Cara Menabung Emas di Pegadaian yang Aman dan Menguntungkan

cara menabung emas di pegadaian
Begini cara menabung emas di pegadaian. Foto: Ist/Net

Cara menabung emas di pegadaian ternyata tidak sulit, bahkan untuk orang yang uangnya terbatas. Ada banyak alternatif yang bisa kita pilih, akan melakukan cicilan atau dengan menabung emas dari berat terkecil.

Menabung emas merupakan salah satu bentuk investasi masa depan yang terbilang aman. Apalagi pegadaian juga merupakan lembaga pembiayaan yang resmi dan terpercaya. Bahkan cabangnya terdapat pada berbagai daerah sehingga mudah menjangkaunya.

Baca Juga: Investasi Emas Antam dan Keuntungannya yang Menjanjikan

Bahkan tak sedikit pengamat keuangan yang menilai bahwa menyimpan atau menabung emas merupakan salah satu bentuk investasi paling aman dan rendah risikonya. Apalagi harga emas jarang sekali mengalami penurunan.

Jika Anda menyimpan uang pada lembaga perbankan, keuntungannya berupa bunga bank. Namun jika terjadi resesi atau peristiwa besar yang menyebabkan kurs uang merosot, maka kekayaan Anda juga akan ikut merosot.

Keuntungan Menabung Emas Pegadaian

Ada banyak pilihan dalam menyimpan kekayaan kita. Selain dengan menabungkannya dalam bentuk deposito, Anda juga bisa membelanjakannya dengan membeli tanah, rumah, atau mobil.

Anda juga menanamkan kekayaan Anda pada berbagai bentuk bisnis agar berkembang. Anda juga bisa menanamkannya dalam bentuk saham. Namun berbagai cara investasi tersebut terbilang berisiko.

Jika Anda merasa bingung dalam menyimpan uang, kenapa tidak menabung dalam bentuk emas. Berikut ini berbagai keuntungan cara menabung emas di pegadaian yang mungkin berguna untuk Anda.

Untuk Dana Darurat

Setiap keluarga tentunya perlu menyiapkan masa depan untuk anak-anaknya. Salah satu pos keuangan yang harus kita siapkan adalah dana darurat. Dana ini penting untuk membiayai berbagai keperluan yang terjadi mendadak.

Misalnya saat Anda atau anggota keluarga ada yang menderita sakit, mengalami kecelakaan, ataupun terkena musibah yang tidak terduga tentunya membutuhkan biaya yang besar. Simpanan emas bisa menjadi dana darurat yang berguna.

Terjamin

Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang sudah terdaftar pada OJK dan mendapat jaminan dari pemerintah. Karena itu menabung atau menyimpan uang emas ke pegadaian mendapat jaminan.

Aman

Cara menabung emas di pegadaian juga terbilang aman. Selain aman dari risiko penurunan nilainya maupun aspek keamanan penyimpanannya. Berbeda jika Anda menyimpan emas dalam rumah yang bisa saja hilang karena pencurian.

Fleksibel

Menyimpan kekayaan dalam bentuk emas ke pegadaian juga cukup fleksibel. Jika Anda ingin menguangkan atau mengambil emas sewaktu-waktu bisa saja Anda lakukan. Hal ini berbeda dengan investasi emas Antam yang tidak bebas.

Alternatif Cara Menabung Emas di Pegadaian

Saat ini banyak orang yang tertarik menanamkan uangnya dengan investasi emas pada pegadaian. Lembaga keuangan milik pemerintah ini telah melakkan inovasi yang makin membuat masyarakat makin mudah melakukan investasi.

Baca Juga: Cara Membeli Saham Bagi Pemula, Pilih Trading atau Deviden?

Menanamkan investasi emas merupakan alteratif terbaik untuk masa depan kita. Berikut ini beberapa alternatif cara menabung emas pegadaian yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan

Cicilan Emas

Berbeda dengan bentuk investasi emas lainnya yang membutuhkan uang yang sangat besar tidak demikian dengan pegadaian. Bahkan Anda yang hanya memiliki uang terbatas bisa menanamkan investasinya pada pegadaian.

Salah satu alternatif menabung emas yang memberikan kemudahan untuk masyarakat adalah dengan mencicil atau dengan cara mengangsur. Anda tidak perlu menyiapkan dana besar agar bisa menabung emas seperti ini.

Untuk cara menabung emas di pegadaian sebaiknya Anda datang langsung ke pegadaian. Petugas atau customer service pegadaian biasanya akan menawarkan beberapa pilihan cara investasi emas.

Setelah Anda menentukan jenis emas untuk tabungan dengan cara mencicil, selanjutnya Anda perlu membayar uang muka sebesar 20 persen sampai 30 persen dari harga emas yang Anda inginkan.

Anda juga harus menentukan jangka waktu pembayaran angsuran. Anda bisa memilih beberapa alternatif, dari jangka waktu terpendek yaitu satu bulan sampai 36 bulan. Sesuaikan saja dengan kemampuan keuangan Anda.

Saat Anda sudah bisa melunasi waktu cicilan, Anda berhak untuk mendapatkan emas yang Anda inginkan. Yang menarik, cara menabung emas di pegadaian ini juga bisa Anda lakukan secara onlne melalui internet.

Menabung Emas

Program yang satu ini juga merupakan pilihan menarik dari pegadaian bagi masyarakat yang ingin menabung emas. Langkah ini menarik minat banyak orang dalam menanamkan investasi emas dengan cara yang lebih familiar.

Untuk cara menabung emas melalui pegadaian ini juga cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan sistim cicilan. Untuk Anda yang telah memiliki emas dan ingin mendapatkan keuntungan bisa menabung dan menitipkannya ke pegadaian.

Menabung emas pada lembaga pegadaian juga sangat terjangkau. Anda bahkan bisa memulainya dengan menabung emas seberat 0,01 gram. Emas sebesar ini setara dengan uang sebesar Rp 10 ribu rupiah.

Namun untuk yang belum memiliki emas juga tetap bisa melakukannya. Cara menabung emas di pegadaian adalah dengan membayar sebuah emas dengan berat tertentu. Setelah itu Anda perlu menitipkannya agar emas Anda menguntungkan. (R11/HR-Online)