Aplikasi Belajar Zenius, Belajar Online Lebih Praktis dan Gratis

Aplikasi Belajar Zenius
Ilustrasi Aplikasi Belajar Zenius. Foto Istimewa

Aplikasi belajar Zenius dapat menjadi solusi tepat untuk anda yang ingin belajar di mana dan kapan saja. Zenius merupakan layanan pembelajaran online yang dapat anda akses secara offline.

Zenius Education hadir sebagai lembaga pembelajaran online yang sudah berdiri sejak tahun 2007. Kini lembaga tersebut memiliki Zenius App, yang merupakan layanan belajar lengkap serta praktis.

Hal ini tentunya sangat sesuai anda gunakan pada masa-masa tahun ajaran seperti saat ini. Dengan menggunakan Zenius, dapat menjawab berbagai tantangan dalam belajar. Tertarik menggunakan aplikasi ini? Berikut akan kita bahas seluk-beluk mengenai Zenius App secara lebih lengkap.

Baca Juga: Aplikasi Cek Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta, Berikut Cara dan Ketentuannya

Mengenal Aplikasi Belajar Zenius

Selama masa pandemi Covid-19 saat ini, aplikasi belajar online sedang marak. Dengan demikian, para penciptanya mencoba memanfaatkan masifnya penggunaan gadget dalam kalangan pelajar.

Dalam hal ini, mereka menawarkan berbagai program untuk membantu belajar secara daring. Saat ini telah banyak para penyedia aplikasi belajar online.

Aplikasi tersebut antara lain Prime Mobile, Ruang Guru Zenius Education, Quipper, dan lain sebagainya. Pada umumnya aplikasi belajar online akan menampilkan video tutorial beragam materi. Mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Zenius merupakan salah satu layanan pembelajaran online yang datang dalam bidang education technology. Dalam aplikasi ini ada kanal belajar dalam jaringan online bagi para siswa sekolah dasar hingga menengah ke atas.

Sama halnya dengan les mata pelajaran, maka siswa harus menjadi anggota berbayar untuk dapat mengakses materi pembelajaran yang terdapat pada Zenius.

Baca Juga: Aplikasi Penyedot Kuota, Berikut Daftar dan Cara Mengatasinya

Keunggulan Aplikasi Belajar Zenius

Pada Mei 2019 lalu, Zenius bekerjasama dengan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan tujuan untuk membantu pendidikan pada daerah tertinggal.

Dalam hal ini, aplikasi Zenius memasang metode online to offline (O2O). Dengan adanya teknologi ini, maka para siswa tetap dapat akses materi pembelajaran tambahan pada platform Zenius meskipun tidak adanya sambungan internet.

Proyek perdana Zenius bersama Kemendes PDTT ini berlangsung pada 15 sekolah yang berada pada Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Sekolah yang berada pada wilayah ini akan memperoleh server supaya dapat mengakses materi pelajaran dari aplikasi belajar Zenius. Dengan adanya teknologi ini, maka dapat membantu memajukan edukasi pada wilayah tersebut.

Dalam Zenius, memiliki ribuan materi serta video pembelajaran. Dengan materi yang cukup beragam mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA, dalam kurikulum KTPS, kurikulum 2013, serta kurikulum 2013 revisi.

Selain materi belajar, dalam aplikasi ini juga mempunyai soal ujian sekolah, ujian nasional, serta seleksi masuk perguruan tinggi.

Aplikasi Zenius dikemas sedemikian rupa dengan tujuan agar mudah diakses dengan menghemat kuota. Selain itu, Zenius memiliki ukuran yang kecil, yakni 20MB.

Menariknya lagi, penggunaan aplikasi Zenius akan tetap stabil meskipun konektivitas yang pengguna miliki hanya sebatas 2G, 3G atau bahkan EDGE.

Baca Juga: Aplikasi Konsultasi Psikologi Gratis Pecahkan Beban Pikiran dan Batin

Cara Memanfaatkan Aplikasi Belajar Zenius

  1. Untuk dapat menggunakan aplikasi Zenius, maka anda dapat mendownloadnya pada Google Play atau App Store.
  2. Selanjutnya buka Zenius App serta daftar atau login ke akun Zenius.
  3. Dalam hal ini, anda dapat masuk dengan menggunakan akun media sosial yang anda miliki. Atau masuk dengan menggunakan alamat email serta password yang telah anda buat sebelumnya.
  4. Pada saat anda sampai pada homepage Zenius, maka anda akan melihat bagian atas terdapat banner mengenai verifikasi nomor HP, lalu klik untuk dapat masuk ke halaman tersebut.
  5. Selain itu, anda juga dapat masuk ke halaman verifikasi pada menu profile account yang terdapat pada kanan bawah.
  6. Langkah berikutnya dalam menggunakan aplikasi belajar Zenius, anda dapat memasukkan nomor HP anda yang aktif dan tunggu kode verifikasi dari aplikasi Zenius.
  7. Dalam hal ini, Zenius akan mengirim 4 digit kode verifikasi untuk anda yang akan dikirim melalui SMS. Setelah anda menerima kode verifikasi, masukkan kode OTP yang anda terima tersebut lalu klik kirim ulang.
  8. Setelah berhasil, maka anda dapat akses Zenius secara mudah untuk mendukung aktivitas belajar daring anda.

Aplikasi belajar Zenius dapat memberikan pengalaman menambah ilmu lebih baik. Selain itu, para siswa lebih tertarik untuk belajar serta mampu mempersiapkan diri dalam menghadapi beragam jenis ujian sekolah atau nasional. (R10/HR Online)

Editor: Jujang