Wabup Ciamis: Gebyar Muharram Jangan Hanya Seremonial

Wabup Ciamis, Gebyar Muharram Jangan Hanya Seremonial
Wabup Ciamis Yana D Putra, saat menghadiri acara Gebyar Muharram 1442 H di halaman Gedung serbaguna Desa/Kecamatan Panawangan, Selasa (8/9/2020).Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyebut, gebyar Muharram atau tahun baru islam jangan hanya sebatas seremonial saja.

Menurutnya, peringatan tahun baru Islam ini harus menjadi momentum untuk bermuhasabah.

“Menyambut tahun baru islam ini kita harus memperbaiki kualitas diri dengan meninggalkan keburukan lalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” ujar Yana.

Yana menyampaikan hal tersebut, saat menghadiri acara Gebyar Muharram 1442 H di halaman Gedung serbaguna  Desa/Kecamatan Panawangan, Selasa (8/9/2020).

Sekitar 2 ribu jamaah BKMM dan warga sekitar, hadir dalam kegiatan bertemakan “Dengan Memperingati hari besar Islam kita tingkatkan iman dan taqwa serta berhijrah menuju Ridha Allah” itu.

Selain itu, hadir pula perwakilan Kemenag Ciamis, Ketua MUI Panawangan, Camat Panawangan, Kapolsek serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Yana menyebut, saat ini semangat masyarakat dalam berkorban dan menolong antar sesama semakin pudar.

Kondisi masyarakat yang seperti itu merupakan dampak dari globalisasi dan kemajuan zaman (modern).

“Sekarang manusia kebanyakan bersifat materialis, pragmatisdan hedonis sehingga perannya sebagai makhluk sosial berubah menjadi makhluk transaksional,” jelas Yana.

Maka dari itu, ia mengajak masyarakat agar memaknai peringatan tahun baru islam dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Pada masa pandemi ini juga saya berpesan agar warga selalu pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun,” pungkasnya.

Ketua KUA Kecamatan Panawangan H. Asep Syaripudin menyebut, peringatan tahun baru Islam ini untuk menyemarakkan Syi’ar Islam dan mempererat tali silaturrahmi.

“Gebyar Muharram ini untuk rutin terlaksana setiap tahun, dalam rangka syiar islam,” katanya. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...