Aplikasi Belajar Tanpa Bayar, Belajar Online Saat Pandemi Lebih Efektif

Aplikasi belajar tanpa bayar
Ilustrasi Aplikasi belajar tanpa bayar. Foto Istimewa

Aplikasi belajar tanpa bayar dapat menjadi solusi tepat dalam mempermudah pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19.

Beberapa platform pembelajaran daring atau belajar online sudah banyak tersedia serta mudah untuk diakses oleh para siswa maupun guru Indonesia.

Melalui smartphone Android dan iPhone yang anda miliki, saat ini anda dapat belajar dengan akses internet atau e-learning secara gratis. Dengan adanya aplikasi ini, dapat membantu para siswa dalam proses belajar di rumah.

Sehingga tetap dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang mata pelajaran tertentu. Para siswa dapat memiliki aplikasi belajar untuk semua mata pelajaran, baik aplikasi belajar offline ataupun aplikasi belajar yang telah disediakan oleh Kemendikbud.

Daftar Aplikasi Belajar Tanpa Bayar

Demi mendukung aktivitas belajar mengajar secara online selama pandemi saat ini, telah hadir aplikasi belajar online secara gratis yang dapat anda gunakan.

Berikut ini daftar aplikasi belajar yang dapat anda akses tanpa menggunakan biaya, antara lain:

Google Classroom

Aplikasi belajar gratis tanpa adanya biaya yang pertama adalah Google Classroom. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan besutan dari perusahaan raksasa IT, Google.

Dalam hal ini, Google turut andil dalam menyukseskan kegiatan belajar mengajar secara online pada masa pandemi saat ini. Aplikasi Google Classroom lebih populer dengan sebutan Google Kelas ini akan terhubung dengan akun Gmail.

Hal ini akan memudahkan anda dalam belajar online, terutama bagi anda yang menggunakan OS Android. Google Classroom memiliki tampilan seperti forum, yang mana guru dan murid dapat berinteraksi melalui aplikasi ini. Seperti dalam mengerjakan tugas, memberi nilai, sampai dalam hal berkonsultasi.

Baca Juga: Aplikasi Feed Instagram, Jadikan Instagram Lebih Estetis dan Rapi

Rumah Belajar

Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar tanpa bayar yang diluncurkan oleh Kemendikbud. Dalam aplikasi ini berisi tentang konten belajar yang dapat dimanfaatkan oleh para pendidik serta peserta didik mulai dari PAUD, Sekolah Dasar, hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan sebagai sumber media pembelajaran.

Dalam aplikasi ini, hadir beragam fitur yang dapat menjadi alternatif sumber belajar berbasis teknologi. Fitur tersebut antara lain Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, Bank Soal, serta Buku Sekolah Elektronik.

Beragam fitur tersebut dapat bermanfaat untuk para siswa, guru, serta orang tua yang akan membimbing anak mereka secara gratis.

Ruang Guru

Ruang Guru merupakan salah satu program sekolah online gratis yang tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti. Aplikasi ini hadir dengan kurikulum nasional serta memperoleh panduan oleh guru yang ada dalam aplikasi Ruang Guru.

Aplikasi belajar tanpa bayar satu ini menyediakan les privat secara online. Ruang Guru merupakan aplikasi belajar online dengan solusi terlengkap untuk mengatasi kesulitan belajar anda.

Aplikasi ini berasal dari para pengajar yang telah berpengalaman. Dalam aplikasi Ruang Guru, anda dapat melakukan sesi tanya jawab dengan tutor serta guru secara langsung, baik via chat ataupun video call.

Selain itu, dalam aplikasi ini tersedia banyak video belajar yang dapat anda gunakan untuk mempersiapkan ujian yang dapat anda saksikan setiap saat.

Baca Juga: Aplikasi Zoom Gratis atau Berbayar, Perbedaan dan Fitur Keamanannya

Edmodo

Aplikasi belajar tanpa bayar selanjutnya adalah Edmodo. Aplikasi ini memiliki tampilan serta beragam fitur menarik yang dapat menghubungkan antara siswa, guru, serta orang tua untuk tahu kegiatan belajar mengajar.

Selain memberi materi serta penugasan, para guru juga dapat memperoleh survei dari metode pembelajaran yang mereka lakukan dari aplikasi Edmodo. Aplikasi ini juga hadir dengan fitur pesan yang dapat menghubungkan siswa serta guru secara personal.

Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi belajar tanpa bayar selanjutnya yang dapat menjadi pilihan yang pas bagi anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat memberi kemudahan bagi para siswa dalam belajar bahasa Inggris serta bahasa asing lainnya.

Belajar bahasa asing dengan menggunakan aplikasi Duolingo memungkinkan anda untuk belajar langsung bersama penutur asli bahasa tersebut melalui video atau streaming.

Selain itu, dalam aplikasi ini menyediakan latihan membaca, membuat terjemah, dan mendengarkan bahasa asing yang telah anda pelajari sebelumnya. Sehingga anda pun dapat meningkatkan kemampuan belajar secara lebih baik.

Dengan hadirnya aplikasi belajar tanpa bayar, maka akan semakin mempermudah proses belajar siswa selama masa pandemi Corona. Masih banyak lagi aplikasi sejenis yang dapat anda manfaatkan, sehingga belajar online anda akan lebih efektif dan efisien. (R10/HR Online)

Editor: Jujang