Cara Agar Cepat Hamil, Langkah Mudah Mendapat Momongan

cara agar cepat hamil
Ilustrasi Cara Agar Cepat Hamil. Foto Ist/net

Cara agar cepat hamil merupakan topik abadi yang selalu menjadi pembicaraan menarik. Namun tak sedikit pembahasan lebih tertuju pada soal teknik berhubungan. Padahal, cepat hamil tergantung kesuburan dan kesehatan kedua pasangan.

Pernikahan merupakan prosesi suci bagi seorang lelaki dan perempuan yang ingin membangun rumah tangga baru. Mereka yang menikah umumnya ingin mendapatkan anak untuk meneruskan cita-cita dan harapan kedua orang tuanya.

Banyak pasangan yang telah menikah bisa segera mendapatkan momongan tanpa perlu menunggu waktu lama. Namun tak sedikit pula suami istri yang begitu kesulitan untuk hamil dan mendapatkan anak.

Baca juga: Ciri-Ciri Hamil Muda, Perhatikan dan Lakukan Tips Menjaga Kehamilan

Lantas bagaimana cara agar cepat hamil? Memang ada banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita begitu sulit untuk hamil. Kondisi ini tentunya berhubungan dengan aspek kesehatan, kesuburan, kondisi psikis, dan berbagai faktor lainnya.

Cara Agar Cepat Hamil yang Efektif

Harapan terhadap hadirnya suara tangisan bayi dalam sebuah keluarga seakan menjadi sesuatu yang begitu berharga. Tak sedikit pula suami istri yang melakukan berbagai langkah dan upaya agar bisa segera memiliki anak.

Nah, buat pasangan menikah yang belum memiliki anak, berikut ini beberapa cara agar cepat hamil yang bisa Anda coba lakukan. Dengan usaha keras dan niat yang sungguh-sungguh semoga harapan Anda bisa terwujud.

Merencanakan Kehamilan

Jika Anda bersama pasangan berniat untuk segera memiliki momongan sebaiknya lakukan perencanaan dengan niat bersama. Anda juga perlu berkonsultasi dengan para ahli, baik dokter maupun ahli gizi untuk meningkatkan peluangnya.

Dengan niat yang kuat antara Anda dengan pasangan akan lebih membantu dalam mewujudkan kehamilan sekaligus kesehatannya. Karena itu Anda perlu mulai selektif dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi.

Perhatikan Masa Subur Wanita

Jika Anda benar-benar ingin segera memiliki momongan sebaiknya kenali masa subur istri. Informasi ini sangat penting. Sebab sebuah pembuahan akan meningkat potensi keberhasilannya jika Anda lakukan pada periode ini.

Masa subur atau masa ovulasi biasanya terjadi pada pertengahan antar kedua waktu haid. Dengan kata lain periode ini muncul pada 16 hari sesudah haid atau pada 14 hari sebelum waktu haid selanjutnya.

Baca juga: Tanda Tanda Wanita Hamil, dari Kram Perut Hingga Morning Sickness

Selain pada waktu itu, melakukan hubungan suami istri sehari sebelum masa evolusi pun merupakan cara agar cepat hamil. Sebab sperma umumnya mampu bertahan dalam rahim sekitar dua hingga tiga hari, sedangkan sel telur hanya bertahan 12 hingga 24 jam.

Meningkatkan Kesuburan

Kesulitan mendapatkan anak bisa jadi karena kurangnya kesuburan. Bukan hanya pada pihak istri namun suami juga harus memperhatikan kesuburan dan kualitas spermanya. Karenanya penting kedua pasangan meningkatkan kesuburannya.

Salah satunya dengan memperhatikan asupan makanannya. Cara agar cepat hamil dengan mengonsumsi makanan tertentu akan membuat kesuburan semakin meningkat dan peluang hamil semakin besar. Seperti makan kecambah, ayam, telur, ikan, daging, dan susu.

Sedangkan beberapa jenis buah yang baik Anda konsumsi antara lain alpukat, apel, pisang, semangka, pepaya, jeruk bali, stroberi, blueberry, dan buah pear. Makan jenis daging, sayur, ataupun buah secara bergantian untuk mengoptimalkan kesuburan.

Rajin Olahraga

Melakukan olahraga juga penting untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Ini akan baik sebagai cara agar cepat hamil. Olahraga perlu Anda lakukan secara rutin dengan jenis yang ringan saja, seperti jogging, senam, berenang.

Anda bisa mengajak pasangan untuk melakukan olahraga ringan ini. Lakukan setidaknya dua hari sekali pada pagi hari dengan durasi sekitar setengah jam. Ada banyak manfaat melakukan aktivitas fisik ini berdua.

Menjaga Berat Badan

Kesuburan pria maupun wanita biasanya juga akan terganggu jika berat badan naik tinggi atau malah terlalu kurus. Sebab kondisi ini akan memicu tubuh menghasilkan hormon estrogen secara berlebihan.

