78 Wisatawan Reaktif Rapid Test saat Berwisata di Jabar

78 Wisatawan di Jabar Reaktif Rapid Test saat Berwisata
Operasi gabungan dan pelaksanaan rapid test di Kabupaten Pangandaran dan Bandung Barat. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat (Jabar) melakukan operasi gabungan bersama 14 Pemerintah Kota/Kabupaten saat libur panjang dan cuti bersama, Sabtu (31/10/2020). Petugas melaksanakan rapid test di lokasi wisata. Hasilnya sebanyak 78 wisatawan reaktif rapid test.  

Petugas langsung melakukan swab test bagi wisatawan yang reaktif rapid test. Mereka kemudian harus melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab keluar. Petugas juga akan menyampaikan data wisatawan tersebut ke instansi pemerintah sesuai domisilinya masing-masng.

Operasi gabungan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ketika libur panjang dan cuti bersama. Operasi akan berlangsung sampai Minggu (1/11/2020). Satgas Penanganan Covid-19 Jabar mengimbau warga yang akan berwisata selalu menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker.  

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan jabar Mario Siagiani mengatakan penerapan protokol kesehatan yang ketat menjadi pelindung cegah Covid-19.  Terutama saat berada pada tempat yang menimbulkan kerumunan.

“Pakai masker sesuai ketentuan, tidak menurunkan masker ke bawah hidung atau dagu,” ucapnya.

Ada 54 destinasi wisata dari 14 Kabupaten/Kota tempat berlangsungnya operasi gabungan saat libur panjang ini. Hasil sementara ada 78 warga yang reaktif rapid test. Lokasi wisata yang menjadi perhatian, antara lain, kawasan Lembang Bandung, Ciwidey Bandung, Ciater Subang, Puncak Bogor dan Pantai Selatan Jabar.

Satgas Penanganan Covid-19 Jabar pun melibatkan aparat kewilayahan mulai dari Kecamatan, Desa/Keluarahan hingga RT/RW. Petugas pun langsung melaporkan segala temuan dan perkembangan yang ada selama operasi gabungan.

“Dengan kegiatan ini kita terus melakukan pemetaan penyebaran dan mengendalikan peningkatan kasus Covid-19 setelah libur panjang dan cuti bersama selesai,” ucapnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang