Aplikasi Pesan Instan Hi App Uji Coba Versi Beta, Meluncur Akhir Oktober

Aplikasi pesan Instan Hi App
Ilustrasi Aplikasi pesan Instan Hi App. Foto Istimewa

Aplikasi pesan instan Hi App saat ini mulai masuk dalam uji coba kepada publik. PT Hello Kreasi Indonesia akan menggelar uji coba beta Hi App yang merupakan perpesanan instan lokal.

Aplikasi ini terbuka untuk umum mulai Selasa 13 Oktober 2020. Penantang dari aplikasi populer Line dan WhatsApp ini rencananya akan resmi meluncur pada 20 Oktober 2020 mendatang.

Project Manager PT Hello Kreasi Indonesia menegaskan bahwa uji coba beta pada Hi App bertujuan untuk melihat respon pengguna.

Terutama dalam hal isu-isu teknis atau fungsional dalam penggunaan aplikasi tersebut, sehingga dapat dilakukan perbaikan serta penyesuaian.

Baca Juga: Cara Melihat Pesan WA yang Dihapus dengan Aplikasi dan Backup

Aplikasi Pesan Instan Hi App

Hi App merupakan salah satu aplikasi asli Indonesia. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa layanan berupa komunikasi dalam bentuk teks, pesan suara, serta panggilan video.

Selain itu, Hi App dapat memisahkan tab obrolan atau chat pribadi dengan group. Hal ini dengan tujuan agar kedepannya tidak tercampur. Hal menarik dari kehadiran aplikasi pesan instan Hi App adalah dalam aplikasi tersebut akan berisi fitur penerjemah bagi pengguna.

Hadirnya fitur tersebut bertujuan agar pengguna dapat berkomunikasi dengan lawan bicara meskipun berbeda bahasa. Pemasangan fitur ini juga dapat membantu pengguna saat bekerja dari rumah selama masa pandemi Covid-19.

Selanjutnya, pendaftaran uji coba versi beta akan dilakukan melalui situs resmi Hi App, yakni http:hiapp.id/. Akan tetapi uji coba beta ini hanya tersedia bagi pengguna smartphone dengan sistem operasi Android serta minimal Android 5.1 Lollipop.

Kemudian Hi App akan minta verifikasi nomor HP dan izin dalam mengakses kontak. Dengan tujuan untuk menambahkan list kontak apabila terdapat teman yang telah menggunakan Hi App.

Fitur yang dapat pengguna manfaatkan selama uji coba beta antara lain obrolan pada group Hi App Community, foto, video dan berkas, berkirim pesan, serta fitur penerjemah.

Kelebihan Aplikasi Pesan Instan Hi App

Hi App menjadi salah satu alternatif pengganti WhatsApp. Aplikasi ini dapat anda unduh pada Google Play Store serta perangkat iPhone via iTunes. Hi App mempunyai keunggulan, antara lain lebih ringan dan cepat.

Selain itu, terdapat pemisahan kolom antara private serta group chat. Fitur lain yang terdapat pada Hi App adalah voice dan video call yang diklaim lebih jernih dan lancar dari aplikasi WhatsApp. Pasalnya, Hi App hadir dengan teknologi kompresi yang lebih baik dan terdapat pula faktor server yang bertempat di Indonesia.

Kelebihan lain yang terdapat pada aplikasi pesan instan Hi App adalah telah mengadopsi teknologi end to end encryption untuk melindungi privasi dengan desain sedemikian rupa sehingga cukup aman dari berbagai serangan.

Baca Juga: Aplikasi Belajar Tanpa Bayar, Belajar Online Saat Pandemi Lebih Efektif

Perbedaan WhatsApp dan Hi App

Meskipun terlihat mirip, akan tetapi antara Hi App dengan aplikasi WhatsApp tetap memiliki perbedaan. Dalam aplikasi pesan Instan Hi App terdapat pemisahan personal chat dengan group chat pada tab yang berbeda.

Hal ini tentunya sesuai dengan karakteristik orang Indonesia yang lebih gemar mengobrol pada group percakapan. Dengan pemisahan tab ini, akan memberi kemudahan dalam melakukan komunikasi, baik secara personal atau group chat sehingga tidak tercampur.

Selain itu, pada Hi App terdapat pula fitur “Show Unread Message’. Fitur ini dapat menampilkan pesan yang belum terbaca. Perbedaan lain dari Hi App dengan WhatsApp adalah pada Hi App memiliki fitur Audio Call dan Video Call yang lebih jernih dari aplikasi WhatsApp.

Hi App hadir dengan beragam fitur sederhana serta menggunakan ruang penyimpanan yang lebih kecil dari aplikasi WhatsApp. Pada Hi App hanya memerlukan ruang penyimpanan aplikasi sebesar 18MB yang jauh lebih kecil dari WhatsApp yang membutuhkan ruang hingga 60MB.

Selain itu, penggunaan Hi App memberi kesan yang lebih ringan serta sangat dinamis. Dengan Hi App, harapannya dapat berguna serta membantu semua orang dalam meningkatkan kualitas komunikasi.

Tidak hanya komunikasi antar individu atau teman, akan tetapi juga lingkup masyarakat, bisnis, institusi, serta lembaga pemerintah. Selain itu, kehadiran aplikasi pesan instan Hi App dapat membanggakan masyarakat Indonesia pada dunia internasional. (R10/HR Online)

Editor: Jujang