Toyota Land Cruiser Prado, Memiliki Kekuatan Mesin Sebesar 204 PS

Toyota Land Cruiser Prado
Ilustrasi Toyota Land Cruiser Prado. Foto: Istimewa

Toyota Land Cruiser Prado nampaknya masih bakal menjadi mobil SUV favorit para pengendara. Pasalnya, akhir-akhir ini, Toyota kabarnya akan keluarkan seri terbaru mereka untuk jenis mobil yang satu ini.

Tipe Land Cruiser sendiri sebenarnya sudah mulai mengaspal sejak tahun 1985 silam. Berbekal nama Land Cruiser Light 70 dan Wagon, Toyota akhirnya memperkenalkan teknologi turbo diesel mereka.

Spesifikasi Toyota Land Cruiser Prado

Hebatnya, seri-seri Land Cruiser akhirnya banyak menjadi pilihan para penggemar mobil sebagai pesaing Pajero milik Mitsubishi. Untuk itu, berikut kami berikan ulasan lengkap tentang Land Cruiser Prado khusus untuk anda.

Desain

Sebagai mobil berjenis SUV, Prado terbaru ini nampaknya mempunyai kesan tangguh yang lebih terasa. Sasis body yang kental dengan kesan perkasa semakin mempesona dengan perawakan bannya yang memang terlihat cukup besar.

Dari segi sudut-sudut bagian depan mobil ini, sebenarnya tidak banyak perubahan yang Toyota lakukan. Meski minim perubahan, Toyota Land Cruiser Prado tidak mempunyai kesan yang membosankan sama sekali.

Apalagi jika melihat bagian interior dari mobil yang satu ini. Sudah pasti siapapun yang menaiki bakal mempunyai pengalaman yang sangat menyenangkan.

Dapur Pacu

Pada seri terbarunya ini, perubahan besar dari segi mesin nampaknya menjadi hal utama bagi Toyota. Bayangkan saja, kabarnya seri terbaru ini bakal memutar turbo charger yang jauh lebih besar.

Jika kita hitung secara matematis, maka seri Land Cruiser Prado ini bakal mempunyai kekuatan mesin sebesar 204 PS. Angka tersebut jelas lebih besar bila kita bandingkan pendahulunya yang hanya berkekuatan 177 PS.

Baca Juga : Tata Harrier XT+, Hadir dengan Panoramic Sunroof

Tidak cukup sampai situ saja, mesin Prado terbaru ini kabarnya juga mempunyai diesel yang lebih kuat lagi. Mesin yang mendapat label 1GD-FTV itu, mempunyai kapasitas sebesar 2.800cc 4 silinder yang mampu menggerakkan daya sebesar 500 Nm pada 1.600-2.800 rpm.

Kenyamanan berkendara dengan Toyota Land Cruiser Prado semakin menyenangkan dengan transmisi kecepatannya yang berjumlah 6 lengkap dengan teknologi Super ECT-nya. Yang menarik, bukan hanya hadir untuk mesin diesel saja. Seri Prado terbaru ini juga bakal hadir untuk seri mesin bensin.

Secara kekuatan jelas ada perbedaan sedikit soal kekuatan fair Prado diesel maupun Prado bensin. Meski demikian, fitur-fitur ampuh andalan Land Cruiser lainnya tetap menempel pada seri Prado bensin.

Fitur Tambahan

Selain peningkatan dalam segi jantung mekaniknya, Toyota Land Cruiser Prado juga melakukan banyak peningkatan dari segi fitur tambahannya. Toyota sendiri memang mempunyai nama besar soal fitur keselamatannya.

Lalu fitur berlabel Toyota Safety Sense tersebut juga semakin sempurna pada seri Prado terbaru ini. Peningkatan pertama nampak pada fitur pendeteksi pintar yang terpasang pada seri Prado terbaru ini.

Baca Juga : MG Gloster SUV, Akan Menjadi Pesaing Toyota Fortuner

Pasalnya, Land Cruiser Prado kabarnya dapat mendeteksi pejalan kaki saat malam hari dan pesepeda ketika siang hari. Dalam kegiatan berkendara sehari-hari, dua tipe pengendara lain tersebut memang cukup sulit kita deteksi. Dengan bantuan sensor tersebut, tentu keselamatan diri sendiri maupun orang lain dapat terus terjaga.

Tidak hanya soal sensor saja, seri terbaru Prado juga memuat kemampuan baru pada bagian Lane Departure Warning-nya. Prado seri terbaru ini, kabarnya dapat memberikan sinyal jika terjadi oleng saat berkendara.

Sensor penanda bahaya dari Toyota Land Cruiser Prado juga semakin peka dengan tambahan kemampuan untuk mendeteksi keberadaan kendaraan lainnya. Pada seri ini mobil dapat mendeteksi kendaraan lain pada posisi kiri, kanan, belakang atau saat mobil mundur.

Untuk segi peringatannya, pengguna dapat mengatur sesuai kebutuhan yakni kedipan lampu pada spion atau bunyi-bunyian. Fitur mobil yang satu ini makin lengkap dengan hadirnya paddler shifter dan layar audio sebesar 9 inci.

Tanggal Rilis dan Harga

Perihal tanggal rilisnya, seri Land Cruiser Prado sudah bisa untuk kita cari keberadaannya mulai tahun 2020 ini.

Sedangkan soal harga, nampaknya Toyota ingin membuat para pengguna memilih Prado terbaru yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mereka. Pasalnya, untuk setiap spesifikasi yang berbeda, maka Toyota akan memberikan mahar yang berbeda pula.

Yang jelas harga Toyota Land Cruiser Prado untuk kursi 5 dibanderol dengan rentang harga 502 sampai 667 jutaan. Sedangkan untuk kursi 7 penumpang dibanderol dengan rentang harga 524 sampai 767 jutaan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Toyota Starlet 2020, Hidup Kembali dengan Basis Suzuki Baleno
Loading...