Bedak untuk Kulit Berminyak, Fungsinya Bagi Wajah dan Tips Memilihnya

bedak untuk kulit berminyak
Fungsi Bedak untuk Kulit Berminyak. Foto: Ist/Net

Bedak untuk kulit berminyak tidak mudah membedakannya dengan jenis kulit lainnya. Apalagi fungsi maupun manfaat bedak untuk kulit tentunya berlainan tergantung jenis kulitnya.

Utamanya untuk Anda yang memiliki wajah mengandung minyak juga harus selektif dalam memilih bedak yang Anda gunakan. Jangan sampai taburan bedak pada wajah justru akan memberikan efek samping yang buruk baik untuk kulit maupun riasannya.

Anda yang memiliki jenis kulit berminyak pasti menghadapi berbagai permasalahan. Seperti kulit yang mudah mengkilap, mudah kotor dan tak mudah saat membersihkan wajah.

Dengan keterbatasan jenis kulit yang ada, tak jarang kita merasa capek ketika merias wajah. Melakukan riasan atau make up pada wajah dengan jenis kulit berminyak akan membuatnya cepat luntur.

Baca juga: Foundation untuk Kulit Berminyak, Ini Pilihannya Agar Make Up Optimal

Meskipun ada banyak jenis atau bentuk produk bedak, pemanfaatannya tentunya tidak bisa sembarangan atau asal pilih. Anda harus memilih dan menggunakan jenis bedak yang bagus agar hasilnya sempurna.

Apalagi jika Anda tidak menggunakan jenis bedak yang tepat dan sesuai jenis kulit Anda, tentunya akan sulit untuk mendapatkan penampilan wajah yang cantik sempurna.

Fungsi Penting Jenis Bedak untuk Kulit Berminyak

Untuk mengatasi kendala minyak berlebih pada wajah Anda perlu menggunakan alas bedak yang tepat. Anda perlu memilih bedak yang khusus untuk jenis wajah berminyak agar make up tidak cepat luntur dan rusak.

Bedak semacam ini penting karena kemampuannya dalam menyerap minyak pada wajah. Sehingga hasil riasan dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Berikut ini beberapa manfaat bedak untuk kulit berminyak yang sebaiknya Anda tahu.

Menyerap Minyak Berlebih

Bedak yang baik untuk Anda yang memiliki jenis kulit ini adalah kemampuannya untuk menyerapnya. Hal ini penting agar minyak tidak malah merusak make up maupun mengganggu penampilan Anda.

Mengontrol Kadar Minyak

Produk kosmetik yang baik akan memberikan manfaat besar untuk kulit pula. Selain menyerap minyak, kosmetik juga harus memiliki kemampuan dalam mengatur minyak hasil produksi bagian kelenjar sebum kulit.

Tekstur Halus

Bedak untuk kulit berminyak yang berkualitas biasanya mempunyai tekstur yang sangat halus. Baik dalam bentuk tabur atau padat, tekstur ini bisa Anda rasakan dengan menyentuhnya pada tangan.

Baca juga: Memilih Alas Bedak untuk Kulit Berminyak Agar Make Up Tidak Rusak

Selain teksturnya yang halus, bedak semacam ini juga sangat ringan. Karena itu saat kita oleskan pada wajah akan terasa lembut dan nyaman. Sehingga tampilan muka juga akan menjadi lebih menarik dan lebih cantik.

Transfer Proof

Bedak untuk kulit berminyak yang bagus umumnya mempunyai kekuatan transfer proof dan sweatproff yang baik. Hal ini akan membuat make up tidak akan mudah luntur ataupun rusak meskipun Anda bekerja seharian.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dalam Waktu 7 Hari

Meskipun wajah mengandung minyak, penggunaan kosmetik jenis ini pada wajah juga akan membuatnya tetap bisa rata dan halus tanpa kendala. Sehingga proses merias wajah bisa berlangsung lancar dan lebih cepat.

Hasil Matte

Produk bedak untuk kulit berminyak yang bagus akan mampu memberikan hasil tampilan wajah yang matte dan lembut. Wajah akan terlihat lembut yang memberikan kesan cantik alami dan tidak menor yang mencolok.

Bersifat Non Comedogenic

Produk kosmetik yang baik, khususnya bedak, juga memiliki sifat non comedogenic. Produk semacam ini tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Hal ini tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Tips Memilih Bedak untuk Kulit Berminyak

Bedak merupakan sebuah produk kecantikan terpopuler untuk penampilan wajah yang cantik. Berikut ini beberapa tips memilih bedak untuk wajah berminyak yang mempunyai sejumlah kemampuan.

  • Pilih bedak yang mampu memberikan daya tahan yang cukup lama saat menempel pada kulit. Kalau perlu pastikan bahwa bedak bisa menempel dengan baik tanpa luntur sampai 24 jam.
  • Pilih kosmetik yang mampu menyerap produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah dengan sempurna. Jika perlu lakukan tes saat membeli sehingga Anda mengetahui keunggulannya.
  • Bedak yang bagus umumnya menerapkan teknologi skin fitting pigments. Ini sangat bermanfaat karena akan membuat kulit wajah tampak matte, halus, cerah, dan cantik alami.
  • Bedak yang bagus juga mampu memberikan perlindungan terhadap wajah, khususnya dari paparan sinar ultraviolet matahari yang bisa merusak kulit.

Itulah berbagai fungsi dan manfaat bedak untuk kulit berminyak yang bagus. Kosmetik semacam ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus mempermudah dalam proses merias wajah. (R11/HR-Online)

Editor: Karwati Putu Latief