Usaha Warung Sembako, Bisnis Modal Kecil yang Menjanjikan

Usaha Warung Sembako, Bisnis Modal Kecil yang Menjanjikan
Ilustrasi Usaha Warung Sembako. Foto: Ist/net

Usaha warung sembako kini masih menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan meskipun banyak minimarket dan usaha sejenis yang bermunculan. Usaha warung yang menyediakan kebutuhan pokok akan selalu ramai pembeli.

Sembako atau sembilan bahan pokok merupakan kebutuhan utama setiap orang. Sehingga tidak mengherankan jika jumlah permintaan sembako tidak pernah sepi bahkan cenderung meningkat. Karena itulah usaha ini sangat prospektif.

Baca juga: Minat Belanja Konsumen dan Faktor yang Mempengaruhinya

Yang menarik, berjualan sembako termasuk bisnis modal kecil yang tidak memerlukan modal besar. Membuka bisnis sembako dapat Anda jalankan dari rumah. Anda juga bisa membuka kios yang sekaligus untuk tempat gudang.

Kelebihan Usaha Warung Sembako

Meskipun peluang usaha sembako cukup tinggi, tidak mengenal musim, dan menjanjikan namun Anda perlu merencanakannya dengan matang. Sebelumnya, sebaknya perhatikan kelebihan usaha warung sembako berikut ini.

Selalu Dibutuhkan Orang

Warung sembako tak pernah sepi karena merupakan kebutuhan pokok yang selalu menjadi kebutuhan konsumen setiap hari. Karena itu bisnis ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas, dari kalangan bawah hingga atas.

Bisnis Modal Kecil

Menjalankan usaha warung sembako tidak perlu modal besar. Jika modal tidak cukup untuk menyewa ruko atau toko, Anda bisa membuka usaha di rumah. Yang penting jenis sembako yang Anda jual lengkap meskipun dalam partai kecil.

Baca juga: Peluang Usaha Kuliner Jajanan Anak Sekolah yang Paling Menguntungkan

Untuk pengadaan barang dagangan, pilih distributor yang memberikan harga murah dengan kualitas barang terbaik. Jika barang tidak sesuai maka distributor akan mengganti dengan barang yang berkualitas baik.

Bebas Menentukan Harga Jual

Kelebihan bisnis sembako karena Anda dapat menentukan sendiri harga jualnya. Namun menentukan harga jual sebaiknya sesuai dengan harga pasaran. Jika ada selisihnya jangan terlalu besar agar konsumen tidak lari ke toko lain.

Kekurangan Usaha Warung Sembako

Meskipun usaha warung sembako memiliki banyak keuntungan dan mudah, namun Anda tetap harus memperhatikan kekurangannya. Berikut ini beberapa kekurangan bisnis sembako yang perlu Anda tahu.

Harga Sembako yang Tidak Pasti

Barang sembako sering mengalami perubahan harga sehingga tidak pasti. Naik dan turun harga sembako dapat terjadi karena banyak faktor serta dapat berubah setiap waktu. Karena itu Anda harus selalu memantau harga sembako di pasaran.

Bahkan tak jarang saat mengambil barang pada distributor harga sembako sedang naik dan hari selanjutnya sudah turun lagi. Agar terhindar dari kerugian, Anda perlu mengantisipasinya supaya tidak mengalami kerugian yang besar.

Banyak Pesaing

Usaha warung sembako sudah menjamur sehingga Anda yang ingin terjun ke usaha ini harus siap bersaing. Jika Anda mengetahui ada celah dan usaha Anda kelola dengan baik, maka bisnis ini akan mampu bertahan dan berkembang.

Keuntungan Relatif Kecil

Usaha berjualan barang sembako dapat memberikan keuntungan meski tidak dalam jumlah besar melainkan relatif kecil. Meskipun memiliki pangsa pasar yang luas, konsumen pintar memilih tempat yang harganya lebih murah.

Baca juga: Usaha Sayuran Organik, Peluang Bisnis Segmented yang Menjanjikan

Karena itu jika Anda menjual sembako dengan harga tinggi dengan  tujuan mendapatkan keuntungan besar, maka warung Anda akan sepi pembeli.

Tips Sukses Usaha Warung Sembako

Untuk meraih sukses dalam bisnis tentunya tak bisa instan. Nah, jika Anda ingin sukses dalam menjalankan usaha warung sembako, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan.

Bahan Sembako Harus Lengkap

Sediakan berbagai jenis sembako yang meskipun dalam jumlah yang sedikit. Sehingga saat ada yang mencari barang kebutuhan pokok, konsumen tidak akan kecewa. Kepuasan pelayanan akan membuat konsumen akan datang kembali.

Desain Warung yang Menarik

Meskipun hanya menjual bahan sembako, warung harus terlihat menarik. Buat desain warung semenarik mungkin sehingga jika konsumen lewat di depan warung akan penasaran dan tertarik untuk berbelanja.

Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan memang mahal harganya, begitu juga dengan kepercayaan pelanggan terhadap warung sembako Anda. Anda bisa menjaga kepercayaan pelanggan dengan selalu berkata jujur tentang kualitas sembako yang kalian jual.

Itulah peluang usaha warung sembako yang masih sangat potensial. Meskipun keuntungan yang Anda dapatkan kecil dan banyak pesaing, namun jika Anda menjalankannya dengan senang dan jujur tentu akan memberikan hasil yang baik. (R11/HR-Online)