Aplikasi Catat Meter Terpusat, Hadirkan Hasil Akurat Bagi Petugas PLN

Aplikasi Catat Meter
Ilustrasi Aplikasi Catat Meter. Foto Istimewa

Aplikasi Catat Meter merupakan aplikasi berbasis Android serta website yang dikhususkan bagi petugas pencatat meter listrik. Dengan hadirnya aplikasi ini, dapat mempermudah petugas dalam proses membaca serta mencatat meteran listrik secara digital.

Hasil catat dari aplikasi ini lebih akurat serta memiliki fitur Tag GPS dan Foto. Fitur tersebut dapat menjadi bukti proses membaca dan mencatat meteran listrik konsumen telah dilakukan dengan baik.

Aplikasi Catat Meter Perusahaan PLN

Dunia digital saat ini semakin mempermudah semua kalangan masyarakat dalam melakukan berbagai hal. Baik aktivitas browsing untuk memperoleh informasi hingga pencarian hiburan dengan streaming film atau video.

Tidak hanya bermanfaat bagi pribadi, akan tetapi bagi pihak perusahaan pun sangat terbantu dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat ini.

Salah satunya adalah perusahaan PLN. Untuk memudahkan para pekerja lapangan pada perusahaan tersebut, maka pihak PLN menghadirkan adanya Cater (Catat Meter) yang memiliki peranan penting dalam sistem kerja para petugas lapangan perusahaan PLN.

Baca Juga: Aplikasi Cek Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta, Berikut Cara dan Ketentuannya

Keunggulan Aplikasi Catat Meter Terpusat

Perusahaan Listrik Negara merupakan salah satu anak perusahaan Badan Usaha Miliki Negara yang mempunyai peranan penting dalam bidang kelistrikan Indonesia.

Pada perusahaan ini sudah hadir aplikasi yang mempunyai catatan penting terhadap data kelistrikan, terutama mengenai PLN itu sendiri. Aplikasi ini hadir untuk para pekerja vendor BMAX pt.

Dalam aplikasi ini tersedia dengan bentuk situs web (dekstop) ataupun dengan berbasis Android yang khusus digunakan oleh para pekerja lapangan PLN. Dalam beberapa waktu terakhir ini, PLN banyak melakukan terobosan serta modernisasi.

Hal ini bertujuan untuk memajukan usaha PLN itu sendiri dengan menggandeng para pihak swasta atau vendor khusus dalam menangani berbagai masalah yang hadir dalam perusahaan ini.

Selain itu, juga untuk memberikan sentuhan supaya PLN makin tampil modern dan kekinian. Dengan hadirnya aplikasi Catat Meter terpusat ini, tentu memudahkan para pekerja PLN dalam hal pelaksanaan tugas harian mereka.

Dengan menggunakan aplikasi ini, tentunya semua akan lebih praktis, simple, serta rinci. Para petugas lapangan PLN akan lebih mudah dalam melakukan pencatatan meter.

Selanjutnya para petugas dapat memanfaatkan beragam fitur menarik yang tersedia dalam aplikasi ini. Oleh karena itu, selain memperoleh kemudahan, juga akan tercipta kenyamanan bagi para pekerja PLN tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Konsultasi Psikologi Gratis Pecahkan Beban Pikiran dan Batin

Manfaat dan Tujuan Aplikasi Cata Meter Terpusat

Catat Meter Terpusat Android ACMT adalah salah satu jenis layanan dari perusahaan BUMN milik negara, yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Dengan adanya layanan ini, memungkinkan perangkat smartphone milik para petugas pencatat meter PLN untuk dapat membaca serta mencatat meteran listrik secara digital dan lebih akurat.

Selain itu, dalam aplikasi ini juga memiliki bukti foto dan tag GPS para foto petugas. Menariknya lagi, aplikasi Catat Meter pernah masuk dalam finalis untuk kategori technical supporting pada tahun 2013 silam.

Pengembangan aplikasi ini berawal dari awal tahun 2012 oleh salah satu pegawai PLN. Melalui aplikasi, permainan nakal para konsumen PLN akan dapat terdeteksi secara cepat dan mudah.

Selain itu, para petugas pun tidak dapat melakukan main mata dengan para pelanggan dalam melakukan kecurangan listrik.

Cater Terpusat merupakan jenis aplikasi pembacaan meter secara terpusat yang sudah terintegrasi langsung dengan AP2T serta dapat petugas akses secara online melalui website.

Dengan adanya aplikasi ini, maka efisiensi proses layanan PLN dapat terus mengalami peningkatan pada proses pengolahan data hasil pencatatan meter yang dijalankan oleh para petugas lapangan PLN.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Pulsa Tercepat dan Termudah 2020 yang Gratis

Cara Install Aplikasi Catat Meter Online

  1. Langkah pertama untuk install aplikasi ini adalah dengan mendownload aplikasi Cater terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya aktifkan unknown source yang terdapat pada pengaturan keamanan.
  3. Proses berikutnya, cari apk Cater PLN.
  4. Selanjutnya klik serta tekan “Pasang”. Tunggu beberapa saat hingga proses install berhasil.
  5. Apabila proses install berhasil, maka anda dapat membuka Cater tersebut dan manfaatkan untuk mendukung pekerjaan catat meter PLN.

Hadirnya aplikasi Catat Meter Terpusat, selain mempermudah tugas dari pekerja lapangan, juga memberi kemudahan bagi karyawan yang bertugas di kantor. Mereka dapat mengolah data sesuai dengan laporan yang mereka terima dari pekerja lapangan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang