Tubuh Mengalami Kelelahan Emosional Perlu Diwaspadai, Kenali Cirinya!

Tubuh mengalami kelelahan emosional bisa kita lihat dari beberapa perubahan, baik secara fisik maupun mental. Foto: Ilustrasi/Net.
Tubuh mengalami kelelahan emosional bisa kita lihat dari beberapa perubahan, baik secara fisik maupun mental. Foto: Ilustrasi/Net.

Tubuh mengalami kelelahan emosional bisa kita lihat dari beberapa perubahan, baik secara fisik maupun mental. Tapi mungkin masih banyak yang belum menyadari jika tubuhnya tengah lelah secara emosional.

Dalam hidup ini, terkadang ada saja situasi dan kondisi yang benar-benar di luar kendali kita, dan butuh banyak kekuatan emosional saat menghadapinya.

Namun, tak jarang pula banyak hal-hal yang membuat kita tak bisa melawan rasa tersebut, hingga membuat kita stres lantaran harus tetap kuat.

Pada akhirnya kondisi tubuh yang mengalami kelelahan secara emosional bisa berakhir dengan munculnya perubahan atau gangguan secara fisik.

Baca Juga : Kenali 10 Tanda Jiwa Anda Sudah Lelah

Merangkum dari berbagai sumber, sebuah penelitian tentang kelelahan emosional terhadap perawat. Yang mana mereka kerap berhadapan dengan situasi banyaknya permintaan, kontrol, serta kelelahan.

Dalam permasalahan tersebut penelitian menemukan bukti menarik mengenai arti kelelahan dari jenis ini. Karena itulah, penting menjaga emosional dalam kehidupan Anda ketika menghadapi situasi yang tidak terduga sebelumnya.

Berikut ini ciri-ciri tubuh saat mengalami kelelahan secara emosional yang perlu Anda ketahui, dan mungkin saat ini pun Anda sedang dalam kondisi emosional yang tidak stabil.

Ciri Tubuh Mengalami Kelelahan Emosional

Baca Juga : Awas! Banyak Minum Kopi Bikin Tubuh Mudah Lelah

Rangsangan Emosi yang Berlebihan

Saat seseorang merasa lelah secara emosional, tak jarang mereka juga sebetulnya merasa kewalahan. Ini mungkin bertentangan dengan apa yang ada dalam pikiran Anda.

Kelelahan secara emosional akibat bekerja yang berlebihan bukanlah menjadi satu-satunya alasan hal tersebut bisa terjadi. Terkadang kondisi seperti itu sebagai sindrom kelelahan.

Karena, banyak situasi lain yang bisa membuat tubuh terasa lelah secara emosional. Terkadang muncul dalam situasi yang lebih pribadi, misalnya dengan pasangan, atau ketika mengasuh anak.

Selain itu, bisa juga muncul pada seseorang yang pekerjaannya merawat orang lain, seperti halnya perawat. Hal ini sebetulnya berkaitan dengan orang yang lebih banyak tanggung jawabnya.

Suasana Hati Sering Berubah

Ciri tubuh tengah mengalami lelah emosional yang berikutnya adalah kondisi suasana hati yang sering berubah. Kelelahan emosional bukan saja bisa memengaruhi suasana hati, tapi juga kesehatan mental.

Pada awalnya orang yang mengalami lelah emosionalnya terlihat mereka merasa lebih pesimis atau sinis daripada biasanya.

Atau bahkan mereka juga akan kehilangan motivasi untuk bersosialisasi, bekerja, maupun melakukan tugas-tugas yang sederhana. Tetapi, semua perasaan itu bisa menjadinya lebih kuat yang menyebabkan individunya merasa terjebak.

Baca Juga : Ini Fakta Ilmiah Berkaitan dengan Selingkuh

Gangguan Tidur

Ciri-ciri lainnya jika tubuh mengalami kelelahan emosional yaitu terjadinya gangguan tidur. Dalam hal ini, pola tidur Anda akan berubah ketika tubuh merasa lelah secara emosional.

Seseorang yang lelah emosionalnya, fisiknya juga merasa lelah, sehingga mereka akan mengalami kesulitan untuk tidur saat malam hari. Akibatnya produktivitasnya pun akan terganggu.

Perubahan Fisik

Ciri tubuh Anda kelelahan secara emosional juga bisa terlihat dari adanya beberapa perubahan fisik secara signifikan. Ciri-ciri perubahan fisik itu meliputi nafsu makan yang berubah, timbul masalah pencernaan.

Selain itu, bisa juga terjadi perubahan fisik seperti palpitsi jantung, sakit kepala, dan terjadinya kenaikkan atau penurunan berat badan.

Sulit Berkonsentrasi

Jika tiba-tiba Anda mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dalam berbagai hal, mungkin tubuh Anda sudah lelah secara emosional. Bahkan, bagi sejumlah orang mungkin bisa sampai pikiran mereka merasa kesulitan saat mengatur atau merencanakan sesuatu hal.

Itulah beberapa ciri kalau tubuh sedang mengalami kelelahan emosional. Anda mungkin harus bisa lebih siap lagi ketika secara tidak terduga harus menghadapi situasi dan kondisi yang tak dapat terkendali. (Eva/R3/HR-Online)