World Clean Up Day 2020, Pelajar di Kawali Ciamis ‘Terjun’ ke Sungai

World Clean Up Day 2020
Para pelajar dari Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat bersih-bersih sungai Cikadondong dalam rangka peringatan World Clean Up Day 2020. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperingati hari bersih-bersih sedunia atau World Clean Up Day, pelajar di Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ‘terjun’ ke sungai untuk membersihkan sampah di area sungai, Sabtu (19/9/2020).

Terlihat para pelajar dari SMKN 1 Kawali, SMAN 1 Kawali, SMK Pasundan Farmasi, dan pelajar dari Panawangan. Para pelajar itu turun ke sungai Cikadondong. Lalu memungut sampah yang berserakan di sungai tersebut. Sebelum turun ke Sungai, mereka terlebih dahulu berkumpul di Pendopo Kawali.

Ketua Koordinator Kegiatan, Muhamad Farhan, mengatakan, Hari Bersih-bersih Sedunia atau lebih dikenal World Clean Up Day merupakan acara yang sudah rutin digelar sejak 3 tahun lalu.

Sebelumnya World Clean Up Day diikuti oleh 150 negara, dan digelar setiap Minggu ketiga pada bulan September.

“Kalau di Indonesia, acara ini dikelola oleh relawan yang peduli akan lingkungan. Tujuannya untuk mengajak kepada semua orang akan begitu banyaknya dan bahayanya sampah di lingkungan sekitar,” katanya.

Di Ciamis sendirin, kegiatan ini dilakukan di 5 wilayah, salah satunya di Kecamatan Kawali. Sedangkan di pusat kota Ciamis, kegiatan dipusatkan di Kelurahan Benteng, tepatnya di Sungai Cipali.

“Kalau di Kawali, salah satunya diadakan pembersihan dan pengangkutan sampah di area sungai Cikadongdong,” kata Farhan.

Selain diikuti para pelajar, peringatan Hari Bersih-bersih Sedunia ini dilakukan juga bersama oleh pemerintah desa Kawali dan Karang Taruna dari Desa Kawali.

“Kami bareng-bareng membersihkan sungai bersama pemerintahan Desa Kawali. Ada juga dari Karang Taruna Desa Kawali,” tandasnya. (Edji/R7/HR-Online)