Yamax Z400 Naked Bike, Hadir Sebagai Kembaran Kawasaki Z1000

Yamax Z400 Naked Bike
Yamax Z400 Naked Bike, Foto: Istimewa

Nama Yamax Z400 Naked Bike akhir-akhir ini tengah menjadi buah bibir, terutama kalangan para pencinta otomotif. Ketika mendengar namanya saja mungkin bagi orang awam hanya akan merasa bingung dengan motor yang satu ini.

Namun, setelah melihat bentuk secara visualnya, maka setiap orang akan langsung menyadari bahwa motor ini bukan motor sembarangan. Pasalnya, motor ini secara desain sangat mirip dengan super bike keluaran Kawasaki, yaitu seri Z1000 yang tengah viral.

Baca Juga: BMW C Evolution, Kecepatan Maksimal 85 mph atau 136 km/h

Bekalan Spesifikasi Yamax Z400 Naked Bike

Kata Yamax tentu saja terdengar asing bagi telinga para penggemar motor. Bahkan keberadaan motor yang satu ini masih cukup jarang kita jumpai.

Namun, kabarnya seri Yamax ini merupakan buatan dari pabrikan yang membuat motor viral MotoS450RR. Motor viral yang menyaingi super bike handal keluaran BMW, S1000RR.

Sebenarnya seperti apa motor yang satu ini dan bagaimana kekuatannya bila kita banding dengan seri orinya, Kawasaki Z1000. Berikut ulasan lengkap Z400 Naked Bike khusus untuk anda.

Desain

Sudah dijelaskan sebelumnya, secara desain motor yang satu ini memang mempunyai penampakan fisik yang mirip sekali dengan Kawasaki Z1000. Mulai dari bagian depan hingga ke bagian lampu depan, semuanya benar-benar mengambil desain dari Z1000.

Saat kita lihat dari samping, juga tidak ada perbedaan yang signifikan antara Yamax Z400 Naked Bike dengan Kawasaki Z1000. Model tangki bensin, jok tempat duduk, hingga exhaustnya semua seperti anak kembar dari Kawasaki Z1000.

Meski terlihat jelas, sebagian orang bakal memberikan penilaian antara keduanya. Nampaknya justru dari kesamaan tersebut motor ini bisa kita bilang menarik. Terlebih lagi kabarnya motor yang satu ini merupakan versi ekonomis dari Kawasaki Z1000 yang notabenenya impian seluruh pencinta otomotif.

Jantung Mekanik

Jika bicara soal kemiripan dengan Kawasaki Z1000, perbedaan mencolok justru terasa pada mesin Yamax Z400 Naked Bike ini. Pasalnya, jika dari segi desain motor ini terlihat sangat powerfull, nampaknya kesan tersebut tidak terlalu terlihat dari segi jantung pacunya.

Kabarnya motor ini memuat mesin dua silinder yang berkapasitas 400 cc. Jika motor ini anda gunakan untuk melibas jalanan, maka mesin tersebut kabarnya mampu menghasilkan top speed mencapai 154 km/jam.

Baca Juga: SYM Joymax Z300, Benarkah Akan Menjadi Penantang Yamaha XMAX?

Motor Kawasaki Z1000 yang menjadi role model Z400 Naked Bike tentu mempunyai mesin yang lebih kuat daripada motor yang satu ini. Hal tersebut nampak dari mesin empat silinder berkapasitas 1043 cc dan bertenaga hingga 140 dk.

Namun, untuk melibas jalanan Tanah Air, nampaknya kecepatan motor Yamax ini sudah sangat mencukupi bukan? Terlebih lagi secara desain motor ini tentu sudah menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Fitur Lain

Untuk fitur-fitur lain dari Yamax Z400 Naked Bike, belum ada informasi lebih lanjut yang dapat kita gali. Namun, mengingat motor ini mempunyai desain mirip dengan Kawasaki Z1000, kemungkinan dari segi fitur keduanya juga tidak akan terlalu berbeda jauh.

Yang jelas, jika melihat dari kekompakan body dan karakteristik jantung pacunya, motor yang satu ini sepertinya bakal memberikan kenyamanan saat berkendara. Selain itu, motor ini juga sangat menarik untuk kita gunakan berkeliling jalanan kota.

Tanggal Rilis dan Harga

Motor ini kabarnya sudah dapat anda beli, akan tetapi belum masuk ke pasaran Indonesia. Untuk saat ini, motor ini sempat masuk pasar Universe Maroc di Maroko, Afrika.

Mengingat produsen dari Yamax Z400 Naked Bike yang belum jelas, maka belum bisa kita pastikan motor ini akan bisa dinikmati oleh para penggemar motor Tanah Air. Namun ada kabar gembira dari balik kabar menyedihkan tersebut.

Menurut kabar yang beredar, motor Yamax ini memiliki harga yang sangat miring atau dengan kata lain lebih terjangkau. Para penggemar motor hanya perlu menyiapkan mahar senilai 38,9 ribu dirham atau sekitar 61,8 juta rupiah saja.

Jelas angka ini jauh lebih murah ketimbang seri motor Kawasaki Z1000. Indonesia sendiri, Kawasaki Z1000 kabarnya memiliki kisaran harga 349 jutaan.

Hal tersebut berarti, jika anda membeli Yamax Z400 Naked Bike, bisa hemat lebih dari 200 juta rupiah. Tentu bukan pilihan yang buruk bukan? Mengingat perbedaan antara keduanya hanya sebatas dari segi mesin saja. (R10/HR-Online)