spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Email di HP Android, Apa Saja Manfaatnya?

Cara Membuat Email di HP Android, Apa Saja Manfaatnya?

- Advertisement -

Cara membuat email di hp perlu anda tahu untuk memudahkan mengirim pesan. Dulunya jika ingin bertukar pesan menggunakan surat dan harus pergi ke kantor pos. Hal ini akan membutuhkan lebih banyak waktu ketika menggunakan surat, baik untuk mengirim maupun menerima balasannya.

Kini hal tersebut tidak perlu anda rasakan karena surat tidak menggunakan pos lagi. Sekarang sudah ada surat elektronik yang semakin modern. Surat elektronik kata lain dari email atau elektronik email.

Dengan menggunakan surat elektronik, nantinya tidak mengharuskan orang untuk menyisihkan waktunya agar pergi ke kantor pos dalam mengirim pesan. Bahkan kini menggunakan cara ini, bisa dengan hitungan detik saja surat telah terkirim.

Cara Membuat Email di HP Android dengan Mudah

Surat menjadi media komunikasi yang masih banyak orang gunakan, baik untuk bertukar kabar atau urusan pekerjaan. Sehingga menggunakan surat bisa menjadi alternatif untuk komunikasi dengan orang yang lokasinya jauh.

Baca juga: Strategi Email Marketing untuk Membangun Loyalitas Pelanggan

Namun sekarang bisa menggunakan surat elektronik sebagai ganti surat konvensional. Saat ini sudah banyak pilihan untuk menggunakan email seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, Outlook, dan masih banyak lagi.

Hanya saja, Gmail yang sering menjadi email favorit. Kali ini akan membahas cara membuat email di hp Android, terutama untuk layanan Gmail. Selain menggunakan layanan umum, nantinya akan memberikan cara membuat email dengan berbasis domain. Oleh karena itu, anda bisa membalas pesan kapan saja.

Mengapa GMail?

Sebelum membahas cara membuat email, akan membahas banyak pertanyaan mengenai alasan mengapa harus menggunakan Gmail. Lalu juga kenapa tidak menggunakan layanan email yang lainnya.

Ada banyak alasan untuk menjawab pertanyaan seperti itu. Salah satunya, secara otomatis bisa memiliki akun Google pada semua produknya. Karena dengan menggunakan Gmail, nantinya bisa masuk untuk Google, Google Calender, Google Docs, sampai dengan Maps.

Hal ini karena sebelumnya Google telah melakukan akuisisi pada hp Android sehingga mewajibkan semua penggunanya untuk menggunakan akun Gmail saat masuk ke produknya. Sehingga perlu tahu cara membuat email di hp.

Mulai dari Play Store yang harus menggunakan Gmail agar bisa mengakses berbagai pilihan aplikasi, baik itu hiburan maupun aplikasi penting lainnya.

GMail Gratis dan Tertata Rapi

Alasan kedua, karena membuat akun Gmail itu gratis alias tidak menggunakan biaya untuk melakukan pendaftaran. Selain itu, Gmail memiliki email yang lebih tertata dan rapi.

Hal ini karena adanya fitur label sehingga bisa membantu anda untuk menata folder dengan lebih baik. Nantinya anda bisa menambahkan pula folder jika menginginkan ketika mengetahui cara membuat email di hp.

Baca juga: Fitur Baru di Gmail untuk Kemudahan Pencarian Email

Bahkan menggunakan Gmail tidak perlu takut kehabisan kapasitas karena Gmail sudah terkenal dengan kapasitasnya yang besar, yaitu 15GB. Kapasitas ini akan cukup jika pandai mengatur file penyimpanan. Namun jika masih kurang, maka bisa menggunakan versi premium untuk menambah kapasitas dengan menggunakan biaya tertentu.

Terakhir alasan mengapa memilih Gmail yaitu karena bisa sinkronisasi Chrome. Meski tanpa menggunakan Gmail pun juga bisa. Namun ketika akun Gmail telah tersinkronisasi, maka semua riwayat akan tersimpan dalam bookmark dengan rapi. Ini adalah bagian dari cara membuat email di hp.

Banyak bukan alasan harus menggunakan Gmail sebagai alamat email anda yang bisa anda andalkan untuk berkomunikasi dengan relasi dan kerabat. Meski antar negara sekalipun, surat bisa langsung penerima terima dengan cepat.

Langkah Membuat Akun Email

Untuk anda yang ingin membuat akun email, maka perhatikan cara berikut ini. Tentunya sangat mudah untuk anda ikuti.

