Ingin Mengepang Rambut Sendiri? Ikuti Cara Ini Agar Gaya dan Unik

cara mengepang rambut sendiri
Cara mengepang rambut sendiri. Foto: Ist/net

Sebenarnya ada banyak cara mengepang rambut sendiri yang mudah dan bisa Anda lakukan. Apalagi jika Anda memiliki anak perempuan berambut panjang. Anda bisa membuat kreasi dengan kepangan ke samping, dari atas, atau perpaduannya.

Kepang rambut merupakan gaya rambut yang tak pernah lekang oleh waktu. Dari dahulu hingga sekarang banyak orang yang menyukai bentuk tatanan rambut yang unik dan berbeda. Bukan hanya wanita, pria pun banyak yang melakukannya.

Bahkan jika merunut dari sejarahnya, model kepang merupakan gaya rambut paling tua yang pernah ada. Apalagi pada jaman dahulu kecantikan wanita lebih sering terukur dari bentuk rambut yang panjang.

Yang menarik, ada banyak model kepang rambut yang bisa kita pilih. Karena itu cara mengepang rambut sendiri bisa memberikan tampilan yang selalu berbeda dan tidak membosankan.

Baca juga: Model Potongan Rambut Ini Beri Kesan Wajah Lonjong dan Tirus

Model kepang rambut juga merupakan gaya rambut paling mendasar yang menginspirasi lahirnya banyak model rambut kekinian. Bahkan bentuk kepang juga menyimbolkan tentang status sosial atau tingkat kecantikan dari seorang wanita.

Ragam Model Cara Mengepang Rambut Sendiri

Daya tarik model kepang rambut membuat kreasinya terus berkembang. Para artis, selebritis, dan tokoh publik lainnya tak sedikit yang menyukai gaya rambut ini. Bahkan saat ini muncul berbagai model kepang rambut yang semakin variatif.

Anda pun bisa berkreasi sendiri dengan memodifikasi bentuk kepang yang ada. Nah, berikut ini beberapa cara mengepang rambut sendiri yang bisa Anda kreasikan sesuai keinginan dan selera Anda. Yuk simak selengkapnya!

Cara Mengepang Rambut ke Samping

Salah satu model kepang rambut yang paling tua umurnya adalah model kepang rambut ke samping. Jika Anda sering menonton film berlatar kerajaan lama, akan bisa Anda temukan bentuk kepangan rambut semacam ini.

Anak-anak yang memiliki rambut panjang sering menjadi ‘korban’ kreativitas ibunya yang menerapkan cara mengepang rambut sendiri dengan model kepang semacam ini. Apalagi bentuknya yang unik sehingga untuk membuatnya termasuk yang sulit.

Cara mengepang rambut ke samping ini bisa Anda coba lakukan. Langkah pertama adalah dengan menyisir rambut panjang ke belakang hingga rapi. Setelah itu bagi menjadi dua yaitu ke kiri dan kanan.

Baca juga: Model Rambut Bob Medium, Mode Trendi yang Bikin Wanita Makin Cantik

Setelah itu masing-masing rambut kita bagi lagi menjadi dua. Kemudian silangkan hingga ke ujungnya dan kunci dengan jepitan rambut agar tidak lepas. Lakukan hal sama pada sisi rambut lainnya sehingga Anda memiliki dua kepangan.

Ada banyak kreasi kepangan yang bisa Anda buat selanjutnya. Baik dengan membiarkannya, menumpuk kedua kepangan secara menyilang, ataupun dengan menghubungkan kedua kepangan hingga menjulur pada bagian tengah.

Cara Mengepang Rambut dari Atas

Cara mengepang rambut sendiri lainnya yang tak kalah menariknya adalah bentuk dari atas. Ini merupakan metode dasar yang penting untuk membuat bentuk kepang menjadi lebih menarik dan unik.

Lantas bagaimana cara mengepang rambut dari atas? Ketimbang bentuk yang pertama, bentuk ini justru lebih mudah. Untuk langkah pertama, sama seperti sebelumnya yaitu menyisir rambut ke belakang.

Setelah itu kita bagi rambut menjadi dua bagian dan langsung menyilangkannya. Sehingga kita akan memiliki kepang rambut tunggal yang ada pada bagian tengah kepala.

Baca juga: Ingin Agar Rambut Cepat Panjang? Gunakan Bahan Alami Ini!

Model kepang rambut semacam ini termasuk yang klasik. Saat ini muncul banyak kreasi yang membuatnya terlihat lebih kekinian. Seperti dengan menekuk kepangan ke bawah, mengangkat kepangan dan menjepitnya pada atas kepala, dan lainnya.

Cara Mengepang Rambut Kekinian

Setelah mengenal bentuk kepangan dasar tersebut, Anda bisa mengembangkannya menjadi beragam model kepang rambut kekinian. Ada beberapa cara mengepang rambut sendiri bentuk kekinian ini.

Kepang Rambut Samping – Model kepang ini bisa Anda bentuk dengan membuat kepangan pada kedua sisi kepala Anda. Dengan cara ini akan menghasilkan kepangan yang menempel secara seimbang pada kiri dan kanan kepala.

Kepang Rambut Air Terjun – Bentuk kepang ini hanya membuat sedikit kepangan pada kedua sisi kepala. Sedangkan sisanya Anda biarkan saja sehingga memberikan kesan seperti air terjun.

Itulah berbagai cara mengepang rambut sendiri untuk tampil unik dan gaya. Anda bisa melakukannya sendiri karena tidak terlalu sulit. Namun agar hasilnya optimal tentunya Anda perlu memiliki rambut panjang yang subur dan terawat. (R11/HR-Online)

Editor: Karwati Putu Latief