Atasi Kesulitan Air, Warga di Ciamis Ini Manfaatkan Pompa Tanpa Listrik

Pompa Tanpa Listrik
Pompa tanpa listrik atau hidram yang digunakan warga. Foto: Eji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Ciheras, Desa Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memanfaatkan pompa tanpa listrik untuk mengatasi kesulitan air.

Emus, salah satu warga, menjelaskan, setiap musim kemarau tiba kolamnya selalu kekeringan, sehingga ia bingung karena lokasinya merupakan dataran tinggi.

Namun setelah menggunakan pompa air tanpa listrik atau hidram, kesulitan tersebut pun bisa tertangani.

“Sebelum adanya hidram memang selalu mengandalkan air hujan. Tapi setelah ada ini jadi sangat terbantu,” ujarnya kepada HR Online, Jum’at (11/9/2020).

Penggunaan pompa tanpa listrik ini, kata Emus, sangat efektif dan efisien karena tanpa menggunakan bahan bakar ataupun setrum.

Yudiana, warga lainnya, juga mengatakan hal senada. Ia menilai pompa ini sangat praktis dan ekonomis, bahkan hasilnya pun memuaskan karena airnya mengalir normal.

Menurut Yudiana, teknologi ini berasal dari Prancis sejak abad 18 silam. Prinsip kerjanya menggunakan energi kinetik dari air yang mengalir secara teratur melewati katup.

“Saya belajar buat ini dari Youtube, termasuk warga lainnya. Alhamdulillah bisa berjalan lancar. Rencananya akan ada pengembangan karena banyak yang minat,” pungkas Yudiana. (Eji/R6/HR-Online)

Loading...