuk memilih. Sehingga kebanyakan dari wanita memilih mengkoleksi berbagai jenis tas untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca juga: Sling Bag Pria Brand Lokal, Hadir dengan Rekomendasi Terbaiknya

Tas tali rantai memang memiliki peminat yang banyak karena desainnya menarik. Namun, jika anda tidak merawatnya dengan baik, justru tas akan terlihat buruk saat anda kenakan.

Tips Merawat Tas Tali Rantai

Sling bag memang memiliki varian tali selempang yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan berbagai jenis kain, bahkan ada juga yang menggunakan material rantai.

Sling bag dengan aplikasi rantai memang memiliki keindahan saat pemakaian. Namun, anda juga tidak bisa membiarkan begitu saja.

Setiap jenis tas harus anda rawat dengan baik dan sesuai bahannya. Pada jenis tali rantai memerlukan perhatian khusus. Anda bisa membersihkan rantai dengan banyak cara.

Kain Flanel

Cara membersihkan tas tali rantai bisa gunakan kain flanel. Kain yang satu ini memang sudah banyak memberikan hasil untuk rantai karatan.

Menggunakan cara ini pun cukup mudah. Anda cukup masukkan rantai tas pada kain flanel dan tarik. Lakukan cara tersebut secara berulang hingga tali kembali bersinar.

Produk Antikarat

Cara lain untuk membersihkan tas tali karat juga bisa menggunakan produk antikarat. Apalagi saat ini anda bisa membeli produk yang satu ini dengan mudah.

Anda bisa semprotkan dan gosok berulang. Lakukan secara baik agar karat yang ada pada tali tas anda bisa hilang. Tali rantai bisa kembali seperti baru.

Cuka Putih

Menggunakan cuka putih juga menjadi solusi yang tepat untuk tas tali rantai yang berkarat. Jika rantai pada aksesoris ini berkarat, tentu akan merusak kualitas tas itu sendiri.

Cuka putih menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi karat. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi karat, salah satunya dengan merendamnya semalaman.

Jika karat terlalu parah, bisa menggosok dengan sikat baja atau kawat. Sebaiknya lepaskan rantai dari tas agar tidak merusak komponen lainnya.

Setelah semua karat hilang, barulah cuci dengan sabun, air, dan lap bersih. Keringkan hingga benar-benar tidak ada air sedikitpun.

Baking Soda

Menggunakan baking soda juga menjadi cara ampuh menghilangkan karat pada rantai tas anda. Alat yang satu ini cukup efektif untuk karat yang masih ringan.

Baca juga: Sling Bag Wanita Kekinian Hadir dengan Beberapa Desain Menarik

Anda cukup campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta kental. Pasta tersebut bisa anda oleskan pada benda berkarat. Pastikan bintik-bintik berkarat tertutup dengan baik.

Setelah itu, sikat hingga bersih. Selanjutnya lap dengan kain hingga kering. Cara ini bisa anda lakukan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Lemon dan Garam

Perpaduan bahan garam dan lemon ternyata juga dapat anda gunakan untuk membersihkan karat. Tas tali rantai memang resiko terkena karat cukup besar.

Sebaiknya gunakan alat yang tepat agar tidak merusak aksesoris yang satu ini. Tutupi rantai yang berkarat dengan garam, lalu beri perasan jeruk lemon. Biarkan kurang lebih dua jam dan tas tali rantai bisa kembali membaik.

Baca juga: Tas Punggung Kecil, Rekomendasi Aksesoris yang Fashionable

Sikat pada aksesoris yang karatnya membandel bilas dengan air. Jangan lupa keringkan dengan kain bersih. Pastikan rantai tersebut benar-benar dalam kondisi kering. Sebab, jika tidak, justru bisa berakibat lebih buruk.

Menggunakan sling bag dengan material selempangnya bahan rantai memang cukup ribet. Meski melihatnya cukup menarik, namun perawatannya harus pas dan sesuai. Jika tidak segera anda atasi, tas tali rantai justru bisa lebih buruk dan mengganggu kenyamanan saat mengenakannya.