Atap IGD RSUD Ciamis yang Ambruk Akan Dibangun Kembali Tahun Ini

Atap IGD RSUD Ciamis yang Ambruk Akan Dibangun Kembali Tahun Ini
Kondisi atap ruang IGD RSUD Ciamis yang ambruk pada Senin malam (19/10/2020). Foto: Dadang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua Komisi D DPRD Ciamis, Sarif Sutiarsa, meminta Pemkab Ciamis mengambil tindakan tegas terkait robohnya atap gedung IGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis.

Menurut Sarif, tindakan tegas tersebut salah satunya adalah dengan memperbaiki atap ruang lantai dua IGD. Hal tersebut, supaya pelayanan IGD RSUD Ciamis bisa kembali normal.

“Ruang IGD merupakan tempat utama keluar masuknya pasien yang akan berobat. Sehingga perlu perbaikan segera, agar pelayanan tidak terganggu. Meski sekarang ada ruangan IGD sementara atau darurat,” ungkapnya kepada HR Online Senin, (26/10/2020).

“Karena ini merupakan kejadian bencana yang sifatnya darurat, sehingga bisa menggunakan anggaran yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya, mengungkapkan, robohnya atap gedung IGD RSUD Kabupaten Ciamis akibat bencana hujan besar. Selain itu, kondisi RSUD Ciamis sudah lama karena pembangunannya sekitar tahun 2008.

“Insyaalloh tahun 2020 sekarang bangunan RSUD yang roboh akan segera diselesaikan pembangunannya kembali oleh pihak Pemkab Ciamis,” ungkapnya Senin (26/10/2020).

Herdiat menjelaskan, dalam keadaan mendesak yang sifatnya darurat, maka pemerintah boleh menggunakan anggaran dana Belanja Tidak Terduga (BTT), untuk memperbaiki atap IGD tersebut.

“Estimasi kerugian robohnya atap IGD RSUD Ciamis mencapai Rp 1 miliar kurang lebih,” katanya.

Selain ini, lanjutnya, Polres Ciamis juga sedang melakukan pemeriksaan atas kejadian tersebut.

“Kita liat dan tunggu hasil pemeriksaan kepolisian, penyebabnya seperti apa. Apakah konstruksi tidak sesuai dengan spek dan bestek yang ditentukan, atau memang karena terlalu berat akibat hujan. Sehingga genting makin berat dan bisa jadi bencana alam,” pungkasnya. (ES/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto