Usaha Sayuran Organik, Peluang Bisnis Segmented yang Menjanjikan

Usaha Sayuran Organik, Peluang Bisnis Segmented yang Menjanjikan
Usaha Sayuran Organik. Foto: Ist/net

Usaha sayuran organik saat ini tengah prospektif. Hal itu menyusul banyaknya orang yang beralih mengonsumsi bahan makanan organik yang alami. Dengan begitu peluang bisnis ini cukup menjanjikan dan dapat menghasilkan omset yang tidak sedikit.

Sekarang ini semakin banyak orang yang mulai meningkat kesadarannya dalam menjaga kesehatannya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memilih mengonsumsi sayuran organik.

Sayuran organik memang harganya lebih mahal. Meskipun mahal, sayuran organik sangat baik dan menyehatkan bagi tubuh.

Sayuran organik sepintas terlihat lebih hijau serta lebih segar. Selain itu saat menanamnya tidak menggunakan bahan kimia. Hal inilah yang membuat sayuran ini mulai banyak peminatnya. Dengan begitu usaha sayuran organik bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Baca juga: Sistem Bagi Hasil Usaha Patungan untuk Sukses atau Risiko Bersama

Usaha ini bisa menjadi ladang bisnis karena semakin banyak permintaan orang dari kalangan menengah ke atas, termasuk para vegetarian. Bagi mereka aspek kesehatan merupakan hal yang terpenting. Sehingga soal harga tidak menjadi masalah.

Menangkap Peluang Usaha Sayuran Organik

Menjalankan usaha sayuran organik bisa dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Siapa pun bisa memulai bisnis ini dengan lahan yang tidak terlalu luas. Untuk Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini, berikut ini beberapa hal yang harus disiapkan.

Lahan Menanam

Menjalankan usaha ini harus mengerti betul tentang lahan yang akan menjadi tempat menanam. Apabila lahan yang ada terlalu sempit, Anda dapat menanam menggunakan metode tanam vertikal.

Selain tidak memerlukan lahan yang luas, metode tanam vertikal akan membuat lingkungan rumah terasa sejuk dan asri. Udara di sekitar rumah juga akan menjadi terasa lebih bersih.

Baca juga: Memilih Usaha Waralaba Modal Kecil yang Prospek dan Menguntungkan

Lahan untuk usaha sayuran organik haruslah subur serta memiliki kandungan hara  yang cukup. Unsur hara berisi berbagai mineral yang dapat membantu fotosintesis pada tanaman sehingga bisa tumbuh subur.

Bila Anda menggunakan lahan untuk menanam yang tidak terlalu subur, maka dapat menaburkan pupuk kompos dari campuran kotoran hewan dengan sekam padi. Pupuk kompos ini akan membantu pertumbuhan tanaman sayuran agar cepat tumbuh  besar.

Cara Bertanam Sayuran Organik

Usaha sayuran organik perlu dengan teknik bertanam yang benar. Teknik ini terdapat 2 cara, yaitu dengan menanam langsung atau dengan cara penyemaian terlebih dahulu. Teknik ini harus menyesuaikan dengan jenis sayuran yang akan dibudidayakan.

Ada beberapa jenis sayuran organik yang dapat langsung tanam pada media tanam. Antara lain sayuran organik yang memiliki daun lebat seperti sawi, bayam, jahe, selada dan sayuran merambat lainnya.

Bertanam Secara Hidroponik

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha sayuran organik namun tidak memiliki lahan untuk menanam, Anda dapat menggunakan metode hidroponik. Ini teknik bertanam sayuran organik dengan air sebagai media tanamnya.

Untuk bertanam dengan teknik hidroponik, Anda dapat menggunakan botol bekas atau pipa besar sebagai media tanamnya. Anda juga perlu menyiapkan air yang memiliki pH 5,5 – 6,5.

Baca juga: Sistem Bagi Hasil Usaha Patungan untuk Sukses atau Risiko Bersama

Saat sayuran sudah mulai tumbuh, lakukan penyiraman secara teratur. Penyiraman sebanyak 5 kali dalam sehari dengan menggunakan handsprayer hingga tanaman siap panen.

Teknik Perawatan Tanaman

Usaha sayuran organik cukup rentan terhadap hama sehingga memerlukan perawatan yang lebih jika membandingkan dengan sayuran biasa. Supaya sayuran organik terbebas dari serangan hama, Anda bisa memberikan obat anti hama yang terbuat dari bahan alami.

Anda bisa membuat dan meracik sendiri obat anti hama ini. Yaitu dengan jahe dan cabai. Kedua bahan itu kemudian haluskan lalu campur dengan air. Setelah itu semprotkan pada sayuran organik agar hama menjauh dari sayuran.

Itulah berbagai langkah dan cara saat memulai usaha sayuran organik. Dengan menerapkan teknik bertanam yang sesuai dengan kondisi lahan yang ada, Anda tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya. (R11/HR-Online)

Loading...