Ular Sanca Kembang 2,5 Meter Gegerkan Warga Pangkalan Pangandaran

Ular Sanca Kembang
Ular Sanca Kembang sepankang 2,5 meter yang berhasil ditangkap warga di kebun kapulaga, Dusun Cigorowek, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga berhasil menangkap ular sanca kembang sepanjang 2,5 meter. Warga menemukan ular sanca tersebut di kebun kapulaga, Dusun Cigorowek, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Candra, salah seorang warga yang ikut menangkap ular sanca tersebut mengatakan, warga menangkap binatang melata itu dengan menggunakan tali tambang.

“Meski proses penangkapan ular sanca kembang itu tergolong gampang, namun saya tak berani menangkapnya sendirian. Jadi menjerat ular tersebut melibatkan saya, bapak saya dan salah seorang warga sekitar,” katanya kepada HR Online, Sabtu (26/09/2020).

Dengan tertangkapnya ular yang nama lainnya sanca batik tersebut, pemilik kebun kapulaga merasa bersukur dan berterakasih.

Sebab, ular dengan ukuran sepanjang itu tentunya membuat masyarakat merasa takut. Karena bisa saja ular itu menyerang warga jika merasa terusik.

“Selain membahayakan warga yang memiliki kebun kapulaga, warga sekitar juga kerap kehilangan hewan ternak seperti ayam dan itik. Kemungkinan pemangsanya adalah ular sanca kembang ini,” ucapnya.

Untuk sementara Candra memelihara ular yang masuk dalam kelas reptilia dan famili Pythonidae tersebut.

Namun, katanya, jika ada pencinta ular yang berniat untuk mengadopsinya, memeliharanya atau membelinya, Candra pun akan menyerahkan ular tersebut.

Saat ini, ular sanca kembang dengan panjang 2,5 meter itu, dimasukan ke kandang ayam yang tak terpakai, dan jadi tontonan warga sekitar. (Enceng/R5/HR-Online)