  1. Pastikan terlebih dahulu untuk mendownloadnya pada Play Store.
  2. Apabila aplikasi telah terunduh, maka bisa masuk untuk Add An Email Address.
  3. Nantinya anda akan masuk untuk halaman set up email, lalu pilih Google. Bagi yang ingin membuat email baru, maka klik Create Account serta klik For Myself.
  4. Cara membuat email di hp selanjutnya yaitu dengan isi nama depan dan belakang, lalu klik Next untuk melanjutkan halaman berikutnya.
  5. Lengkapi data yang ada, misalnya untuk tanggal kelahiran serta jenis kelamin. Kemudian pilih alamat email yang telah Gmail sediakan atau bisa membuat sendiri akunnya.
  6. Kali akan menggunakan email yang telah Gmail sarankan. Untuk itu, klik Next, yang selanjutnya buat password kombinasi angka dan huruf. Namun jangan menggunakan password tanggal lahir karena mudah orang lain tebak.
  7. Bila ingin menambahkan nomor telepon, bisa Yes, i’m in. Jika tidak, bisa pilih Skip. Lalu cek kembali data yang anda masukan. Apabila sudah yakin, maka bisa klik Next.
  8. Selanjutnya anda masuk halaman syarat dan persetujuan mengenai ketentuan, lalu klik I Agree. Ada penambahan kembali jika ingin melakukan backup, maka bisa melakukan backup menggunakan Google Drive dengan aktifkan Accept.

Sampai sini email anda sudah berhasil terbuat. Selanjutnya anda bisa ke aplikasi Gmail dan masuk ke Take Me To Gmail agar bisa melihat tampilan Gmail anda yang sudah berhasil terbuat. Mudah bukan cara membuat email via hp?

Cara Buat Email Basis Domain HP Android (Akun Profesional)

Sudah ada pemberitahuan sebelumnya jika akan memberikan cara membuat email di hp berbasis domain. Sebelum mulai membuat akun, maka cari tahu terlebih dahulu mengenai pengaturan email.

Baca juga: Tips Membuat Password Akun yang Tidak Mudah Dibobol

Pengaturan ini bisa anda temukan pada dashboard hpanel dengan masuk hosting. Lalu Email dan Email Accounts. Halaman ini akan berisikan informasi yang anda butuhkan mengenai email. Namun jika belum membuat email, maka klik Create A New Email Account dan lengkapi semua data dengan klik Create.

Semua informasi tersebut akan sangat bermanfaat ketika membuat email untuk hp atau tablet. Pada umumnya hp menggunakan layanan Gmail untuk emailnya. Namun jika anda menginginkan alamat yang lain, caranya akan sama dengan Gmail.

Langkah-langkah Membuat Email

  1. Pertama masuk untuk akun anda pada sudut kanan atas dalam aplikasi Gmail. Hal ini untuk yang sebelumnya sudah memiliki akun Gmail.
  2. Lalu klik Add Another Account dan klik Other. Masukkan alamat email anda, namun jangan langsung Next karena pilih Manual Setup.
  3. Kemudian protokol email juga harus anda pilih dengan POP3, IMAP, bisa juga Exchange. Apabila ingin menyinkronisasikan dengan beberapa perangkat, bisa menggunakan POP dan IMAP. Ini adalah salah satu bagian dari cara membuat email untuk basis domain yang mudah.
  4. Masukan password anda, lalu klik Next. Lakukan konfigurasi pada server dengan isi kolom server yang sebelumnya sudah tersimpan dalam Email Account. Apabila menggunakan provider lain, akun Hostinger bisa menghubungkan dengan layanan email lainnya.
  5. Pada kolom Security Type, masuk menu drop down dan menuju SSl atau TLS.
  6. Pada pengaturan server keluar, bisa mengisi SMTPserver dan klik Next. Masuk untuk mengaktifkan Sync Frequency agar menandai semua pengaturan yang ingin anda tambahkan dengan klik Next.
  7. Kemudian masukkan nama akun dengan nama lengkap agar bisa menyaring pesan yang akan masuk pada akun pribadi dan akun profesional. Sehingga pesan bisa terpilah dengan sendirinya. Hal ini menjadi bagian cara membuat email di hp dengan basis domain.

Manfaat Email

Surat elektronik sangat banyak manfaatnya. Nah, apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan email daripada surat konvensional?

Email berperan sebagai media untuk berkirim surat dengan internet. Mulai dari dokumen, gambar, audio, sampai dengan video. Anda bisa berhubungan dengan siapa saja untuk berkomunikasi asalkan terhubung dengan internet.

Tempat bukan halangan untuk berkirim pesan, mulai jarak dekat sampai antar negara dan benua pun bisa. Selain cara membuat email, manfaatnya harus anda ketahui.

Baca juga: Cara Membuat Password yang Sulit Dibobol Hacker

Manfaat selanjutnya adalah anda bisa mengirim pesan dalam jumlah banyak untuk beberapa penerima dalam waktu yang bersamaan dengan biaya murah dan cepat. Bisa pula anda manfaatkan untuk berlangganan informasi secara berkala.

Email juga bermanfaat untuk memiliki berbagai media sosial. Misalnya Facebook, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi. Bahkan email sangat berguna untuk mendaftarkan layanan publik secara online.

Cara membuat email di hp ini sangat mudah untuk anda praktekkan. Gunakan email dengan baik agar semua manfaatnya bisa anda rasakan sendiri, baik untuk bertukar pesan kerabat maupun bisnis. Peranan email memang sangat banyak bagi penggunanya. (R10/HR-Online)

Editor: Deni Supendi

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -