Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita Ciamis23 Kontak Erat Covid-19 di Ciamis Negatif, 3M Tetap Dijalankan

23 Kontak Erat Covid-19 di Ciamis Negatif, 3M Tetap Dijalankan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 23 orang warga di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis tercatat sebagai kontak erat. Namun, berdasarkan hasil tes swab, semua kontak erat tersebut negatif Covid-19.

Sehingga ke-23 warga tersebut tidak lagi melakukan isolasi mandiri. Karena isolasi untuk kontak erat Covid-19 dilakukan sampai hasil swab keluar. Setelah hasil swab keluar, ke-23 warga tersebut bisa beraktifitas seperti biasanya.

“Meski hasil swab negatif Covid-19, namun semua warga yang kemarin menjalani isolasi mandiri harus tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan setiap hari. Mereka wajib terus melakukan program 3M,” ungkap Gurlia Bayurini, Apt., MM, KPM Kecamatan Baregbeg ketika ditemui HR Online, Rabu, (7/10/2020).

Gurlia melanjutkan, untuk wilayah Kecamatan Baregbeg pihaknya terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan dengan sabun yang mengalir) oleh petugas kesehatan di desa masing-masing.

“Jangan sampai meski sudah memiliki sertifikat hasil swab, tapi jadi tidak menjalankan protokol kesehatan. Karena kita tidak tahu sampai kapan pademi ini akan berakhir, maka kami mengajak kepada seluruh warga untuk terus menjaga kesehatan,” katanya.

Gurlia mengungkapkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, sebagai upaya dalam melakukan pencegahan dan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Baregbeg.

“Kepada warga yang sudah diswab supaya bisa mengajak kepada warga lain untuk menerapkan 3M di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Ia pun mengaku kesulitan dalam mengubah pola pikir warga. Akan tetapi apabila sosialisasi dilakukan secara bersama-sama pada akhirnya akan tertanam perilaku menjaga pola hidup sehat.

“Terutama pada masa pandemi penyebaran virus Covid-19 ini, siapa saja bisa terpapar,” katanya.

Namun, menurutnya, banyak cara untuk melakukan pencegahan. Karena itu perlu kerja semua pihak. Tidak hanya petugas kesehatan, tetapi juga didukung oleh warga masyarakat.

“Kita berharap untuk wilayah Kecamatan Baregbeg tidak ada lagi warga yang terpapar Covid-19. Makanya kami menekankan protokol kesehatan jalankan setiap hari,” jelasnya. (ES/R7/HR-Online)

- Advertisment -