Tuntaskan dan Cegah Stunting di Cipaku Ciamis jadi Peran Penting PKK

Tuntaskan dan cegah stunting di Cipaku Ciamis, PKK wajib edukasi masyarakat: Foto: Edji Darsono/HR.
Tuntaskan dan cegah stunting di Cipaku Ciamis, PKK wajib edukasi masyarakat: Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Tuntaskan dan cegah stunting di wilayah Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi salah satu tugas PKK dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Camat Cipaku, Yayan, mengimbau agar PKK harus bisa menuntaskan dan mencegah terjadinya stunting. Untuk itu, PKK harus terlibat dalam penyusunan RKPDes untuk memberikan masukan program yang berkaitan dengan kegiatan PKK.

Termasuk kegiatan untuk mengedukasi masyarakat masalah stunting yang masih saja terjadi. Karena, wilayah Kecamatan Cipaku ini terdapat 25 persen kasus anak yang mengalami stunting.

Baca Juga : 3.780 Bayi di Ciamis Alami Stunting

“Hal tersebut hendaknya sampaikan sebelum penetapan RKPDes. Segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana kegiatan PKK, sampaikan kepada BPD atau kepala desa. Berkaitan dengan masalah stunting, PKK berkewajiban untuk tuntaskan dan cegah stunting,” kata Yayan, dalam rapat rutin PKK tingkat kecamatan, Kamis (17/09/2020), di Aula Bale Desa Selacai, Kecamatan Cipaku.

Lebih lanjut Yayan menjelaskan, stunting adalah kondisi gagalnya pertumbuhan anak, baik tubuh maupun otak akibat kekurangan gizi dalam waktu lama. Sehingga pertumbuhan anak terganggu. Pertubuhan anak lambat, yang mana anak akan lebih pendek dari anak normal pada seusianya.

Selain itu, anak yang mengalami stunting memiliki keterlambatan dalam berpikir. Hal tersebut bisa terjadi akibat asupan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Begitu pula pola asuh yang salah bisa jadi penyebab stunting.

“Oleh karena itu, untuk tuntaskan dan mencegahnya, PKK berkewajiban memberikan edukasi. Saat ini jumlah anak yang mengalami stunting untuk wilayah Kecamatan Cipaku mencapai 25 persen. Dari jumlah tersebut kita berharap akan semakin berkurang,” tandas Yayan. (Dji/R3/HR-Online)