Boncengan Sepeda Motor, Gunakan Cara dan Tips Aman Berkendara

Boncengan Sepeda Motor, Gunakan Cara dan Tips Aman Berkendara
Ilustrasi boncengan sepeda motor. Foto: istimewa

Boncengan sepeda motor adalah hal yang sudah biasa terjadi dari dulu hingga sekarang. Sebaiknya gunakan cara dan tips yang aman saat boncengan.

Ada dua cara mengendarai kendaraan roda dua ini, yaitu sendiri dan berboncengan. Pada umumnya, berboncengan kerap sekali terlihat pada kaum wanita.

Namun sayangnya, tak sedikit pembonceng yang belum paham arti keselamatan dan kenyamanan saat berada di kendaraan. Padahal berboncengan memiliki resiko lebih besar daripada berkendara sendiri.

Apalagi saat ini kondisi jalan cukup padat dan ramai. Hal inilah yang perlu anda ketahui tentang bagaimana tips aman untuk berboncengan.

Baca Juga : Box Motor Terbaik, Sesuaikan Kapasitas dengan Mesin Kendaraan

Banyak faktor yang perlu anda perhatikan untuk keselamatan saat berboncengan. Apalagi saat ini adanya ojek online semakin menjamur saja dengan penawaran transportasi yang mudah.

Dengan demikian, cara dan tips boncengan sepeda motor yang aman pun perlu anda ketahui. Boncengan tidak hanya sekedar nangkring duduk manis pada bagian belakang pengendara.

Ada beberapa persiapan yang perlu anda lakukan. Meski terlihat sepele, namun cukup penting adanya. Hal ini bertujuan agar anda dan pengendara memiliki rasa nyaman saat berboncengan.

Cara Aman Boncengan Sepeda Motor

Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang kerap sekali terlihat pada berbagai tempat. Hampir sebagian besar orang memiliki kendaraan yang satu ini.

Terkadang saat berkendara sepeda motor, orang tidak hanya sendiri. Ada yang melakukan dengan cara berboncengan.

Bahkan pernah terlihat orang mengendarai sepeda motor sampai membawa lebih dari satu atau dua penumpang. Sebenarnya melebihi kapasitas tersebut adalah hal yang perlu anda hindari.

Karena, menjaga keamanan pengendara dan pemboncengnya adalah hal yang wajib anda perhatikan. Dengan begitu, dapat mencegah dari resiko kecelakaan karena kelebihan muatan.

Berikut ini ada beberapa cara dan tips aman boncengan sepeda motor.Menggunakan tips dan cara aman membuat anda akan lebih merasa tenang saat berkendara bersama.

1. Cek Kondisi Motor

Tips safety riding saat boncengan adalah memeriksa kondisi kendaraan. Sebab, saat boncengan beban kendaraan akan bertambah.

Oleh sebab itu, pastikan beberapa kondisi pada kendaraan. Perhatikan kondisi ban, rem, persneleng, oli, dan komponen lainnya.

2. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Jika sudah mengecek bagian kendaraan, jangan lupa untuk melengkapi peralatan berkendara. Misalnya, gunakan helm berstandar nasional, menggunakan sepatu, jaket, dan masker.

Perlengkapan tersebut bisa membantu anda terlindung dari sinar matahari, debu, dan angin. Sehingga boncengan sepeda motor pun tetap aman.

3. Sesuaikan Kapasitas

Sebagai pengendara, sebaiknya sesuaikan kapasitas penumpangnya. Ketahui jenis motor yang digunakan apakah matic, bebek, atau sport.

Selain itu, perhatikan juga seberapa luas jok motor. Setelah mengetahuinya, anda bisa memperkirakan berapa banyak kapasitas pembonceng.

Tips Boncengan yang Benar

Selain anda perlu memperhatikan cara berboncengan yang aman, ketahui juga tips berboncengan yang benar. Untuk itu, sebaiknya simak tips boncengan yang aman.

Posisi Duduk

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika boncengan sepeda motor, perhatikan posisi duduk yang tepat karena posisinya hanya monoton. Oleh sebab itu, anda harus perhatikan posisi duduk agar tetap dalam kondisi aman.

Baca Juga : Cara Menyalip Mobil yang Benar untuk Mengatasi Terjadinya Kecelakaan

Selain itu, posisi duduk juga mampu berpengaruh akan keseimbangan kendaraan sepeda motor. Dengan posisi yang benar, sepeda motor juga bisa tetap stabil dan mudah untuk anda kendarai.

Hindari Membawa Barang Banyak

Saat anda melakukan perjalanan jauh, biasanya membawa barang bawaan adalah hal yang wajar. Akan tetapi, sebaiknya membawa barang yang tidak terlalu banyak.

Sesuaikan dengan kebutuhan agar anda tidak mudah lelah. Membawa kapasitas barang yang berlebihan juga beresiko. Kestabilan sepeda motor akan terganggu karena beratnya barang bawaan.

Jangan Mengantuk

Bagi anda yang biasa membonceng, usahakan jangan mengantuk. Saat anda mengantuk, justru bisa membahayakan kedua belah pihak.

Bahkan resiko jatuh dan kecelakaan. Jadi, usahakan jangan ngantuk saat posisi boncengan. Hal ini untuk menjaga keamanan saat berada di kendaraan.

Cara dan tips boncengan sepeda motor cukup mudah dan simpel. Sebaiknya anda perhatikan agar tetap dalam kondisi aman dan nyaman saat berkendara. Berkendara sepeda motor pun akan terasa menyenangkan meski berboncengan sekalipun. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Fungsi Pinlock pada Helm, Mengatasi Timbulnya Embun Saat Hujan