Cara Investasi Saham yang Mudah dan Aman untuk Tabungan Masa Depan

cara investasi saham
Cara investasi saham yang menguntungkan. Foto: Ist/Net

Cara investasi saham mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang. Apalagi untuk para pemula yang bingung dalam mencari alternatif yang aman dan menguntungkan. Selain itu, investasi saham mengandung risiko yang wajib Anda tahu.

Memikirkan dan merencanakan masa depan yang lebih baik merupakan cara agar pada masa tua dapat kita lalui dengan nyaman dan sejahtera. Ada banyak instrumen yang bisa kita pilih untuk mencapai masa depan yang mapan.

Anda bisa memilih cara konvensional yang rendah risikonya seperti dengan menabung, deposito, atau menabung emas. Anda juga bisa memilih dengan bermain saham yang memang memiliki risiko tidak kecil.

Baca Juga: Cara Membeli Saham Bagi Pemula, Pilih Trading atau Deviden?

Saham adalah surat berharga yang termasuk dalam jenis investasi yang populer dan menjadi buruan para investor. Keuntungan yang bisa kita dapatkan atau deviden dari saham bisa sangat tinggi.

Bahkan keuntungan saham akan melebihi bunga deposito bank maupun investasi emas. Namun sekali lagi, kelemahan bisnis saham adalah risiko kerugian yang sangat besar sebagaimana risiko keuntungan yang besar pula.

Cara investasi saham memang termasuk jenis investasi yang tingkat risikonya cukup besar. Hal ini sesuai kaidah investasi bahwa semakin besar risiko maka akan semakin besar pula keuntungannya.

Untuk menanamkan investasinya dalam bentuk saham Anda harus menyiapkan anggaran yang cukup. Uang yang Anda tanamankan dalam saham juga tidak boleh kita ambil dari keuangan untuk makan sehari-hari. Bisa-bisa Anda tidak makan jika gagal.

Biaya yang Anda keluarkan untuk saham sebaiknya juga bukan uang dari tabungan anak-anak atau simpanan keluarga. Sebaliknya, gunakan saja uang yang tidak berkaitan dengan kepentingan keluarga Anda.

Tahapan Penting Cara Investasi Saham

Tingginya risiko bermain saham dapat membuat uang hangus dalam sekejap. Karena itu rencanakan dengan baik anggaran yang akan Anda gunakan. Anda juga harus mempelajari strategi bermain saham untuk mengantisipasi kerugian yang besar.

Namun untuk Anda yang tetap tertarik dan ingin mencoba bisnis saham Anda perlu mempelajarinya dengan baik. Nah, berikut ini cara investasi saham untuk pemula yang sebaiknya Anda tahu.

Memilih Perusahaan Sekuritas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki rekening saham. Untuk membukanya, Anda harus memilih perusahaan sekuritas. Namun pemilihan ini tak boleh sembarangan dan asal pilih.

Selain harus sudah terdaftar pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan), perusahaan sekuritas tersebut juga harus yang terpercaya. Anda bisa melihat buktinya dengan jumlah klien terkemuka yang telah mereka tangani.

Langkah cara investasi saham yang aman jika Anda mendatangi langsung kantor perusahaan tersebut untuk menekan risiko penipuan. Beberapa sekuritas yang cukup terpercaya dan terkenal antara lain BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, atau Indo Premier Sekuritas.

Baca Juga: Yuk Bermain Saham Online Gratis Sebelum Trading Saham Sungguhan

Yang menarik, perusahaan sekuritas umumnya sudah mempunyai kantor cabang di beberapa kota besar. Anda bisa mengetahui kantor cabang perusahaan sekuritas dengan mengunjungi situs resminya.

Melakukan Analisis Kondisi Perusahaan

Langkah penting cara investasi saham lainnya yang harus Anda perhatikan adalah mempelajari kondisi perusahaan yang akan Anda beli sahamnya. Apakah perusahaan yang Anda minati sahamnya memiliki keuangan yang sehat atau tidak.

Anda juga perlu meneliti pergerakan keuntungan perusahaan dari tahun ke tahun. Termasuk faktor eksternal apa saja yang ikut mempengaruhi kondisi perusahaan juga perlu analisis yang cermat dan teliti.

Transaksi Trading Online

Saat ini transaksi saham bisa kita lakukan dengan jauh lebih mudah secara online. Anda perlu mengunduh aplikasi trading online yang tersedia secara gratis atau meminta dari perusahaan sekuritas tempat Anda membuka rekening.

Menu aplikasi ini cukup lengkap yang bisa memandu cara investasi saham. Dari daftar harga beli dan jual saham berbagai perusahaan. Saham perusahaan yang kita beli sudah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia atau pasar modal.

Anda juga bisa mempelajari grafik pergerakan setiap kenaikan laba atau harga saham perusahaan. Ini akan memudahkan investor untuk mengambil keputusan membeli atau menjual saham.

Saat Membeli Saham

Setelah analisa yang cermat Anda lakukan, cara investasi saham selanjutnya adalah membuat eksekusi untuk membeli saham. Ini merupakan momentm yang sangat menentukan dan mendebarkan bagi investor.

Untuk membeli saham ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan. Anda tinggal menghubungi manajer investasi perusahaan sekuritas lewat ponsel. Bisa juga Anda mendatangi kantor perusahaan sekuritas dan meminta melakukan pembelian saham.

Setelah itu Anda bisa memantau pergerakan saham yang telah Anda beli melalui aplikasi. Jika Anda memilih menjadi trader, Anda bisa segera melepas dan menjual saham saat saham mengalami peningkatan untuk memperoleh laba.

Itulah informasi cara investasi saham yang cukup mudah. Namun karena investasi ini memiliki risiko cukup tinggi, sebaiknya pelajari dengan baik. Anda juga bisa mencobanya terlebih dahulu dengan akun gratis. (R11/HR-Online)