Cara Diet Sehat yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan Berlebihan

Cara Diet Sehat
Ilustrasi Cara Diet Sehat. Foto Ist/net

Cara diet sehat alami mengiringi pola hidup masyarakat saat ini. Banyaknya faktor yang mempengaruhi kesehatan yang terganggu, cara ini menjadi salah satu solusi terbaik dalam mengatasinya.

Selain itu, mengurangi makan juga sebagian besar orang lakukan demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan proporsional. Banyak cara yang orang lakukan demi tujuan tersebut.

Proses ini menjadi cara paling mudah dan murah selain melakukan berbagai metode pada salon perawatan tubuh dan juga kecantikan.

Cara Diet Sehat

Mempunyai tubuh yang ramping, ideal, dan juga proporsional adalah dambaan sebagian besar masyarakat. Proses mengurangi makanan menjadi salah satu cara mudah yang dapat membantu dalam mewujudkan keinginan tersebut.

Tak jarang, orang melakukan segala cara agar usaha anda cepat berhasil atau berat tubuh berkurang dengan cepat. Mulai dari cara yang ketat hingga yang mengandung resiko kesehatan.

Baca juga: Penyebab Gagal Diet, Berat Badan Bukannya Turun Malah Jadi Naik

Jika anda adalah salah satu orang yang menginginkan tubuh ideal dengan cara pengurangan makan, sebaiknya melakukannya dengan cara yang benar. Caranya tak boleh anda lakukan dengan sembarangan.

Banyak hal yang dapat anda perhatikan agar usaha anda tidak menjadi salah satu kegiatan yang membahayakan. Cara diet sehat yang aman dapat anda lakukan dengan metode yang benar.

Berikut adalah beberapa cara mengurangi berat badan sehat alami yang dapat membuat berat badan anda turun dengan aman dan juga tidak mengandung resiko kesehatan.

Perbanyak Konsumsi Sayur

Anda dapat melakukannya secara alami dan juga menyehatkan dengan mengandalkan menu sayur mayur. Mengkonsumsi sayur dalam menu makanan anda misalkan salad sebelum melakukan makan besar, dapat membuat kenyang lebih cepat.

Dengan demikian, akan mempengaruhi jumlah atau porsi makan anda. Selain membuat kenyang, menu makanan sayur juga dapat memenuhi asupan anda terhadap kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan juga mineral.

Dengan demikian, mengkonsumsi sayuran sebelum anda melakukan makan besar, dapat menjaga tubuh kekurangan nutrisi.

Penuhi Serat

Cara diet sehat yang aman selanjutnya adalah jangan lupakan akan kehadiran serat bagi tubuh anda. Serat adalah salah satu nutrisi yang dapat membuat berat badan turun. Selain itu, juga dapat menstabilkan berat badan agar tak cepat mengalami kenaikan.

Baca juga: Buah yang Cocok untuk Diet Sehat dan Menurunkan Berat Badan

Nutrisi serat ini dapat anda temukan pada berbagai macam menu makanan yang sehat seperti buah, sayur, serta kacang-kacangan. Menu makanan yang tinggi akan serat dapat mempermudah dalam tubuh melakukan pembuangan zat sisa.

Proses buang air besar dapat berlangsung dengan lancar serta sangat berpengaruh terhadap berat badan. Sisa makanan akan menumpuk pada usus besar jika tak dapat keluar dengan lancar. Hal tersebut selain menambah berat badan, juga dapat berpengaruh pada kesehatan anda.

Hindari Diet Modis

Cara yang satu ini juga sering kita sebut dengan fat diet. Cara mengurangi berat tubuh yang satu ini adalah dengan menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Akan tetapi, metode ini sering orang imbangi dengan cara yang ketat.

Kemudian, proses dengan cara seperti ini akan sangat sulit bertahan atau cenderung lebih cepat menyerah dan gagal. Hal ini karena bukan merupakan cara diet sehat yang aman. Jika anda melakukan penurunan berat badan yang semacam ini, mungkin seketika anda mendapatkan penurunan berat tubuh dengan cepat.

Namun, juga dengan cepat pula, berat badan akan mengalami peningkatan kembali. Ibaratnya, mengurangi berat badan anda hanya seperti yoyo, kadang naik, kadang turun. Sehingga, bentuk tubuh yang ideal pun sulit anda peroleh.

Selain itu, cara seperti ini juga sering bersamaan dengan konsumsi obat pelangsing. Kebanyakan obat penurun berat badan ini orang dapatkan tanpa asal-usul yang jelas.

Mengurangi Karbohidrat olahan

Cara diet sehat yang dimaksud adalah mengurangi konsumsi jenis karbohidrat yang sudah mengalami pengolahan, sehingga manfaat nutrisi serta seratnya hilang. Biasanya, jenis karbohidrat olahan ini seperti tepung, pasta, serta roti tawar.

Sebagai penggantinya, anda dapat mengkonsumsi jenis karbohidrat tersebut dengan tepung gandum, kentang, dan sebagainya. Jenis makanan seperti gandum mempunyai nutrisi yang lebih kompleks dan juga membuat perut kenyang lebih lama.

Banyak Minum Air Putih

Air putih mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Salah satunya anda dapat mengandalkannya untuk diet sehat atau mengurangi berat badan berlebih. Caranya, anda hanya perbanyak konsumsi air putih dengan sedikit kalori.

Sebelum anda makan besar, ada baiknya minum air putih agar perut terasa kenyang. Dengan demikian, asupan makanan yang masuk akan menjadi lebih sedikit.

Selain sebagai proses mengurangi berat badan yang aman dan membuat perut terasa lebih kenyang, air putih juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan air. Sehingga, tubuh tidak akan mengalami dehidrasi.

Jangan Biarkan Tubuh Anda Kelaparan

Cara diet sehat yang aman tanpa obat-obatan selanjutnya adalah jangan membiarkan tubuh anda kelaparan. Hal ini berarti, cara menurunkan berat tubuh dengan menahan lapar akan justru mendorong anda lebih balas dendam dengan makan yang berlebihan.

Cara balas dendam karena menahan lapar ini justru akan semakin memperburuk berat badan anda. Anda akan melupakan makanan yang sehat dan cenderung lebih mengkonsumsi apa yang ada.

Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

Sudah kita ketahui bersama jika makanan dan juga minuman yang manis pada umumnya mengandung gula. Kemudian, juga mempunyai kandungan nutrisi yang rendah atau justru tidak ada nutrisinya sama sekali. Sehingga, sudah dapat kita pastikan jika makanan dan minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Makanan atau minuman kemasan seperti jus buah juga mengandung gula tambahan yang kadarnya cukup banyak. Jika anda terpaksa atau sangat ingin minum dari jus kemasan, sebaiknya pilih yang less sugar demi mempertahankan cara diet sehat anda.

Sarapan dengan Tinggi Protein

Coba anda ganti sarapan roti dan sereal anda dengan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, misalkan susu atau telur.

Jika pagi hari anda isi dengan sarapan yang tinggi protein, maka akan membantu dalam menghindari rasa ingin makan camilan yang berlebih. Hal ini sudah sangat terbukti dalam menurunkan berat badan dengan kontrol asupan protein secara baik.

Mengkonsumsi Lemak yang Sehat

Tubuh kita juga membutuhkan lemak. Biasanya, lemak adalah jenis yang paling orang hindari saat ingin menurunkan berat badan. Padahal, lemak juga dapat membantu tubuh kita memiliki berat yang stabil.

Lemak sehat yang dapat anda konsumsi adalah jenis kacang-kacangan dan juga alpukat. Selain itu, cara diet sehat alami dengan konsumsi lemak sehat ini akan memberikan perut anda kenyang lebih lama.

Menghindari Minuman Beralkohol

Cara menurunkan berat badan yang sehat selanjutnya adalah menghindari minuman yang mengandung alkohol. Biasanya, jenis minuman ini akan mengandung kalori yang lebih tinggi daripada minuman lainnya. Kalori yang tinggi ini akan menjadikan produksi gula dalam tubuh meningkat dengan drastis.

Akibatnya, cara menurunkan berat badan anda akan gagal dan tubuh dengan berat badan ideal sulit anda dapatkan. Terlebih, mengkonsumsi minuman beralkohol akan membuat tubuh kita kehilangan mineral yang cukup banyak. Sehingga, tubuh akan mengalami dehidrasi yang lebih cepat.

Melakukan Olahraga Ringan dengan Rutin

Sudah dapat kita pastikan jika melakukan olahraga membuat tubuh sehat dan bugar. Selain sebagai cara diet sehat, berolahraga juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh.

Akan tetapi, jika anda sedang menjalani pengurangan berat badan, sebaiknya yang dapat anda lakukan adalah olahraga yang ringan saja. Misalkan lari pagi dan workout ringan. Anda dapat jalan kaki pada pagi atau sore hari.

Baca juga: Ini Dia 10 Sayur yang Bagus untuk Diet Cepat! Jangan Salah Pilih!

Melakukan olahraga dengan keras selagi anda menjalankan diet hanya akan berakibat fatal bagi kesehatan anda. Meskipun cara ini yang anda lakukan adalah dengan metode yang sehat, namun jika anda melakukan olahraga berat akan membuat tubuh anda kesulitan beradaptasi.

Pilih Cara yang Sesuai

Banyak sekali jenis pengurangan berat tubuh yang dapat anda lakukan, salah satunya adalah diet mayo. Proses ini adalah pengurangan berat tubuh yang berfokus pada gaya hidup agar lebih sehat. Anda perlu memahami tentang jenis cara ini dan keinginan anda, sehingga akan menjadikan penerapan yang lebih tepat.

Perlu anda ketahui, jika menurunkan berat tubuh dengan penerapan beberapa jenis obat-obatan tak berlangsung lama. Justru, cara diet sehat alami dapat kita peroleh jika berimbang dengan gaya hidup sehat dengan asupan makanan yang cukup.

Cara diet sehat dapat kita terapkan dan menghasilkan penurunan berat badan yang bertahap, bukan dengan penurunan yang drastis. Dengan penurunan bertahap inilah yang menjadikan kita akan lebih mudah dalam mengontrolnya. (R10/HR-Online)

Editor: Eva Latifah