Tulang Rusuk Manusia, Mengenal Struktur dan Fungsi pada Tubuh

Tulang Rusuk Manusia
Ilustrasi Tulang Rusuk Manusia. Foto Istimewa

Tulang rusuk manusia adalah salah satu dari jumlah tersusun atas 206 tulang yang terbentuk dalam rangka tubuh. Struktur rangka tulang tersebut kokoh serta kuat.

Semua tulang tersebut memiliki fungsi dalam menghasilkan sel darah, menyimpan mineral yang penting, dan juga membantu dalam melepaskan hormon. Hormon diperlukan untuk mendukung kebutuhan tubuh manusia.

Mengenal Struktur dan Fungsi Tulang Rusuk Manusia

Melansir dari Wikipedia, dalam anatomi, tulang rusuk (iga) adalah tulang yang panjang dan melengkung serta membentuk rongga pada rusuk. Tulang ini melindungi thorax atau dada, jantung, paru-paru, hati, dan juga orang yang lain dalam tubuh.

Pada manusia, tulang rusuk hanya terdapat pada dada. Untuk tulang rusuk pria dan wanita mempunyai jumlah tulang rusuk yang sama, yakni 24 tulang rusuk atau jumlah 12 pasang. Tulang ini terdiri dari tiga bagian, yakni 7 pasang dari tulang sejati, 3 pasang dari tulang rusuk palsu, serta 2 pasang dari tulang rusuk melayang.

Tulang rusuk sejati adalah tulang rusuk yang pada ujungnya saling bertemu pada bagian dada. Untuk tulang rusuk palsu adalah tulang rusuk yang pada ujungnya saling melekat pada bagian tulang rusuk yang berada di atasnya.

Sementara itu, tulang rusuk melayang merupakan tulang rusuk manusia yang mana ujungnya tidak saling bertemu serta tidak melekat pada tulang rusuk bagian atasnya.

Baca Juga: Bagian Jantung dan Fungsinya Dalam Proses Memompa Darah

Fungsi Tulang Rusuk

Tulang rusuk atau tulang iga memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Fungsi tersebut adalah untuk membantu dari proses pernafasan manusia. Tulang rusuk menjadi tempat untuk melekatnya otot-otot pernafasan yang nantinya akan mengembangkan organ paru-paru ketika kita bernafas.

Peran dari tulang iga ini sangat terbantu dengan adanya otot diafragma pada bagian bawah dari tulang iga ini. Otot diafragma ini memiliki fungsi dalam merasakan pergerakan dari tulang rusuk yang mengempis dan juga mengembang saat bernafas.

Cidera Tulang Rusuk

Walaupun struktur dari tulang pada manusia ini sangat kuat dan juga kokoh, namun tak menutup kemungkinan tulang ini akan mengalami cidera. Hal ini dapat berpengaruh pada kondisi yang mana mereka terbentur oleh benda-benda yang lebih kuat.

Terdapat beberapa cidera tulang rusuk manusia yang dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, juga terdapat cidera yang lebih parah dan harus memperoleh penanganan medis yang serius.

Biasanya, cidera tulang rusuk dapat terjadi karena beberapa hal. Misalkan karena terjatuh, tertabrak benda keras, kecelakaan motor atau mobil, atau terbentur pada saat melakukan olahraga.

Dari akibat cidera tersebut cenderung berbeda-beda tergantung parah atau tidaknya cideranya. Misalkan memar atau sampai pada patah tulang rusuk. Kita dapat mengetahui parah atau tidaknya cidera yang kita alami yakni dengan pemeriksaan x-ray. Lalu, juga dapat melakukan cek fisik serta rekam medis secara lengkap.

Baca Juga: Sistem Ekskresi pada Manusia, Kenali Beberapa Organ dan Fungsinya

Gejala Cidera Tulang Rusuk

Gejala yang dapat kita rasakan akibat cidera tulang rusuk beragam. Seperti terdapat bunyi gemeretak yang dapat mengindikasikan adanya patah pada tulang rusuk. Lalu, juga terasa sakit pada area dada.

Hal ini terjadi saat menghirup nafas atau menggerakkan tubuh. Gejala lain juga dapat kita rasakan saat terdapat memar pada bagian dada, sulit dalam bernafas, dan terdapat pembengkakan daerah tulang rusuk manusia.

Selanjutnya juga terjadi kejang otot pada bagian tulang iga ini. Kemudian, juga bentuk dari tulang rusuk yang terlihat berbeda dari biasanya.

Umumnya, cidera yang terjadi pada tulang rusuk dapat sembuh dengan sendirinya mulai tiga hingga enam minggu. Ketika kita mengalami patah tulang, maka dokter tak memberi alat tertentu (seperti gips), layaknya cidera yang terjadi pada tulang kaki atau tangan kita.

Untuk penanganan cidera yang terjadi biasanya hanya untuk mengurangi rasa sakit saja. Akan tetapi, hal yang berbeda jika terdapat cidera pada tulang rusuk manusia yang robek. Maka akan memerlukan waktu penyembuhan dari 12 minggu bahkan lebih.

Jadi, jika anda mengalami beberapa tanda gejala atau hal lainnya yang sakit pada bagian tulang rusuk, maka segeralah konsultasi ke dokter.

Karena, jika cidera yang anda alami tersebut parah dan anda biarkan tanpa memperoleh penanganan yang tepat, maka tulang rusuk manusia yang cidera tersebut akan mengalami komplikasi yang serius. Misalkan robeknya organ paru-paru atau limpa yang terjadi akibat tertusuk tulang patah tersebut. (R10/HR Online)

Baca Juga: Sistem Peredaran Darah Manusia, Susunan Organ dan juga Fungsinya