Alarm HP Tidak Berfungsi, Inilah Cara Mengatasinya!

Alarm HP Tidak Berfungsi
Ilustrasi Alarm HP Tidak Berfungsi, Foto: Istimewa

Ketika kita mendapati alarm HP tidak berfungsi, sudah pasti ini menjadi sebuah masalah. Sebab, alarm HP ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk aktivitas kita setiap harinya.

Maka dari itulah, bagi pengguna yang sering menggunakannya, ketika terjadi gangguan pastinya akan merasa kebingungan. Alarm sering kita gunakan sebagai pengingat waktu, dengan harapan kita tidak lupa dengan sesuatu atau menjadi lebih disiplin dalam menggunakan waktu tersebut.

Baca Juga : Android Sering Kembali ke Menu Utama, Simak Cara Mengatasinya!

Misalnya saja, ketika kita tidur dan ingin bangun lebih pagi, maka alarm ini bisa membantu kita. Hanya dengan mengatur jam pada alarm, setelah itu alarm akan berbunyi setelah menunjukkan jam tertentu.

Cukup mudah untuk mengaktifkan alarm pada HP Kita. Pertanyaannya sekarang, bagaimana jika alarm tersebut mati atau tidak berfungsi sama sekali. Lalu, bagaimana kita memperbaikinya?

Cara Mengatasi Alarm HP Tidak Berfungsi

Sebenarnya, gangguan pada alarm tersebut tidak terjadi begitu saja. Sudah pasti ada faktor yang menjadi penyebabnya.

Apabila alarm anda tidak sedang dalam kondisi mati tetapi tidak berfungsi, ada kemungkinan dipicu oleh berbagai hal, antara lain seperti volume alarm yang dimatikan, baik itu sengaja maupun tidak sengaja.

Selain itu, juga karena alarm anda matikan dalam kondisi mode Do not disturb mode. Fungsi Repeat yang juga mati dan fungsi Ring gently tidak aktif.

Kemudian juga karena aplikasi jam tidak termasuk ke dalam daftar perlindungan Mobile Manager. Sehingga, jam tersebut tidak berfungsi saat Super Boost anda aktifkan.

Alarm HP tidak berfungsi juga bisa karena pengaturan jam alarm yang tereset ulang setelah HP tersebut update sistem. Pemicu dan penyebab ini penting untuk kita perhatikan jika tidak ingin terjadi gangguan pada alarm HP tersebut.

Akan tetapi, jika sudah terlanjur pun, anda tidak perlu merasa panik. Pasalnya, ada cara mudah dan cepat untuk memperbaikinya.

Mau tahu seperti apa langkah-langkah yang bisa kita lakukan? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya untuk anda ikuti! Pastikan anda memahaminya dengan baik agar dapat menerapkannya.

Mengaktifkan Pengaturan pada Volume Alarm

Apakah anda masing ingat, apa salah satu penyebab alarm mengalami gangguan atau menjadi tidak berfungsi? Benar, karena volume alarm tidak aktif, sehingga alarm pun juga tidak berfungsi dengan semestinya.

Baca Juga : Kecerahan Layar Android Tidak Berfungsi, Simak Cara Mengatasinya!

Cara mengatasinya, kita dapat mengaktifkan pengaturan volume alarm tersebut. Tak perlu berlama-lama berikut ini adalah langkah yang bisa anda ikuti agar alarm HP tidak berfungsi bisa anda atasi.

  1. Pertama, silahkan anda menjalankan “Clock”
  2. Setelah itu, klik “Alarm”. Anda bisa menemukannya dengan ikon alarm.
  3. Langkah selanjutnya adalah klik “Pengaturan Alarm”. Jika anda bingung mencarinya, bentuknya seperti roda bergerigi
  4. Kemudian, cari dan ketuk “Alarm volume”
  5. Anda bisa menggeser slider volume tersebut untuk meningkatkan volume
  6. Langkah terakhir klik “Ok”, dan alarm anda pun akan kembali berfungsi

Mengaktifkan Fungsi Repeat

Apakah saat ini alarm HP tidak berfungsi dengan baik? Mungkin saja salah satu faktor pemicunya adalah karena fungsi Repeat yang mati, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Tentu saja untuk untuk memperbaikinya anda harus mengaktifkan fungsi Repeat tersebut. Ada satu hal yang sangat penting untuk anda perhatikan.

Fungsi Repeat atau pengulangan pada alarm yang baru saja anda atur, sejatinya tidak akan aktif dengan sendirinya secara default. Apabila anda ingin mengatur alarm tersebut, terutama setiap hari atau pada hari tertentu saja, maka silahkan aktifkan fungsi Repeat.

Langkah yang bisa anda lakukan pun juga tak kalah mudah dari cara sebelumnya. Simak langkah-langkahnya berikut ini, dan alarm HP tidak berfungsi bisa anda tangani dengan baik.

  1. Langkah pertama, silahkan jalankan “Clock”
  2. Setelah itu, klik “Alarm” dan silahkan pilih alarm yang ingin anda ulangi
  3. Lalu klik “Repeat”
  4. Kemudian anda pilih rentang waktu tersebut
  5. Terakhir, klik “Tanda anak panah” yang terletak pada pojok kiri atas agar anda dapat kembali ke layar sebelumnya. Langkah pun selesai

Ada beberapa catatan ketika menggunakan cara ini. Anda bisa dengan leluasa memilih hari apapun itu, caranya dengan memilih “Weekly” pada layar Repeat. Sedangkan rentang waktu yang lain tidak bisa anda ubah, karena merupakan default dari sistem. Bagaimana menurut anda, mudah bukan memperbaiki alarm HP tidak berfungsi?. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Ganti Bahasa Android, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini