Aplikasi Zoom Gratis atau Berbayar, Perbedaan dan Fitur Keamanannya

Aplikasi Zoom Gratis atau Berbayar
Ilustarsi Aplikasi Zoom Gratis atau Berbayar. Foto Istimewa

Aplikasi Zoom gratis atau berbayar dapat anda manfaatkan untuk rapat hingga kuliah dari rumah. Dengan adanya kebijakan work from home selama pandemi Corona saat ini, menjadikan popularitas Zoom kian meroket.

Aplikasi video conferencing ini banyak digunakan sebagai sarana tatap muka dari rumah dalam berbagai keperluan. Mulai dari rapat dengan rekan kerja, kuliah online, pembelajaran siswa sekolah, atau sebagai sarana pelepas rindu dengan sanak saudara yang jauh dari rumah.

Untuk dapat menginstall aplikasi Zoom cukup mudah. Pengguna tinggal download melalui Playstore serta install pada smartphone anda. Selain itu, aplikasi ini dapat anda install pada perangkat laptop atau PC.

Baca Juga: Aplikasi Termometer Android Terbaik, Pantau Suhu Tubuh Lebih Efektif

Aplikasi Zoom Gratis atau Berbayar

Adanya kebijakan pemerintah mengenai PSBB sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona, menyebabkan permintaan dalam melakukan meeting online semakin meningkat.

Selain itu, meeting online cukup efektif pada masa pandemi saat ini. Zoom merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam melakukan virtual meeting.

Selain pegawai kantoran, para peserta didik juga menggunakan aplikasi ini untuk mengadakan sesi belajar mengajar secara online.

Alasan lain menjadikan penggunaan aplikasi Zoom cukup tinggi adalah dalam aplikasi ini juga memberikan latency yang cukup kecil sehingga relatif tidak terganggu terkait jeda pembicaraan. Selain itu, aplikasi Zoom juga dapat mempertahankan mutu video serta audio meski koneksi internet tidak stabil.

Perbedaan Aplikasi Zoom Gratis Atau Berbayar

Apabila anda bertindak sebagai host, maka sebaiknya anda menjalankan software Zoom pada laptop. Pasalnya, hal ini akan lebih banyak kontrol yang dapat anda lakukan. Seperti dapat melakukan sharing file presentasi kepada peserta Zoom lainnya.

Selain itu, jika anda sebagai host, sebaiknya anda menggunakan Zoom versi gratis atau berbayar. Namun jika anda bertindak sebagai peserta meeting, anda cukup menggunakan versi free saja.

Berikut ini perbedaan antara aplikasi Zoom gratis atau berbayar. Pada aplikasi Zoom free memiliki beragam fitur yang antara lain dapat menampung 100 peserta meeting.

Mengenai waktu tidak ada batasan dalam melakukan virtual meeting dengan peserta 1 orang. Sedangkan untuk group meeting dalam aplikasi ini memiliki durasi waktu 40 menit setiap sesi meeting. Mengenai jumlah meeting pada aplikasi zoom versi gratis tidak memiliki batasan.

Perbedaan aplikasi Zoom gratis atau berbayar selanjutnya adalah pada versi berbayar memiliki fitur yang terdiri dari 3 varian. Varian tersebut tergantung dengan besarnya biaya per bulan yang digunakan.

Biaya paling murah setiap bulannya adalah $14.99. Perbedaan aplikasi zoom berbayar dengan versi free lainnya yaitu dapat menampung 100 peserta meeting. Lalu dapat upgrade hingga 500 peserta dengan adanya biaya tambahan.

Sedangkan mengenai durasi pada group meeting selama 24 jam. Kelebihan dari Zoom berbayar memiliki semua fitur yang terdapat pada Zoom versi gratis.

Maka yang paling membedakan antara Zoom gratis atau berbayar adalah pada durasi meeting serta jumlah peserta. Dengan demikian, anda dapat memilih paket sesuai dengan kebutuhan serta budget yang anda miliki.

Baca Juga: Aplikasi Tool Skin Free Fire Terbaru, Hadirkan Background Menarik

Fitur Baru Aplikasi Zoom

Selain mengetahui beberapa perbedaan dari aplikasi Zoom gratis atau berbayar, anda juga perlu mengetahui fitur terbaru pada aplikasi ini yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan keamanan.

Berikut ini beberapa fitur terbaru aplikasi Zoom yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya, antara lain:

Fitur Enskripsi GCM 256 bit AES

Dengan memakai standar enskripsi GCM 256 bit AES, user dapat meningkatkan proteksi terhadap data meeting serta tahan terhadap masalah selama rapat.

Hal tersebut tentu dapat memberi jaminan integritas pada meeting via Zoom. Bahkan Zoom Video Webinar serta data Zoom Telepon.

Baca Juga: Aplikasi Download Video untuk PC Terbaik, Nikmati Video Ketika Offline

Peningkatan Informasi Pusat Data

Host rapat dapat memilih pusat data ketika menjadwalkan rapat serta webinar. Sedangkan para klien juga dapat menunjukkan pusat data mana yang akan terhubung dengan anda pada ikon info yang ada pada kiri atas jendela Zoom.

Selain itu, anda akan memperoleh detail tambahan dalam rapat dengan menggunakan pengaturan video yang selanjutnya ketik Statistik.

Fitur lain yang dapat anda peroleh dari aplikasi Zoom gratis atau berbayar adalah ikon enskripsi baru. Dengan ikon ini, akan menunjukkan rapat aman yang telah memperoleh enskripsi. Selain itu, terdapat pula fitur Laporkan Pengguna yang dapat anda gunakan untuk melaporkan pengguna yang menyalahgunakan aplikasi Zoom. (R10/HR Online)

Editor: Jujang