Keluarnya hormon estrogen dalam jumlah yang besar bisa menyebabkan terganggunya proses ovulasi. Karena itu cara agar cepat hamil adalah dengan mengontrol dan mengendalikan berat badan Anda berdua agar ideal.

Kelola Stres

Stres merupakan hal yang wajar, termasuk yang banyak terjadi pada orang yang bekerja. Bahkan besarnya keinginan untuk memiliki anak juga bisa memicu stres. Kondisi ini tak hanya mengganggu kesehatan, namun juga menghambat terjadinya kehamilan.

Ya, stres bisa mengganggu saat Anda melakukan hubungan suami istri. Tekanan psikis juga akan menurunkan sistem imunitas tubuh maupun kualitas sperma serta sel telur. Ini tentunya tidak baik jika Anda ingin segera hamil.

Karena itu cara agar cepat hamil adalah dengan menekan dan mengelola stres agar tidak menjadi beban. Anda juga bisa mengajak pasangan untuk berlibur pada akhir pekan agar lebih fresh dan segar kembali.

Jauhi Gaya Hidup Tidak Sehat

Usaha untuk mendapatkan momongan perlu kesungguhan. Termasuk dengan menjauhi dan menghindari kebiasaan yang buruk dan tidak sehat. Seperti kebiasaan merokok, minum minuman keras, maupun mengonsumsi makanan manis maupun yang berlemak.

Makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan dan bisa mengganggu kesuburan Anda bersama pasangan. Begitu juga jika Anda masih sering kerja larut malam atau senang berkumpul kawan ketimbang sama istri juga sebaiknya segera ubah.

Menghentikan Alat KB

Kesulitan untuk hamil tak jarang terjadi pada pasangan yang sebelumnya menunda kehamilan dengan memasang alat KB. Penggunaan alat KB yang terlalu lama, termasuk untuk mengendalikan hormon, berdampak pada potensi kehamilan.

Baca juga: Tanda-Tanda Hamil yang Sering Terabaikan, Apa Saja?

Karena itu cara agar cepat hamil adalah dengan menghentikan atau melepaskan semua alat KB. Pastikan juga Anda bersih dari alat KB yang mungkin Anda gunakan sebelumnya.

Kebiasaan menggunakan atau mengikuti program KB yang lama juga membutuhkan waktu untuk mengembalikannya. Bisa saja Anda perlu melewatkan siklus haid terlebih dahulu sebelum bisa hamil.

Saling Mendukung

Kesulitan untuk hamil tak jarang berdampak pada psikologis pada kedua pasangan. Karena itu untuk mendorong cara agar cepat hamil sebaiknya Anda bersama pasangan memberikan dukungan yang saling menguatkan.

Dukungan bisa Anda berikan dalam berbagai bentuk. Baik dukungan psikis, meningkatkan konsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk kesuburan, maupun dengan meningkatkan kemesraan Anda berdua.

Lakukan Pemeriksaan Prakonsepsi

Jika Anda telah memiliki anak dan ingin menambah momongan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Jika perlu minta dokter untuk melakukan pemeriksaan prakonsepsi.

Anda sebaiknya memastikan jika tidak ada gangguan pada rahim atau kesuburan Anda. Begitu juga dengan pasangan Anda tidak ada masalah yang bisa menghambat untuk menambah anak lagi.

Berbaring Setelah Berhubungan

Salah satu cara agar cepat hamil lainnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan berbaring setelah melakukan hubungan. Selain baik untuk menenangkan diri setelah bergolak, posisi berbaring juga berguna untuk meningkatkan peluang hamil.

Bahkan ada kepercayaan pada sebagian masyarakat kita bahwa setelah berhubungan jangan bergegas bangun dari ranjang. Istilah Jawanya ‘ora ilok’ atau kurang pantas. Mungkin kepercayaan ini berkaitan dengan potensi untuk hamil.

Istirahat yang Cukup

Jika Anda merencanakan untuk memiliki anak juga perlu mengelola pekerjaan maupun aktivitas Anda. Solusi cara agar cepat hamil adalah dengan jangan berlebihan dalam bekerja dan beraktivitas serta istirahat yang cukup.

Baca juga: Aplikasi Menghitung Usia Kehamilan Gratis, Hasil Terbaik

Istirahat terbaik adalah dengan tidur. Tidur yang baik tak hanya pada malam hari, namun juga perlu dengan tidur siang. Apalagi jika Anda bekerja sebagai pengusaha atau memiliki usaha sendiri yang tak begitu terikat aturan kantor.

Istirahat sangat penting dalam proses regenerasi sel-sel tubuh dan mengembalikan kebugaran. Istirahat juga berperan penting dalam meningkatkan fungsi hormon reproduksi.

Demikianlah berbagai hal penting cara agar cepat hamil yang sebaiknya Anda siapkan. Keinginan hamil harus berangkat Anda bersama pasangan. Usaha yang sungguh-sungguh juga perlu diiringi dengan doa kepada Tuhan agar harapan Anda cepat terwujud. (R11/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid