Yamaha Tricity 300, Mesin dengan Kapasitas 292 cc 1 Silinder

Yamaha Tricity 300
Ilustrasi Yamaha Tricity 300, Foto: Istimewa

Pada tanggal 23 Oktober tahun lalu, Yamaha Tricity 300 resmi memperkenalkan dirinya pada ajang bergengsi Tokyo Motor Show 2019. Bahkan, pada waktu yang sama, Young Machine meliput motor tangguh tersebut.

Namun, pada saat itu detail spesifikasinya masih belum terlihat seluruhnya. Tak membutuhkan waktu lama, Yamaha pun mengumumkan detail spesifikasi motor ini ketika press relase 4 November 2019.

Hal menarik yang kita temukan Tricity 300 ini hadir sebagai motor roda tiga terbaru. Motor ini merupakan versi produksi massal dari motor prototype Yamaha 3CT, pada tahun lalu hadir dalam ajang yang sama.

Sebelum kita mengenal Tricity 300, sudah hadir lebih dulu Tricity 155. Antara keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, terutama dalam segi desainnya. Tricity 300 hadir dengan desain yang lebih menggoda.

Bekalan Spesifikasi Yamaha Tricity 300

Produsen motor Yamaha, memang mampu memenuhi hasrat para penggila otomotif dunia. Hal tersebut dapat kita lihat dari upayanya untuk menciptakan motor berteknologi LMW (Leaning Multi Wheel) atau roda tiga.

Teknologi kendali kemudi LMW ini telah mendapatkan desain yang lebih handal. Sehingga memberikan kemampuan untuk membuat kendaraan tersebut dapat menikung dengan sempurna.

Baca Juga : Motor Matic Baru Yahonda, Kawin Silang Yamaha NMax dan Honda Beat

Bahkan kemahirannya ini bak motor roda dua yang bisa bergerak secara fleksibel tanpa adanya halangan apapun. Bukan hanya itu saja, motor ini pun telah menjadi model keempat LMW Yamaha.

Yang mana sebelumnya kita sudah melihat motor roda tiga seperti Yamaha Niken, Yamaha Tricity 155, dan Yamaha Tricity 125. Siapa pun dapat mengendarai Yamaha Tricity 300 dengan sangat mudah.

Pasalnya, motor ini merupakan produksi pertama dari Yamaha yang mempunyai fitur sistem Tit-lock Assist. Fitur sistem ini berfungsi untuk membantu kendaraan tetap tegak.

Dengan begitu, setiap pengendaranya tidak perlu lagi menurunkan kaki ketika motor berhenti. Lalu, seperti apakah bekalan spesifikasi Tricity 300 lebih lengkapnya? Demi menemukan jawabannya, berikut ini kami rangkumkan khusus untuk anda.

Dapur Pacu

Yamaha Tricity 300 hadir dengan membawa dapur pacu yang gahar dan juga tangguh. Bukan lagi halangan medan jalan untuk memperlihatkan kelincahannya.

Tricity 300 mempunyai mesin dengan kapasitas 292 cc satu silinder. Mesin yang menjadi sumber tenaganya ini ternyata sama dengan XMAX300.

Baca Juga : Yamaha EC 05, Skuter Listrik Keren yang Bisa Diakses Pakai Kartu

Berkat mesin yang tidak ada duanya ini, mampu menghasilkan keluaran maksimum yang sama pula, yaitu 20,6 kW (28ps)/1.250 rpm. Tak cukup itu saja, mesinnya pun juga mampu menghasilkan torsi maksimum hingga berada pada angka 29Nm (2,9 kg-m)/5.750 rpm.

Meskipun Tricity 300 mengandalkan mesin yang sama dengan XMAX300, tentu saja memiliki kehebatannya sendiri. Mesin Tricity 300 tersebut berasal dari pasar Eropa.

Desain Eksterior

Masih berbicara mengenai spesifikasi Yamaha Tricity 300. Kini kita akan melihat seperti apa keelokan dari motor tangguh satu ini.

Bila kita bandingkan dengan berat dari XMAX300, Tricity 300 nampaknya memiliki bobot yang jauh lebih berat hingga 60kg. XMAX300 mempunyai berat 179kg, sedangkan untuk berat Tricity 300 mencapai 239kg.

Selain itu, Tricity 300 memiliki kapasitas tangki hingga 13L, ini akan memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya untuk melakukan pengisian bahan bakar.

Pada bagian fascia depannya, terlihat lebih modern dengan tambahan lampu depan LED yang berukuran lebar. Kemudian pada reflektornya memiliki 4 sekat, dengan artian lampu depan memiliki 4 titik lampu LED.

Baca Juga : Yamaha XT500 H20 Sepeda Motor Bertenaga Air, Benarkah Meluncur?

Yang menjadi ciri khas dari Tricity 300 adalah sepasang roda depan yang dapat mengikuti miring jalan ketika menikung. Sudah dapat kita pastikan bahwa sepasang roda depan tersebut membuat grip jauh lebih baik lagi.

Beranjak ke bagian belakang Yamaha Tricity 300, terlihat sudut yang cukup tajam menonjol keluar pada setiap sisinya. Bagian ini pun juga sama persis dengan body belakang XMAX250.

Lampu belakangnya telah mendapatkan dukungan mika full merah dengan bentuk yang sporty. Sehingga ini akan membuat tampilannya lebih manly dan pastinya semakin menawan. Lampu sein depan maupun belakang menggunakan model batangan layaknya motor sport idaman.

Sumbu Roda Depan

Tricity 300 spesifikasi Eropa, telah berhasil mengantongi lisensi untuk kendaraan roda empat. Sehingga, santer terdengar bahwa Tricity 300 mempunyai lebar sumbu roda 470mm dengan lebar 60mm.

Ukurannya ini lebih lebar bila kita bandingkan dengan Yamaha Niken yang sama-sama mendapatkan LMW. Yamaha Tricity 300 ini pun akan menjadi dambaan para pecinta kendaraan bermotor. (R10/HR-Online)

Loading...