Cara Mengecat Rambut untuk Hasil Optimal dan Tampilan Modis

cara mengecat rambut
Cara mengecat rambut. Foto: Ist/Net

Cara mengecat rambut yang terlihat mudah bisa menjadi hal yang sulit untuk sebagian orang. Bahkan tak sedikit orang yang langsung mengubah warna rambutnya hanya karena tertarik dengan mode yang sedang viral dan populer.

Mewarnai rambut merupakan mode para artis, selebritis, dan tokoh lainnya untuk tampil beda. Selain degan menggunakan warna yang lebih natural dan sesuai warna kulit, tak jarang pula yang memilih degan warna kontras.

Baca Juga: Gaya Rambut Lurus untuk Wanita Sesuai Bentuk Wajah Cantik dan Modis

Cara Mengecat Rambut Sendiri yang Mudah

Buat Anda yang ingin mengubah tampilan dengan warna rambut yang berbeda, Anda bisa kok melakukannya sendiri. Yuk simak saja beberapa langkah cara mengecat rambut untuk hasil optimal ini.

Pilih Warna Rambut yang Sesuai

Saat ini banyak sekali produk pewarna rambut yang menyediakan beragam corak atau jenis warna. Dari warna black and white alias hitam atau putih, juga tersedia warna-warni pelangi yang bebas untuk kita pilih.

Dalam produk tersebut biasanya terdapat informasi warna berdasarkan sifat yang akan timbul. Ada yang bersifat dingin, panas, ataupun hangat atau sejuk yang lebih sesuai untuk warna rambut kita.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering dan Rontok

Salah satu rekomendasi penting dalam memilih warna cat rambut adalah menyesuaikannya dengan jenis kulit Anda. Selain cocok, warna semacam ini juga lebih sesuai. Kecuali Anda memang hendak ingin tampil kontras.

Siapkan Beberapa Pewarna Rambut

Sebelum mengaplikasikan cara mengecat rambut Anda perlu menyiapkan beberapa produk berdasarkan warna yang Anda inginkan. Hal ini penting utamanya buat Anda yang memiliki rambut panjang dan tebal.

Menggunakan satu box atau paket pewarna rambut bisa saja kurang karena proses pewarnaan yang tidak rata. Sehingga dengan adanya stok produk Anda bisa mengulanginya lagi agar hasilnya lebih sempurna.

Jangan Melakukan Secara Drastis

Mengubah warna rambut mungkin membutuhkan perulangan agar hasilnya optimal. Namun sebaiknya hindari mewarnai rambut secara drastis beberapa lapis sekaligus. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kerusakan rambut.

Jika rambut Anda berwarna hitam, untuk mengubah warnanya mungkin perlu memberikan warna dasar yang lebih terang. Lakukan hingga rata dengan sempurna sebelum menimpa dengan warna kedua.

Sebaiknya Lakukan Uji Warna

Langkah awal cara mengecat rambut yang perlu Anda lakukan adalah melakukan uji warnanya. Langkah ini penting untuk melihat hasil warna rambut setelah Anda oleskan.

Baca Juga: Ingin Mengepang Rambut Sendiri? Ikuti Cara Ini Agar Gaya dan Unik

Uji coba ini juga berguna untuk memantau apakah rambut mengalami reaksi saat cat menempel. Termasuk untuk melihat reaksi kulit kepala saat terkena cat rambut. Baca juga keterangan dalam kemasan untuk memastikan produk aman.

Tahapan Pembagian Rambut

Dalam mengaplikasikan atau mewarnai rambut tentunya Anda perlu mempersiapkannya terlebih dahulu. Utamanya buat Anda yang memiliki rambut panjang atau tebal yang cukup ribet untuk melakukannya.

Langkah awal lakukan dengan membelah atau membagi dalam beberapa bagian yang sama. Ini untuk memudahkan Anda mengecat rambut secara lebih merata. Kemudian ikat agar tidak mengganggu saat proses pengecatan.

Untuk proses pewarnaan sebaiknya lakukan dari belakang yang mengarah ke bagian depan. Cara mengecat rambut semacam ini berguna agar bahan cat menempel lebih lama pada rambut bagian belakang.

Sedangkan pada tahap akhir dari proses pengecatan berikan sentuhan unik dengan memberikan warna dua area pada garis rambut bagian depan. Biarkan setidaknya selama 10 menit hingga Anda menyisirnya untuk merapikannya.

Pantau Perubahan Warna yang Terjadi

Setelah proses aplikasi dengan pengecatan rambut selesai, diamkan rambut beberapa saat sesuai petunjuk dalam produk. Jangan tutupi rambut dan pastikan warna yang terlihat sudah rata dan sesuai.

Jika Anda menemukan atau melihat adanya warna yang tidak rata atau kurang sempurna sebaiknya segera ulangi pada daerah yang tidak rata tersebut. Pengulangan hanya perlu untuk meratakannya saja.

Cara Membilas

Setelah warna rambut merata dan stabil cara mengecat rambut selanjutnya adalah membilasnya. Terlebih dahulu kucurkan air sedikit dulu secara manual. Setelah itu guyurkan air secara bertahap untuk membuang sisa wana yang tidak tertempel sempurna.

Dalam membilas rambut yang baru saja Anda cat sebaiknya hindari menggunakan sisir agar tidak menggores. Ini juga untuk mencegah air meresap ke dalam rambut yang bisa menurunkan kualitas warnanya.

Untuk pewarnaan rambut yang permanen, sebaiknya hindari menggunakan sampo hingga tiga hari setelah pewarnaan. Ini penting agar cat rambut yang Anda aplikasikan menempel sempurna.

Itulah beberapa langkah penting cara mengecat rambut untuk hasil optimal. Tren mewarnai rambut tentunya jangan sampai membuat rambut menjadi rusak. Melakukan dengan cara yang benar akan membuat Anda tampil lebih sempurna. (R11/HR-Online)