Aplikasi Uji Kecepatan Internet Terbaik Android Paling Direkomendasikan

Aplikasi uji kecepatan intenet
Ilustrasi Aplikasi uji kecepatan intenet. Foto Istimewa

Aplikasi uji kecepatan internet sangat bermanfaat bagi anda yang terbiasa bekerja dengan menggunakan internet dalam aktivitas sehari-hari anda.

Tentu laju kecepatan internet merupakan hal yang penting. Apabila kecepatan internet melambat, tentu hal ini dapat menjadi sebuah kendala bagi aktivitas anda. Mengirim chat, browsing, sosial media, hingga email, akan terganggu seketika.

Dengan adanya kejadian ini, terkadang anda harus meriset jaringan agar jaringan tidak banyak mengalami perubahan pada laju internet.

Terutama, saat social distancing selama masa pandemi sekarang ini, tentu kecepatan internet menjadi prioritas utama. Sebab hingga saat ini, internet telah menjadi media penghubung dalam mengakses informasi selama masa tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Online Groceries, Belanja Sayur Lebih Praktis Saat Pandemi

Aplikasi Uji Kecepatan Internet Android

Aplikasi speed test merupakan cara tepat untuk memeriksa ISP anda dalam menyediakan layanan sesuai dengan yang mereka janjikan kepada anda.

Dengan adanya aplikasi ini, sangat bermanfaat untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang anda gunakan. Selain itu juga, aplikasi ini banyak tersedia dalam Play Store yang dapat anda unduh dengan mudah.

Aplikasi speed test biasanya tes kecepatan koneksi internet dengan download, ping, hingga upload. Namun terdapat pula aplikasi yang menampilkan cara lain, bahkan menyediakan fitur lain. Berikut ini pilihan aplikasi uji kecepatan internet yang sangat bermanfaat untuk anda, antara lain:

SpeedSmart

Merupakan aplikasi kecil yang cukup hebat dengan menawarkan opsio HTML5 yang bermanfaat bagi anda dalam tes kecepatan internet yang anda gunakan. Dengan demikian, tool ini tidak tergantung dengan flash.

Selanjutnya, setelah anda terhubung ke dalam fitur ini, anda akan menemukan lokasi IP secara instan. Kemudian anda dapat menganalisis latensi internet anda, mengunduh, hingga mengunggah kecepatan seperti yang anda harapkan.

Speedtest.net

Aplikasi uji kecepatan internet terbaik selanjutnya yang dapat anda manfaatkan adalah Speedtest.net. Dengan aplikasi ini, anda dapat mengecek speed internet pada perangkat Android anda secara lebih mudah.

Aplikasi ini tidak hanya dapat anda manfaatkan untuk tes kecepatan internet pada data seluler anda, akan tetapi juga dapat menampilkan hasil kecepatan pada Wi-Fi.

Menariknya lagi, dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui kapan kecepatan internet anda berada di puncak serta memperoleh sinyal yang kuat.

Baca Juga: Aplikasi Zoom Gratis atau Berbayar, Perbedaan dan Fitur Keamanannya

SpeedCheck

Anda tentu menginginkan aplikasi yang tidak sekedar memberikan kepuasan dalam mengecek speed internet. Akan tetapi, sebuah aplikasi yang dapat memetakan serta membandingkan kekuatan internet dari provider dan jaringan WiFi lain. Dalam hal ini, SpeedCheck merupakan pilihan yang tepat bagi anda.

nPerf

Merupakan aplikasi uji kecepatan internet yang cukup menarik. Dalam aplikasi ini memiliki beberapa cara untuk mengetahui kecepatan koneksi internet.

Anda dapat melakukan speed test biasa (ping, donwload, upload), browsing test dengan menelusuri situs dengan browser, dan streaming test dengan menonton video online. Atau anda juga dapat melakukan semuanya sekaligus.

Fitur lainnya yang cukup keren dari aplikasi nPerf ialah melihat cakupan area koneksi internet dari provider dan kualitas speed koneksi internet.

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda akan memperoleh pengalaman atau wawasan yang lebih luas dari uji kecepatan koneksi biasa. Sehingga menjadikan nPerf sebagai salah satu aplikasi speed test terbaik Android.

Baca Juga: Aplikasi Belajar Tanpa Bayar, Belajar Online Saat Pandemi Lebih Efektif

NetVelocity

Salah satu aplikasi uji kecepatan internet terbaik Android ini menyediakan beragam fitur menarik. Seperti analisa WiFi, informasi RF, tes kecepatan, serta informasi perangkat.

Untuk tes kecepatan, tersedia dalam dua pilihan, yakni Quick Test (tes cepat) dan Full Test (tes penuh). Fitur Quick Test hanya akan mengukur kecepatan Latency, Download, dan Upload.

Sedangkan untuk Full Test dapat memberi ukuran untuk Download, Upload, Jitter, Latency, Packet Loss, Facebook, Test Google, dan YouTube. Aplikasi ini pun dapat menampilkan informasi ukuran tersebut.

Simple SpeedCheck

Dengan menggunakan aplikasi Simple SpeedCheck, anda akan memperoleh hasil uji kecepatan sesuai dengan yang anda harapkan. Anda dapat melakukan cek speed internet dengan hanya satu klik untuk mengetes kecepatan unggahan serta unduhan.

Selain itu, aplikasi uji kecepatan internet satu ini juga dapat menampilkan hasil riwayat tes pengecekan serta membagikan hasil tes sebelumnya. Aplikasi Simple SpeedCheck juga dapat anda gunakan pada semua jenis smartphone serta beragam versi Android. (R10/HR Online)

Editor: Jujang