Memilih Alas Bedak untuk Kulit Berminyak Agar Make Up Tidak Rusak

alas bedak uMemilih Alas Bedak untuk Kulit Berminyak Agar Make Up Tidak Rusakntuk kulit berminyak
Ilustrasi Alas Bedak untuk Kulit Berminyak. Foto: Ist/net

Memilih alas bedak untuk kulit berminyak tidak bisa sembarangan. Jenis kulit ini mudah mengeluarkan keringat sehingga akan membuat alas bedak yang tidak cocok akan mudah luntur.

Agar alas bedak yang Anda gunakan dapat membuat wajah terlihat cantik dan menarik sangat penting untuk memilih alas bedak yang tepat. Sayangnya, tidak setiap jenis bedak ini cocok dan sesuai untuk setiap wanita.

Salah satu faktor penting yang perlu Anda tahu sebelum memilih bedak adalah mengenal jenis dan karakter kulit wajah Anda. Apalagi setiap orang memiliki jenis kulit yang berlainan.

Kulit berminyak terkenal sebagai jenis kulit yang sering menimbulkan masalah dan sulit untuk mengaturnya. Minyak kulit ini bisa membuat riasan mudah luntur. Karena itu Anda harus teliti dalam memilih alas bedak untuk kulit berminyak.

Kulit berminyak memiliki tanda banyaknya minyak yang keluar dari kulit wajah. Kelenjar pada kulit jenis ini memang mampu menghasilkan minyak secara berlebihan. Kondisi ini pula yang membuat kulit dan wajah selalu berminyak.

Baca juga: Ingin Ketiak Hitam Jadi Putih dan Cerah? Gunakan Cara Alami Ini!

Kulit berminyak juga rentan mengalami jerawat atau gangguan kulit lainnya. Memilih alas bedak yang salah justru akan membuat jerawat semakin merajalela. Kulit juga bisa mengalami iritasi atau gangguan kulit lainnya.

Karena itu sangat penting dalam memilih alas bedak yang sesuai dengan jenis kulit agar riasan tidak malah menjadi berantakan. Selain itu alas bedak yang tepat juga akan membuat make up tahan lama dan hasilnya lebih optimal.

Cara Memilih Alas Bedak untuk Kulit Berminyak

Memilih bedak untuk kulit berminyak sangat penting agar tampilan wajah Anda terlihat sempurna. Alas bedak yang tepat juga penting agar proses merias berjalan efisien dan lebih cepat.

Lantas bagaimana cara terbaik dalam memilih alas bedak yang tepat untuk kulit berminyak? Yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Alas Bedak Bubuk

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, alas bedak terbaik yang sebaiknya Anda gunakan adalah jenis bedak bubuk. Bedak bubuk mampu menyerap minyak yang keluar dari kulit wajah.

Produk bedak bubuk merupakan jenis alas bedak paling ideal untuk anda yang memiliki kulit berminyak. Bedak bubuk juga berguna untuk menjaga dalam mengontrol minyak agar tidak melebar dan merusak make up.

Jenis bedak ini juga mudah penggunaannya sehingga proses riasan juga tidak akan lama. Dengan menggunakan alas bedak bubuk akan memberikan hasil make up yang lebih halus dan tahan lama.

Alas Bedak Cair

Alas bedak cair umumnya lebih banyak yang menyukai karena memberikan hasil riasan yang lebih bagus. Namun jenis bedak ini umumnya mengandung minyak, sehingga justru akan membuat wajah berminyak malah banyak mengandung minyak.

Baca juga: Kesalahan Cara Pemakaian dalam Menggunakan Pelembab Wajah

Tidak semua jenis bedak cair merupakan alas bedak yang cocok untuk kulit berminyak yang baik. Sebaliknya, ada juga jenis bedak cair yang bisa Anda gunakan, meskipun jenis kulit Anda berminyak.

Apalagi jika Anda lebih merasa nyaman dan cocok dengan jenis alas bedak cair, sebaiknya pilih bedak berbasis air namun bebas minyak. Jenis bedak ini lebih ringan pada kulit dan tidak membuat wajah kelebihan minyak.

Sesuaikan dengan Tujuan

Selain pada jenis bedaknya, memilih alas bedak yang cocok untuk kulit berminyak juga perlu Anda sesuaikan dengan tujuan atau tampilan akhir seperti apa yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin terlihat simpel atau ingin tampil menyala.

Tampilan wajah yang berkilau justru menguatkan tampilan wajah Anda yang berminyak. Sebaliknya, Anda perlu memilih make up dengan hasil matte atau semi-matte yang memberikan kesan yang lebih natural.

Sesuaikan dengan Warna Kulit

Memilih alas bedak untuk kulit berminyak adalah menyesuaikannya dengan warna kulit Anda. Dengan warna bedak yang sesuai akan membuat kulit terlihat menyatu. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan riasan dengan lebih baik.

Baca juga: Skincare Multifungsi Wajib Punya saat Pandemi! Hemat Tapi Tetap Cantik

Sebaliknya, memilih alas bedak yang warna berbeda atau malah kontras dengan kulit justru akan lebih menonjolkan kelemahan pada riasan Anda. Bahkan tak jarang warna pucat atau pecah-pecah make up akan menjadi lebih terlihat.

Demikianlah beberapa tips penting dalam memilih alas bedak untuk kulit berminyak. Memilih bedak yang tepat bukan saja akan membuat proses merias menjadi lebih mudah dan cepat, namun hasilnya juga akan lebih cantik alami. (R11/HR-Online)

Editor: Karwati Putu Latief