Satu-satunya di Jabar, Bupati Ciamis Raih Penghargaan Proklim 2020

Satu-satunya di Jabar, Bupati Ciamis Raih Penghargaan Proklim 2020
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya bersama Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar, saat menerima penghargaan Proklim yang digelar secara virtual dalam Festival Iklim Tahun 2020, Jum’at (23/10/2020). Foto: Ist/Humas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, menjadi kepala daerah satu-satunya di Jawa Barat yang meraih penghargaan Proklim tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan Apresiasi Pembina Program Kampung Iklim ini berhasil diperoleh Bupati Ciamis lantaran sejumlah kebijakannya yang dinilai mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca atau emisi karbon. Selain itu kebijakan Bupati Ciamis pun dinilai mendukung dalam pengendalian perubahan iklim di wilayahnya.

Penyerahan penghargaan Program Kampung Iklim ini digelar secara virtual dalam Festival Iklim Tahun 2020 yang diikuti oleh seluruh kepala daerah di Indonesia, Jum’at (23/10/2020).

Baca juga: Bank Sampah Ciamis, Pertama di Indonesia yang Dikelola oleh Pemda

Untuk diketahui, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mendapat penghargaan Proklim bukan yang pertama kalinya. Pada tahun sebelumnya Herdiat bersama Bupati Purwakarta mendapat penghargaan serupa. Penyerahan penghargaan tahun lalu berbarengan dengan peringatan Hari Air Sedunia yang digelar di Waduk jatiluhur Purwakarta.

“Alhamdulilah Kabupaten Ciamis bisa mempertahankan prestasi tahun lalu dengan kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim pada tahun ini. Terlebih Ciamis satu-satunya kabupaten/kota di Jawa Barat yang meraih penghargaan Proklim tahun 2020,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH), Kabupaten Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar, Jum’at (23/10/2020).

Bupati Ciamis Raih Penghargaan Prok
Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH), Kabupaten Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar

Indikator Ciamis Raih Penghargaan Proklim

Taufik menjelaskan penghargaan Proklim bisa diraih Ciamis tak lepas dari kebijakan-kebijakan Bupati Ciamis yang konsisten dalam upaya pengendalian perubahan iklim di tingkat tapak serta penurunan emisi gas rumah kaca.

“Bahkan strategi dalam upaya penurunan emisi gas rumah terangkum dalam RPJMD Kabupaten Ciamis. Hal itu bisa dilihat pada poin misi ke empat RPJMD, yang menyebutkan pemanfaatan SDA (sumber daya alam) yang berbasis pembangunan berkelanjutan,” terangnya.

Misi yang tertuang dalam RPJMD tersebut, lanjut Taufik, kemudian diimplementasikan dalam sebuah program yang diatur oleh Surat Keputusan (SK) Bupati Ciamis tentang penetapan lokasi Proklim (Program Kampung Iklim) di Kabupaten Ciamis pada tahun Anggaran 2020.

Baca juga: DPRKPLH Ciamis Ajak Warga Bersedekah Sampah

Kemudian teknis program tersebut dipertegas lagi oleh Surat Edaran (SE) Bupati Ciamis tentang Pelaksanaan Program Kampung Iklim.

Menurut Taufik, Kabupaten Ciamis bisa berturut-turut mendapat penghargaan Proklim bukan tanpa alasan. Karena program ini mulai dijalankan di Ciamis sejak tahun 2013.

“Artinya program ini di Ciamis sudah berjalan dan terarah. Dalam kurun waktu 7 tahun itu sudah 10 trophy dan sertifikat Proklim diraih Ciamis yang diperoleh dari 10 lokasi. 3 lokasi diantaranya diraih pada tahun 2020,” katanya.

3 lokasi yang meraih penghargaan Proklim tahun 2020 yaitu Dusun Pasirtamiang Tonggoh Desa Pasirtamiang dan Dusun Antralina Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti. Satu lokasi lagi di Dusun Pasir Peuteuy Desa Pawindan Kecamatan Ciamis.

“Sampai tahun ini sudah terdapat 28 lokasi yang diusulkan pada Program Kampung Iklim. Dan semua lokasi tersebut sudah diverifikasi,” pungkasnya. (Bgj/R2/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara