Amati Hama Tanaman Padi, Petugas POPT Kawali Ciamis Turun ke Sawah

Amati hama tanaman padi, petugas POPT Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, langsung turun ke sawah. Foto: Ilustrasi/Net.
Amati hama tanaman padi, petugas POPT Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, langsung turun ke sawah. Foto: Ilustrasi/Net.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Amati hama tanaman padi, petugas POPT Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, langsung turun ke sawah. Petugas Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) itu melakukan pengamatan tanaman di Blok Sawah Lungguh, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kamis (01/10/2020).

Petugas POPT Kawali, Opik, melakui PPL setempat, Andri, menjelaskan, dalam budidaya tanaman padi perlu memperhatikan dengan baik bagaimana cara merawatnya. Mulai dari masa tanam hingga waktunya panen.

Selain harus melaksanakan panca usaha tani, petani juga bisa melakukan perawatan tanaman padi dengan cara membersihkan lahan dari gulma.

Baca Juga : Hama Wereng Serang Tanaman Padi, Petani di Banjar Merugi

“Harus rutin melakukan pengamatan pada tanaman padi. Terutama kondisi airnya, apakah terpenuhi atau tidak. Selain itu, juga pada aspek hama dan penyakit, sebab akan berpengaruh terhadap hasil produksi. Bahkan bisa merugi kalau tidak segera tertangani,” terangnya.

Ia mengatakan, mengamati tanaman padi bertujuan untuk membantu meminimalisir terjadinya serangan hama dan penyakit. Dengan rutin melakukan pengamatan setidaknya bisa mengetahui gejala hama dan penyakit. Sehingga bisa langsung melakukan pengendalian.

Andri menambahkan, berdasarkan hasil dari pengamatan, tanaman padi di Blok Sawah Lungguh terbebas dari hama dan penyakit. Pihaknya berharap, sampai memasuki masa panen nanti bisa terbebas dari hama. Sehingga para petani bisa panen dengan untung yang berlimpah. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah