Camat Langkaplancar Pangandaran Tinjau Lahan Persawahan yang Tertimbun Longsor

Camat Langkaplancar Pangandaran Tinjau Lahan Persawahan yang Tertimbun Longsor
Camat Langkaplancar, Deni Ramdani, saat meninjau lahan persawahan yang tertimbun longsor, Sabtu (17/10/2020). Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Beberapa hari lalu, daerah di Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengalami musibah longsor. Bencana longsor itu pun menimbun lahan persawahan.

Selain menimbun areal persawanan, longsor juga merusak saluran irigasi, di Dusun Cimanjeti, Desa Jayasari. Saluran irigasi sepanjang 50 meter terbawa longsor.

Akibatnya longsoran itu juga mengakibatkan puluhan hektar sawah tidak teraliri air.

“Saya sudah menghubungi pihak Dinas PU Pangandaran. Dan mereka sudah meninjau lokasi saluran irigasi Solokan Gede, yang longsor dan menimpa pesawahan milik warga,” ucap Camat Langkaplancar, Deni Ramdani, saat meninjau lahan persawahan yang tertimbun longsor, Sabtu (17/10/2020).

Menurutnya, jika sampai masa garap lahan saluran irigasi itu masih belum bisa diperbaiki, maka peta akan khawatir tidak akan bisa menanam padi. Sebab, petani hanya mengandalkan air dari irigasi tersebut.

Sedangkan jika perbaikan irigasi ini secara permanen, tentu membutuhkan biaya yang besar. Sementara apabila hanya memakai pipa mungkin biayanya tidak terlalu besar.

“Pokoknya mari kita pikirkan bersama. Yang penting air bisa sampai ke lahan persawahan warga. Dan para petani bisa segera menggarap lahan yang sebentar lagi akan memasuki masa tanam,” pungkasnya. (Ceng/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto