Warga Keluhkan Jalan Berlumpur Sekitar Kantor Kecamatan Lakbok Ciamis

Jalan Berlumpur
Jalan sekitar Kantor Kecamatan Lakbok yang berlumpur akibat pengangkutan tanah. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga mengeluhkan jalan berlumpur sekitar Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pasalnya, selain membahayakan juga mengganggu pengendara yang melintas.

Taofik Arianto, salah satu warga, mengatakan, dirinya mengeluhkan material tanah yang berhamburan ke jalan karena danya aktivitas pengangkutan tanah ke salah satu sekolah depan kecamatan.

“Ini pasti mengganggu. Saya yang pakai mobil aja terasa sekali licinnya, apalagi kalau pakai motor. Bahaya sekali ini,” katanya kepada HR Online, Selasa (22/9/2020).

Taofik menambahkan, aktivitas pengangkutan tanah yang berlangsung sejak Minggu (20/9/2020) kemarin ini, seharusnya mempertimbangkan masalah keselamatan pengendara lainnya.

Minimalnya, kata ia, bak mobil menggunakan terpal untuk menutup agar tidak berceceran ke jalan.

“Kalau bagi saya tidak masalah asal memperhatikan pengendara yang lain. Ini kan sedang hujan, kalau tidak pasti ngebul banget,” pungkasnya.

Baca juga: Soal Dugaan Ajaran Sesat, Begini Kata Camat Lakbok Ciamis

Camat Lakbok, Wiwik Dwikora, menyebut, tanahnya berasal dari pengerukan sungai untuk mengurug salah satu lahan sekitar SMP depan kecamatan.

“Jadi, mumpung ada pengerukan tanahnya kita manfaatkan. Ini hanya sementara ya, kalau sudah selesai nanti akan ada yang membersihkannya lagi,” singkat Wiwik.

Kepsek SMP 1 Lakbok, Aris Gunanto, menjelaskan, awal mula aktivitas pengangkutan tanah tersebut setelah pihaknya mendapatkan tanah untuk mengurug sawah. Rencananya, pihak sekolah akan membuat lapang karena selama ini belum punya.

“Setelah pengurugan kami akan menyuruh orang untuk membersihkannya. Namun kami masih menunggu apakah tanahnya masih ada atau tidak. Jika tidak akan langsung cari orang untuk membersihkan,” pungkasnya. (Aji/R6/HR-Online)