As Gear Depan Aus Akibat Kotoran yang Menempel Terlalu Banyak

As Gear Depan Aus Akibat Kotoran yang Menempel Teralu Banyak
Ilustrasi as gear depan aus. Foto: istimewa

As gear depan aus bisa anda atasi sendiri dengan cara mengelasnya. Mengatasi poros gear bagian depan yang aus, namun tidak mengeluarkan biaya ternyata bisa anda lakukan.

Salah satu cara yang cukup efektif yaitu mengelas bagian titik gear dengan bautnya. Cara ini bisa anda lakukan sendiri dengan mudah untuk menghemat biaya.

Hampir semua orang saat ini sudah memiliki kendaraan pribadi sepeda motor. Alat transportasi ini banyak digunakan karena fungsinya yang cukup penting.

Baca Juga : Pengunci Jok Motor Macet, Berikan Cairan Pelumas Khusus

Selain itu, motor juga lebih simpel dan mudah melaju pada area jalan yang macet. Kendaraan itu sendiri pada umumnya terdiri dari berbagai komponen dengan fungsi yang bersangkutan.

Sebaiknya bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor, cari tahu apa saja komponen yang melengkapinya. Hal ini bertujuan agar anda bisa memberikan perawatan hingga penggantian yang tepat.

Salah satunya ketika as gear depan aus, anda tidak perlu membawanya ke bengkel karena harganya yang tinggi. Terkadang masih banyak orang yang belum bisa melakukan perawatan pada gear depan motor.

Padahal bagian ini cukup penting. Dibanding dengan gear bagian belakang, komponen yang satu ini kerap terabaikan saat anda melakukan pengecekan dan perawatan sepeda motor.

Padahal daripada gear bagian belakang, komponen yang satu ini cenderung lebih sulit terlihat. Sebab, bagian ini akan bersembunyi di balik cover pelindung.

Karena alasan inilah mengapa as gear depan aus akibat tidak sering terawat. Komponen yang satu ini justru akan lebih mudah kotor karena tersembunyi pada balik cover.

Kotoran yang menempel mampu membuat as gear bagian depan bermasalah sehingga perlu penggantian yang tepat. Jika komponen bisa terjaga dengan baik dan benar, bisa anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab As Gear Depan Aus

Merawat dan melakukan penggantian komponen kendaraan adalah hal yang wajar. Hal ini perlu anda lakukan agar performa komponen tersebut bisa tetap berfungsi dengan baik.

Berbeda ketika komponen tidak anda perhatikan atau lakukan pengecekan, maka saat berkendara pun tidak terasa nyaman. As gear depan aus perlu sekali anda perhatikan agar tidak mengganggu ketika berkendara.

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan hal ini terjadi. Salah satu penyebabnya yaitu karena anda jarang membersihkannya.

Baca Juga : CVT Motor Matic, Gejala Kerusakan dan Cara Merawatnya

Kotoran yang menempel pada rantai sering menjadi penyebab utama ausnya as gear depan. Posisi gear depan yang tertutup membuatnya sering tidak terkontrol.

Sehingga kotoran tersebut dapat menempel pada bagian tersebut. Jika kotoran menumpuk dan tidak anda bersihkan, maka lama-kelamaan komponen ini aus dengan cepat .

Itulah penyebab utama mengapa gear bagian depan mudah aus. Sebaiknya selalu berikan perawatan secara rutin agar komponen ini bisa berusia lebih lama.

Perawatan As Gear Motor

Fungsi gear cukup penting pada kendaraan roda dua ini. Salah satunya yaitu sebagai penggerak roda belakang yang tersalur dari mesin melalui rantai.

Dengan adanya gear depan dan belakang, kendaraan bisa melaju. Oleh sebab itu, satu set gear ini perlu anda berikan perawatan secara rutin.

Sebenarnya cara merawat komponen pada kendaraan ini cukup simpel dan bisa anda lakukan sendiri. Pada gear depan anda cukup bongkar cover penutupnya untuk lebih mudah saat akan membersihkannya.

Selanjutnya copot gear depan tersebut untuk bisa anda bersihkan kotoran yang menempel. Bersihkan kotoran dengan cairan pembersih khusus agar kotoran bisa hilang dengan mudah. As gear depan aus pun bisa teratasi.

Anda bisa gunakan cairan lube atau chain wax. Cara ini cukup efektif dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika kotoran terlalu sulit anda bersihkan, bisa membersihkannya dengan air dan sabun untuk merontokkan noda.

Setelah itu, baru berikan pelumas tersebut. Ketika kotoran sudah anda hilangkan, selanjutnya selalu setel gear dan rantai untuk tetap pada posisi center. Hal ini bertujuan untuk kenyamanan pengendara.

Ketika gear sudah dalam kondisi aus, sebaiknya lakukan penggantian komponen tersebut. Ada beberapa gejala yang bisa timbul dan anda rasakan ketika gear aus.

Ganti gear dengan rantainya secara bersamaan agar fungsinya bisa maksimal. Sehingga saat berkendara tetap merasa nyaman.

As gear depan aus bisa karena kotoran yang menempel terlalu banyak. Sebaiknya berikan perawatan rutin pada semua komponen kendaraan tersebut. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram Sesuai Cara Kerjanya