Atasi Kelangkaan Elpiji di Lokasi Banjir, DKUKMP Ciamis Gelar Operasi Pasar

Atasi Kelangkaan Elpiji di Lokasi Banjir, DKUKMP Ciamis Gelar Operasi Pasar
Operasi pasar gas elpiji 3Kg dilakukan di Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari, Ciamis, Kamis (29/10/2020). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan gas elpiji 3Kg di wilayah terdampak banjir, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Ciamis dan Pertamina menggelar operasi pasar di Desa Purwasari, Kecamatan Banjarsari, Kamis (29/10/2020).

Kasi Pendistribusian Barang dan Perlindungan Konsumen DKUKMP Ciamis, Dini Kustiani mengatakan. operasi pasar tersebut dilakukan untuk mempermudah para korban banjir dalam hal mendapatkangas LPG.

“Kita bekerja sama dengan Pertamina melakukan operasi pasar dengan sasaran wilayah terdampak bencana,” ujar Dini.

Menurutnya, Desa Purwasari, merupakan salah satu wilayah yang terdampak besar terkena bencana banjir pada Selasa (27/10/2020) kemarin.

“Hari ini kita mendistribusikan sebanyak satu DO atau 560 tabung,” katanya.

Menurutnya, pendistribusian gas Elpiji 3Kg dalam giat operasi pasar tersebut langsung kepada masyarakat.

Pihaknya akan melihat berapa banyak warga yang datang untuk mendapatkan gas LPG 3kg ini.

“Seandainya gas yang satu DO ini nanti tidak habis, kita akan memberlakukan kebijakan untuk dilanjutkan oleh pangkalan,” jelasnya.

Namun dalam hal ini, pihaknya meminta pangkalan agar lebih mendahulukan warga terdampak banjir sebelum mendistribusikannya ke warung-warung.

Boleh pangkalan memasok warung, namun dengan catatan sesuai aturan yaitu 50:50, 50% ke warung dan 50% langsung ke warga.

“Harganya pun harus sesuai aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp. 16.000 per tabung nya,” ucap Dini.

Agar tidak terjadi penyalahgunaan, pihaknya akan mengecek secara berkala dengan meminta bukti struk penukaran pembelian elpiji yang dibubuhi dengan photo copy KTP warga.

Pantauan HR Online, unsur Muspika Banjarsari mendampingi kegiatan operasi pasar DKUKMP Ciamis tersebut dengan pengawalan aparat kepolisian dan TNI. (Suherman/R8/HR Online)

Editor: Jujang