Tema Kamar Monokrom, Inspirasi Desain Kamar Cozy Anti Monoton

Tema Kamar Monokrom
Tema Kamar Monokrom. Foto Istimewa

Tema kamar monokrom sangat menarik jika anda aplikasikan. Entah itu untuk kamar tamu, kamar keluarga, ataupun kamar utama. Tema ruangan dengan konsep monokrom memiliki warna yang netral.

Kombinasi warna netral merupakan hal yang sangat identik dari konsep monokrom. Beberapa warna netral yang bisa anda gunakan adalah abu-abu, hitam, dan putih. Salah satu keuntungan menggunakan tema monokrom adalah suasana menjadi lebih elegan.

Baca Juga: Desain Interior Rumah Monokrom Nyaman dan Tidak Monoton

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa tema monokrom membosankan. Namun sebenarnya jika anda aplikasikan dengan benar, maka akan menghasilkan desain yang menarik. Tema monokrom sendiri sangat cocok dengan ruangan yang berukuran minimalis dan ringkas.

Inspirasi Tema Kamar Monokrom yang Elegan

Penataan desain kamar memang perlu anda sesuaikan dengan tema atau konsepnya. Sama halnya dengan penggunaan tema monokrom pada kamar tidur. Penataan ini berfungsi untuk membuat kamar tidak monoton.

Ada beberapa inspirasi ketika mendesain ruangan dengan tema monokrom. Anda bisa menggunakan kreativitas sendiri atau mencari inspirasi lainnya. Berikut ini beberapa inspirasi ketika mendesain ruangan dengan tema monokrom.

1. Menggunakan Single Bed Jika Ukuran Kamar Minimalis

Tema kamar monokrom bisa anda aplikasikan pada kamar tidur minimalis. Selain itu, anda bisa mengubah kamar minimalis menjadi lebih nyaman. Sebab, tidak semua tema dapat sesuai dengan ukuran kamar tidur.

Apabila kamar berukuran minimalis, maka anda bisa menggunakan single bed. Kemudian beberapa perabotannya juga memiliki ukuran yang minimalis. Tema monokrom bisa anda hadirkan pada bed cover berwarna hitam putih.

Baca Juga: Desain Kamar Tidur Nyaman & Hangat

Anda bisa menggunakan dominasi warna putih. Kemudian menambahkan sejumlah aksesoris berwarna hitam yang elegan. Aksesoris tersebut bisa anda tempelkan pada dinding agar tidak terlalu terlihat kosong.

2. Penggunaan Dinding Cermin

Selanjutnya adalah menggunakan dinding cermin yang dapat memberikan efek bayangan. Penggunaan cermin ini membuat kamar minimalis terasa lebih luas. Hal ini karena adanya pantulan yang ilusi mata lebih luas.

Untuk keseluruhan ruangan bisa menggunakan warna putih. Bahkan bed covernya juga bisa menggunakan warna putih. Namun untuk selimut, perabot, dan lainnya bisa menggunakan warna hitam. Misalnya lemari, laci, atau bahkan bingkai cermin.

Tema kamar monokrom ini akan terlihat sempurna. Dengan adanya tambahan cermin, maka kamar juga terkesan lebih modern. Jika ruangan terlalu minimalis dan kurang nyaman, maka bisa mengaplikasikan konsep monokrom.

3. Penggunaan Wallpaper Tema Monokrom

Inspirasi selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah wallpaper tembok. Tidak perlu mengganti interior atau perabotan menjadi hitam, putih, atau abu-abu. Anda cukup menggunakan wallpaper dengan tema monokrom.

Hal ini tentunya lebih praktis dan membuat kamar jauh lebih menarik. Sebagai penyempurna, maka anda bisa menambahkan lampu tumblr. Sehingga tema kamar monokrom lebih terasa dan tentunya membuat kamar jauh lebih unik.

4. Tambahkan Funitur Kayu

Agar tema monokrom tidak monoton atau membosankan, maka anda bisa menambahkan furnitur kayu. Tema monokrom memang identik dengan warna hitam dan putih. Namun perabotan atau furnitur kamar tidak harus berwarna hitam dan putih.

Anda bisa menggunakan furnitur kayu dengan warna alami atau asli. Sehingga membuat ruangan jauh lebih elegan dan menarik. Tidak hanya furnitur saja, anda juga bisa mengaplikasikan kayu pada lantai.

Penggunaan furnitur kayu menjadi salah satu opsi lain jika anda kurang tertarik dengan warna hitam. Furnitur kayu ini kemudian dikombinasikan dengan warna abu-abu. Perpaduannya sangat cocok dan membuat kamar semakin manis.

5. Tembok Hitam yang Elegan

Tema kamar monokrom juga bisa anda hadirkan dari desain tembok. Anda bisa membalut tembok dengan warna hitam yang elegan. Warna hitam akan menjadi sentuhan tersendiri yang membuat kamar lebih hidup.

Baca Juga: Keramik Kasar Untuk Teras Depan yang Berkesan Unik dan Tidak Licin

Selain hitam, anda bisa mengkombinasikannya dengan warna putih. Kombinasi ini membuat nuansa monokrom lebih terasa. Apabila anda ingin menggunakan warna hitam, maka jangan terlalu berlebihan.

Sebab, akan terkesan gelap dan nantinya kurang nyaman. Sehingga anda bisa menambahkan warna putih. Seperti hiasan, corak putih, atau mungkin motif lainnya yang berwarna putih.

Tema kamar monokrom membuat ruangan kamar jauh lebih elegan. Kesan monokromatiknya membuat suasana kamar menjadi nyaman. Sehingga pemilik kamar akan betah dan nyaman ketika beristirahat. (R10/HR-Online)