TVS XL 100, Hadir dengan Menganut Mesin 4-tak 99,6 cc

TVS XL 100
Ilustrasi TVS XL 100, Foto: Istimewa

Mempunyai desain yang berbeda, TVS XL 100 sepertinya bakal menjadi motor yang patut kita koleksi. Bukan sekedar menghasilkan motor dengan desain menarik saja, rupanya desain motor ini memang mempunyai filosofi yang mendalam.

Dari segi fungsional, motor keluaran pabrikan asal India ini memang khusus untuk para pekerja keras di jalanan. Oleh karena itu, desain dan kebandelan motor ini, semuanya sengaja memuat segala hal yang anda butuhkan untuk guna memberikan kemudahan.

Simak Bekalan Spesifikasi TVS XL 100

Karena mempunyai filosofi yang sangat mendalam, tentu mengoleksi motor ini menjadi hal yang sangat menarik untuk anda lakukan. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ulasan lengkap mengenai spesifikasi motor tersebut yang kami rangkumkan khusus untuk anda.

Desain

Jika kita lihat dari desain saja, tentu setiap orang akan langsung berkomentar melihat motor yang satu ini. Mengadopsi desain ala-ala motor bebek pada umumnya, TVS memberikan sentuhan berbeda pada bagian sasis motor ini.

Sasis berbentuk “U” tegas yang cukup lebar, kabarnya mempunyai fungsi untuk membantu pengguna dalam membawa barang berat dengan motor TVS XL 100 ini. Tidak hanya sampai itu saja, desain jok dari motor ini juga sengaja dibuat lebar, ringkas, dan mudah anda lepas.

Selain itu, juga memberi maksud untuk memberi kemudahan bagi pengguna dalam menggotong barang. Tangki bensinnya yang terletak pada bagian depan.

Kabarnya juga merupakan bentuk desain kesengajaan dari TVS untuk mempermudah kegiatan pengangkutan barang dengan motor ini. Meski terlihat mirip motor elektrik, seri XL 100 ini mempunyai kemampuan mengangkut barang berat berbekal dual shocknya yang berada pada bagian depan.

Jantung Mekanik

Bicara soal permesinannya, kesan unik pada TVS XL 100 malah semakin terasa. Pasalnya, motor yang satu ini kabarnya menganut mesin 4-tak, namun hanya mempunyai satu percepatan gigi.

Baca Juga : Vespa Primavera Sean Wotherspoon Terbaru Hadir dengan Tampilan Unik

Jika kita ibaratkan, menunggangi motor ini sama halnya seperti menunggangi motor skutik pada umumnya. Hanya berbekal menarik gas saja, pengguna sudah bisa membuat motor ini berjalan dan melibas semua medan yang ada.

Meski pada praktiknya pengguna tidak akan menemui suara mesin yang halus seperti skutik. Mengingat mesin motor ini yang 4-tak.

Kegesitan dalam melibas aspal jalanan dari motor ini juga terbilang sangat bandel. Siapa yang tidak takjub dengan mesin 4-tak 99,6 cc, bersilinder tunggal dengan bore X stroke 51,00 x 48,8 mm yang terpasang pada TVS XL 100..

Kabarnya jantung mekanik tersebut mampu menggerakkan motor dengan tenaga 4,4 PS pada rpm 6000. Sedangkan torsinya berada pada angka 6,5 Mm pada rpm 3500.

Efisiensi Bahan Bakar

Mempunyai tangki berkapasitas 4 liter termasuk 1,3 liter sebagai cadangan, motor ini tergolong motor yang ramah soal bahan bakar. Hal tersebut terbukti dari kabar bahwa motor ini bakal menghabiskan satu liter bensin dalam setiap 67 km.

Perlu kita ketahui, tingkat konsumsi bahan bakar TVS XL 100 juga terpengaruh oleh faktor cara mengendarai oleh penggunanya dan juga beban bawaan.

Baca Juga : All New Honda Super Cub 110, Konsumsi Bahan Bakar 60,6 Km Per Liter

Namun jika kita rata-rata angka yang muncul adalah 57 km/l hingga 60 km/l. Tentu sebuah kualitas motor yang sangat irit bukan? Mengingat motor ini merupakan motor 4-tak, namun bersistem transisi gigi automatic.

Fitur Lainnya

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, TVS merancang motor ini dengan tujuan untuk kita gunakan dalam pengangkutan barang. Mulai dari desain sasisnya yang berbentuk “U” hingga beberapa fitur pelepasan bagian motornya yang mudah, semuanya dimaksudkan untuk mempermudah dalam menata barang bawaan.

Fitur-fitur wajar dalam motor sehari-hari seperti kick starter, silencer guard, dan standar tengah, semuanya terpasang rapi dalam motor ini. Desain grafis pada speedometer TVS XL 100 juga mempunyai kesan yang futuristik.

Motor ini kabarnya dapat mengangkat beban hingga 130 kg. Desain shockbreaker dan juga ban tangguh berukuran 16 inci adalah kunci dari kemampuan hebat motor pekerja ini.

Tanggal Rilis dan Harga

Soal kapan motor ini bisa mulai kita koleksi, sebenarnya motor ini sudah secara resmi dilepas untuk pasar India. Namun hingga kini, pihak TVS sendiri belum memberikan kabar lanjutan untuk pasaran Indonesia.

Sedangkan untuk harganya, TVS sepertinya memang ingin terus menyandang gelar sebagai produsen motor paling murah. Terbukti dari harga TVS XL 100 yang sekitar 10 jutaan rupiah. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Yamax Z400 Naked Bike, Hadir Sebagai Kembaran Kawasaki Z1000