Cara Membeli Saham Bagi Pemula, Pilih Trading atau Deviden?

cara membeli saham bagi pemula
Cara Membeli Saham Bagi Pemula. Foto: Ist/net

Cara membeli saham bagi pemula mungkin bukan hal yang mudah. Ada pilihan sebagai trader untuk investasi jangka pendek ataupun untuk jangka panjang. Memilih bentuk investasi perlu cermat agar tidak merugi.

Seperti kita maklum, uang yang banyak tidak menjamin kemakmuran hidup, bahkan bisa habis dalam waktu sekejap. Tidak sedikit pula orang yang mempunyai harta melimpah, namun kesulitan dalam mengelola hartanya.

Untuk mengelola harta tentunya perlu kecerdasan keuangan. Hal ini supaya harta tidak habis tetapi semakin bertambah banyak. Salah satu caranya dengan melakukan investasi khususnya dalam bentuk saham.

Cara Membeli dan Investasi Saham Bagi Pemula

Seiring kemajuan teknologi komunikasi yang semakin canggih membuat pembelian saham dapat kita lakukan secara online. Hal ini tentu memudahkan bagi investor dalam menanamkan investasinya tanpa harus keluar rumah.

Baca juga: Yuk Bermain Saham Online Gratis Sebelum Trading Saham Sungguhan

Nah, untuk Anda yang tertarik dan ingin mencoba bermain saham tentunya harus mengetahui proses pembelian saham. Nah, berikut ini cara membeli saham bagi pemula agar lebih mengetahui prosedurnya.

Membuat Rekening Saham

Membeli saham tidak seperti kita membeli barang di toko atau warung. Anda mesti mengikuti prosedur pembelian saham yang ada. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki rekening saham.

Untuk membuka rekening saham caranya sangat mudah. Hal itu seperti kita membuka rekening tabungan di bank. Anda bisa membuat rekening saham pada sebuah lembaga sekuritas dengan cara online maupun offline.

Untuk model offline tentunya Anda harus datang ke kantor perusahaan sekuritas dan mengutarakan niat untuk membuat rekening saham. Anda akan mendapat panduan dari customer service untuk membuka rekening saham.

Antara lain Anda harus mengisi formulir dan melengkapi dokumen. Dokumen yang harus Anda siapkan diantaranya Kartu Tanda Penduduk, identitas diri, data pekerjaan atau usaha, data ahli waris, NPWP, dan buku tabungan bank.

Penyetoran Saldo Awal

Setelah memiliki rekening saham, cara membeli saham bagi pemula selanjutnya adalah menyetor uang untuk mengisi saldo rekening saham. Saldo inilah yang nantinya Anda gunakan untuk membeli saham. Besaran saldo pertama biasanya sudah ada ketentuannya.

Memang persyaratan saldo pertama berbeda antar perusahaan sekuritas. Ada yang Rp 1 juta hingga Rp 10 jutaan. Apabila Anda memilih perusahaan sekuritas asing umumnya menentukan beban deposit awal yang sangat besar.

Memilih Cara Beli Saham

Sesudah menyerahkan setoran pertama, maka Anda sudah tercatat menjadi bagian atau sebagai investor yang bisa mulai membeli saham. Ada dua cara membeli saham bagi pemula, yakni trading saham dan investasi jangka panjang.

Trading saham berarti Anda membeli saham hanya untuk jangka pendek. Karena keesokan harinya bisa saja Anda langsung jual kembali. Orang yang melakukan perdagangan saham dengan metode ini disebut trader.

Biasanya pada waktu nilai saham turun, trader akan membeli saham. Sedangkan pada saat nilai saham meningkat akan segera menjual kembali untuk memperoleh profit atau laba.

Baca juga: Begini Strategi Investasi Saham Menurut RELI

Selain menjadi trader, Anda juga bisa membeli saham untuk jangka panjang. Tujuan metode ini adalah untuk mendapatkan deviden yang biasanya dilakukan setiap tahun pasca RUPS.

Sebelum menentukan cara membeli saham bagi pemula Anda perlu menentukan tujuan Anda berinvestasi, apakah ingin sebagai trader atau untuk jangka panjang. Pilihan ini perlu Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial dan kebutuhan Anda.

Jika Anda memilih investasi jangka panjang, maka tidak akan menjual saham. Namun membeli saham untuk jangka panjang mesti cermat. Sebaiknya beli saham perusahaan yang sudah mapan dan potensial atau populer dengan sebutan saham bluechip.

Mengunduh Aplikasi Trading Online

Tahapan cara membeli saham bagi pemula selanjutnya Anda mesti mengunduh aplikasi bernama Online Trading Saham. Melalui aplikasi inilah Anda baru dapat membeli saham secara online.

Anda bisa mendownload aplikasi langsung dari Google Playstore atau lewat perusahaan sekuritas. Namun biasanya perusahaan sekuritas akan memberikannya. Setiap lembaga sekuritas umumnya mempunyai apk trading online yang berlainan untuk investornya.

Kegunaan aplikasi Trading Online bukan hanya sebagai sarana untuk pembelian saham secara online. Aplikasi ini juga berfungsi untuk memantau dan mengetahui perkembangan dan pergerakan saham setiap saat.

Baca juga: Keuntungan Investasi Apartemen yang Prospektif dan Untung Menjanjikan

Waktu yang paling baik untuk membeli saham pada Bursa Efek Indonesia adalah pada hari Senin hingga Jumat dari jam 9 pagi hingga jam 12 siang. Untuk membeli saham pada sesi kedua dapat Anda lakukan pada pukul 13.30 sampai jam 16.15 WIB.

Itulah beberapa cara membeli saham bagi pemula yang sebaiknya Anda tahu. Anda juga perlu mengetahui jenis saham yang potensial dan menguntungkan sebelum memutuskan untuk membelinya. (R11/HR-Online)

Editor: Deni Supendi