Website Bisnis Online Gratis Bagi Pemula untuk Memulai Berjualan

Website Bisnis Online Gratis Bagi Pemula untuk Memulai Berjualan
Ilustrasi Website Bisnis Online. Foto: Ist/net

Memanfaatkan website bisnis online gratis merupakan langkah praktis untuk memulai usaha bagi para pemula. Menjalankan bisnis online merupakan salah satu alternatif mendapatkan uang dengan mudah tanpa perlu modal.

Di era digitalisasi yang penuh dengan percepatan, menggunakan website untuk menjalankan bisnis online adalah suatu yang harus dipertimbangkan. Website tidak hanya terbatas untuk toko online, namun bisa juga untuk seorang profesional agar mudah terkenal.

Seperti website mengenai profil seorang profesional semisal pengacara atau publik figur lainnya. Membuat website dengan desain tampilan yang menarik sedemikian rupa bisa untuk meningkatkan nilai jual.

Baca juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Manfaat website dalam bisnis online sangatlah besar. Anda bisa menggunakan Website yang anda bangun untuk berjualan online atau mempromosikan jasa yang anda miliki. Seperti jasa bantuan hukum, jasa desain, dan jasa lainnya.

Layanan Website Bisnis Online Gratis untuk Usaha

Jika Anda ingin serius menekuni bisnis online, menggunakan teknologi ini harus menjadi pertimbangan pertama kali. Meskipun mempromosikan produk bisa melalui sosial media, namun memiliki website akan mempermudah pelanggan mengenal produk Anda.

Cara bisnis online dengan website banyak kelebihannya. Anda cukup mempromosikan salah satu produk, maka orang bisa melihat produk lainnya di situs anda. Cukup praktis dan efektif ketimbang mempromosikan produk satu persatu seperti di sosial media.

Website Bisnis Menggunakan Blogspot

Blogspot adalah produk yang sangat familiar buatan Google. Blogspot memberikan kemampuan pengguna untuk membuat website bisnis online gratis secara mudah tanpa kemampuan programming. Anda bisa membuat alamat website gratis sebanyak Anda inginkan dari blogspot.

Baca juga: Termahal di Dunia, Domain Ini Harganya Sampai Triliunan Rupiah

Jika ingin terlihat lebih profesional, Anda bisa membeli domain sendiri dan mengarahkannya ke blogspot anda. Nantinya, website tidak lagi menggunakan embel-embel blogspot, namun hanya menggunakan nama domain Anda.

Penggunaan domain pribadi seperti tokosaya.com, tokoanda.com atau websaya.com akan membuat website mudah diingat dan membuat brand anda lebih meningkat nilainya.

Website Bisnis Menggunakan WordPress.com

WordPress.com adalah layanan yang mirip dengan blogspot atau blogger. Pengguna juga dapat dengan mudah membuat website bisnis online tanpa perlu keahlian khusus dalam bidang programming.

Anda juga bisa memilih berbagai tema yang tersedia secara gratis untuk website anda. Fitur yang tersedia juga sangat beraragam. WordPress.com juga memiliki fitur agar penggunanya bisa menggunakan domain pribadi.

Penggunaan domain pribadi jauh lebih baik khususnya untuk website bisnis online gratis ini dalam waktu jangka panjang. Semakin banyak yang melihat dan mengingat domain Anda, maka akan membuat produk Anda semakin terkenal dan meningkat omsetnya.

Membuat Website Bisnis Online dengan CMS WordPress.org

Tahukah Anda apa bedanya cms WordPress.org dan layanan WordPress.com? WordPress.org pada dasarnya merupakan script program untuk membangun website layaknya paket CMS.

Dari CMS yang telah siap ini Anda bisa membuat website bisnis online dengan mudah dan leluasa. Anda bisa mengedit tampilan sampai ke inti programnya. Anda juga bisa memodifikasi komponen lainnya sesuai kemampuan anda.

Bedanya CMS wordpress dengan layanan WordPress.com adalah fleksibilitas. WordPress.com sebenarnya juga menggunakan CMS WordPress. Hanya saja WordPress.com hanya terbatas pada modifikasi tema, konten dan domain. Tidak terlalu banyak fitur ketimbang menggunakan CMS WordPress.

Baca juga: Minat Belanja Konsumen dan Faktor yang Mempengaruhinya

Menggunakan layanan WordPress.com seperti anda membeli apartemen. Anda hanya bisa memodifikasi terbatas pada ruangan yang anda miliki. Sedangkan CMS wordpress bisa Anda modifikasi pada seluruh aspek sehingga fleksibel untuk bisnis anda.

Untuk menggunakan CMS WordPress anda memerlukan hosting dan domain. Saat ini banyak layanan hosting gratis yang terdapat di internet. Untuk domain Anda bisa membeli dengan harga murah seperti web.id atau my.id.

Bagaimana? Ternyata membangun website bisnis online tidak sulit bukan? Anda bisa mempraktikkannya sendiri. Untuk jangka panjang dan fleksibilitasnya, akan lebih baik Anda menggunakan CMS WordPress. Apalagi untuk pemula, instalasi CMS WordPress juga tergolong mudah. (R11/HR-Online)