Warga Langkaplancar Minta Pemkab Pangandaran Perbaiki Saluran Air

Warga Langkaplancar Minta Pemkab Pangandaran Perbaiki Saluran Air
Banjir cileuncang kerap terjadi di tepi jalan Gunungkelir-Karangkamiri Dusun Ciceuri, Desa, Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran lantaran saluran air tidak berfungsi. Foto:Enceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Akibat saluran air sekitar tepi jalan Gunungkelir-Karangkamiri Dusun Ciceuri, Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran tidak berfungsi dengan baik, mengakibatkan air meluap ke badan jalan.

Jajat, warga setempat, menjelaskan, hampir setiap turun hujan lokasi tersebut selalu tergenang oleh air yang datang dari saluran yang terlalu dangkal.

“Saluran airnya kurang dalam dan terkadang tertutup sampah. Sehingga airnya naik ke badan jalan,” ucapnya kepada Koran HR, Selasa (29/09/2020).

Menurutnya, selain membahayakan pengguna jalan, air yang bercampur lumpur juga berpotensi merusakan infrastruktur jalanan, terlebih jalannya berbelok-belok.

“Jadi kalau melintas wilayah ini harus lebih hati-hati, khususnya saat musim hujan seperti saat ini,” imbuhnya.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, ia meminta pemerintah melalui dinas terkait supaya memperbaiki saluran tersebut, agar bisa meminimalisir banjir cileuncang.

Tak hanya itu, pemerintah juga perlu mendorong agar warga bisa melakukan kerja bakti sebelum pihak terkait melakukan perbaikan saluran air.

“Jalannya sudah bagus dan manfaatnya sangat besar bagi kita. Makanya kita harus rawat bersama-sama, dan antara pemerintah dengan masyarakat punya peran masing-masing agar infrastruktur ini bisa lebih awet,” pungkasnya. (Enceng/Koran HR)