5 Keunggulan Nasi Merah Dibanding Nasi Putih, Apa Saja?

5 keunggulan nasi merah jauh lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. Foto: Net/Ist.
5 keunggulan nasi merah jauh lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. Foto: Net/Ist.

5 keunggulan nasi merah jauh lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. Sehingga tak heran jika sekarang ini mulai banyak orang yang beralih dari konsumsi nasi putih ke nasi merah.

Untuk mendapatkan energi, setiap harinya tubuh kita butuh asupan karbohidrat. Banyak masyarakat Indonesia yang memilih jenis karbohidrat dari nasi putih.

Mengonsumsi nasi putih yang masih hangat dengan lauk apa saja memang paling enak. Bahkan terkadang kita sampai tidak sadar sudah menambah nasi berapa kali.

Walapun tubuh butuh asupan karbohidrat, tapi tidak baik jika jumlah asupan karbohidrat terlalu berlebihan. Karena, karbohidrat bakal diubah menjadi glukosa dalam tubuh.

Namun, glukosa yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan naiknya berat badan yang memicu terjadinya obesitas. Bahkan yang lebih berbahaya lagi bisa memicu munculnya penyakit gula darah.

Baca Juga : 14 Jenis Buah Untuk Penderita Diabetes yang Baik dan Disarankan

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa keunggulan dari nasi merah daripada nasi putih yang perlu kamu ketahui.

5 Keunggulan Nasi Merah Dibanding Nasi Putih

Memiliki Kandungan Serat Lebih Tinggi

Dalam proses memproduksi beras merah biasanya tidak membuang bagian kulitnya. Oleh sebab itulah beras merah menjadi salah satu bahan makanan pokok yang paling bernutrisi.

Beras merah dalam takaran satu gelas itu mengandung 218 kalori, 1,8 gram lemak, 4.5 gram protein, 45,8 gram karbohidrat, dan 3,5 gram serat.

Sedangkan, beras putih dalam takaran satu gelasnya mengandung 242 kalori, 53,2 gram karbohidrat, 4,4 gram protein, 0,6 gram serat, dan 0.4 gram lemak.

Jadi, kandungan serat dalam beras merah jauh lebih tinggi, namun dengan kalori yang lebih rendah daripada nasi putih.

Baca Juga : Sering Makan Nasi Sisa Kemarin? Awas Bahayanya!

Mengandung Lebih Banyak Vitamin

5 Keunggulan nasi merah daripada nasi putih salah satunya mengandung lebih banyak vitamin. Beras merah menjadi sumber thiamine, vitamin B6, dan niacin yang baik.

Dalam satu porsi beras merah terkandung 2,6 mg niacin, 0,2 mg thiamine, dan 0,3 mg vitamin B6. Beberapa jenis beras putih juga mengandung vitamin B, namun biasanya akan hilang pada saat pengolahan.

Kandungan Mineral Lebih Tinggi

Baca Juga : Hati-hati! Sering Konsumsi Makanan Ini Bisa Picu Gejala Depresi

Kandungan mineral yang lebih tinggi menjadi salah satu dari 5 keunggulan nasi merah. Dalam satu porsi beras merah mengandung 86 mg magnesium serta 150 mg fosfor.

Sedangkan, dalam satu porsi beras putih hanya mengandung 69 mg fosfor dan 24 mg magnesium. Untuk daya tahan tubuh, jantung, dan saraf sangat membutuhkan magnesium. Sementara kebutuhan fosfor untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan fungsi ginjal.

Indeks Glikemik Lebih Rendah

Berdasarkan jurnal tahun 2006 dari International Journal of Food Science and Nutrition, menyebutkan, orang yang mengonsumsi nasi merah dalam tubuhnya mempunyai kadar gula darah lebih rendah, daripada orang yang mengonsumsi nasi putih.

Hal itu karena indeks glikemik dalam beras merah lebih rendah, yakni sekitar 55. Sedangkan indeks glikemik dalam beras putih angkanya mencapai 86.

Yang memengaruhi rendahnya indeks glikemik pada beras merah adalah kandungan serat, phytic acid, dan polifenol yang jumlahnya lebih tinggi.

Itulah 5 keunggulan nasi merah yang jauh lebih sehat daripada nasi putih. Karena alasan tersebut kini mulai banyak orang yang beralih lebih memilih mengonsumsi nasi merah. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah