Bagasi Atas Mobil, Gunakan Tips Memilih dan Pemasangan yang Tepat

Bagasi Atas Mobil, Gunakan Tips Memilih dan Pemasangan yang Tepat
Ilustrasi bagasi atas mobil. Foto istimewa

Bagasi atas mobil juga disebut dengan roof box. Fungsinya mampu membawa barang bawaan agar tidak memenuhi kabin mobil.

Sebaiknya gunakan tips memilih bagasi tersebut sesuai dari tipe kendaraan itu sendiri. Memiliki mobil pribadi adalah impian semua orang.

Apalagi kini kendaraan pribadi yang satu ini hadir dengan berbagai pilihan tipe menarik. Sebagian besar orang memiliki mobil untuk mempermudah aktifitasnya.

Baca Juga : Hidrolik Pintu Mobil, Cara Perawatan dan Ciri-Ciri Kerusakannya

Baik untuk bekerja maupun dalam urusan mudik sekalipun. Selain kemacetan, hal yang mungkin masih menjadi masalah saat membawa kendaraan ini adalah tempat penyimpanan barang.

Mungkin mobil sudah terlalu banyak membawa anggota keluarga dalam mobil. Lantas untuk membawa barang bawaan masih terasa sulit.

Agar kabin tidak terlalu penuh, saat ini ada solusi untuk mengatasinya. Bagasi atas mobil adalah pilihan yang tepat. Komponen yang terletak pada bagian atas ini biasa memiliki sebutan dengan roof box.

Roof box berfungsi untuk menampung barang agar tidak terlalu penuh. Sehingga bagi penumpang merasa lebih leluasa dan nyaman saat berada dalam kendaraan.

Namun, fungsi utamanya yaitu untuk menampung pakaian atau barang-barang yang tidak berat. Sebaiknya saat ingin memasang roof box untuk mobil, anda pilih yang tepat sesuai dengan tipe kendaraan.

Tips Memilih Bagasi Atas Mobil yang Tepat dan Sesuai

Saat kegiatan mudik sudah mulai anda lakukan, pasti ada banyak hal yang harus anda perhatikan. Salah satunya yaitu tempat untuk penyimpanan barang-barang.

Saat ini anda tidak perlu bingung untuk mengatasi hal tersebut. Agar kabin tidak terlalu penuh dan mengganggu kenyamanan bagi penumpang, anda bisa tambahkan bagasi.

Roof box bisa membantu anda membawa barang bawaan ketika akan pergi jauh atau mudik. Dengan komponen tambahan ini, anda tidak akan terganggu saat duduk dalam kabin.

Sebaiknya pilih desain yang tepat dan sesuai dengan tipe kendaraan itu sendiri. Hal utama yang perlu anda perhatikan adalah bentuknya.

Desain akan berpengaruh pada aerodinamika kendaraan itu sendiri. Jangan biarkan dengan adanya tambahan bagasi ini justru menghambat laju kendaraan.

Agar anda tidak bingung dalam pemilihan roof box, sebaiknya gunakan tips berikut ini. Tips memilih komponen tambahan ini bisa membantu dari berbagai segi, meliputi:

Desain

Hal utama yang perlu anda perhatikan yaitu dari segi desainnya. Desain bagasi atas mobil mampu berpengaruh pada kendaraan anda. Jangan sampai roof box untuk MPV anda gunakan pada city car.

Baca Juga : Cara Menyalip Mobil yang Benar untuk Mengatasi Terjadinya Kecelakaan

Perhatikan bentuknya karena dapat mempengaruhi aerodinamika kendaraan. Ukuran ideal komponen tambahan ini yaitu 90-95 cm dengan tinggi 35-45 cm.

Jika kapasitas kargo semakin besar, bagasi yang anda gunakan harus semakin rendah, ukurannya memanjang, dan ramping.

Bahan

Banyaknya jenis roof box memang harus lebih jeli dalam memilihnya. Sebaiknya ketahui terlebih dulu bahan pembuatan bagasi tersebut.

Pilih bagasi atas mobil berbahan plastik APV. Selain ringan, bahan ini juga kuat dan pastinya anti air. Berat bagasi ini berkisar antara 10-15 kg.

Selain itu, pastikan juga bagasi atas ini memiliki pelengkap lapisan ultraviolet. Dimana sinar UV mampu membuat permukaan bagasi tidak mudah kering dan pecah-pecah ketika terpapar sinar matahari.

Perhatikan Kapasitas Angkut Barang

Memilih bagasi atas mobil juga perlu memperhatikan jumlah orang yang akan ikut dalam perjalanan. Bagi mobil dengan kapasitas 5-6 orang, sebaiknya gunakan roof box berkapasitas 300 liter.

Sementara untuk ukuran 400 liter bisa anda gunakan untuk penumpang berjumlah 7 orang. Anda perlu mengetahuinya untuk keamanan saat berkendara.

Perhatikan Pemasangan

Ketika ingin menambahkan bagasi pada mobil, pilih yang memiliki proses bongkar pasang yang mudah. Sehingga anda bisa melepas dan memasangnya sendiri sesuai kebutuhan.

Selain itu, pastikan juga kaki-kaki untuk roof box terpasang dengan baik dan benar. Sehingga ketika bagasi anda fungsikan, tidak akan terlepas meski laju kendaraan cepat.

Jika anda masih belum paham dalam pemasangan, bisa gunakan jasa bengkel untuk mengatasinya. Jangan sungkan-sungkan untuk minta bantuan agar roof box bisa berfungsi dengan baik.

Bagasi ini harus terpasang dengan sempurna agar tidak mengganggu kestabilan kendaraan saat melaju. Bagasi atas mobil mampu membawa barang bawaan ketika anda bepergian jauh bersama keluarga. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Fungsi Rotasi Ban Mobil, Agar Keempat Roda Aus Secara Merata