Tekan Angka Stunting, Disnak Ciamis Sosialisasi Gerakan Makan Ikan

Tekan Angka Stunting, Dinas Peternakan Sosialisasi Gerakan makan Ikan
Dinas Peternakan melaksanakan sosialisasi gerakan makan ikan untuk tekan angka Stunting. Kegiatan kali ini bersama warga Dusun Pasirkadu, Desa Petir Hilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (26/9/2020). Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Dinas Peternakan melaksanakan sosialisasi gerakan makan ikan untuk tekan angka Stunting. Kegiatan kali ini bersama warga Dusun Pasirkadu, Desa Petir Hilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (26/9/2020).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Syarif mengatakan pihaknya kerap menggelar satu bulan sekali. Namun berhubung dengan adanya Pandemi Covid-19, sosialisasinya terhenti. Kegiatan ini yang kedua kali pada tahun 2020 ini .

“Biasanya kegiatan sosialisasi ini menyentuh warga masyarakat langsung ke desa-desa dengan menggandeng mitra kerja kami yaitu PKK khusunya Pokja 4, tujuannya untuk tekan angka stunting,” katanya .

Tambah Syarif, sosialisasi makan ikan ini mengajarkan kepada para ibu-ibu untuk bisa berkreasi dalam pengelolaan ikan. Sehingga tidak hanya memberikan kepada anak dengan bentuk ikan goreng saja secara biasanya.

“Memberikan sebuah  edukasi ke anak-anak sehingga anak minat untuk memakan ikan. Terutama dari hasil olahan yang beragam seperti pengelolahan ikan menjadi sosis, naget dan olahan makanan lain,” ucapnya.

Menurut Syarif, manfaat dari ikan itu sangat banyak dari mulai kadar proteinnya tinggi dan lemaknya juga sangat rendah dan bagus sekali untuk menyehatkan terutama untuk anak 5 tahun. Sehingga mampu tekan angka stunting atau mencegah terhambatnya pertumbuhan anak.

“Makanya kegiatan ini untuk Posyandu Pasirkadu karena ini salah satu posyandu unggulan Desa Baregbeg dalam pelayanan kepada masyarakat. Sehingga harapannya sosialisasi ini bermanfaat,” tandasnya.

Edy Yulianto, Camat Baregbeg menyampaikan sangat apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Terutama memberikan sebuah pemahaman masyarakat Desa Baregbeg dalam pengelohaan ikan .

“Biasanya Masyarakat hanya tau ikan itu pengelohaanya hanya menggoreng atau pun pepes . Tapi adanya sosialisasi ini masyarakat bisa paham dalam pengolahan ikan dengan menarik dan menjadi minat anak meningkat untuk memakan ikan. Sekaligus juga tekan angka stunting di Ciamis,” pungkasnya. (Fahmi/R9/HR-Online)